Tempat Wisata

Harga tiket masuk terbaru Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam di Surabaya – Perjuangan dan keberanian para militan dalam mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia membuat kota Surabaya mendapat julukan Kota Pahlawan. Hingga saat ini, di Surabaya dapat dijumpai berbagai bangunan atau peninggalan kuno yang menjadi saksi tercapainya dan terpeliharanya kemerdekaan Indonesia.

Salah satu peninggalan tersebut adalah Kapal Selam, monumen kapal selam di Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya. Tugu ini terletak di pusat kota, tugu kapal selam ini bernama kapal selam KRI Pasopati 410 yang merupakan armada Angkatan Laut Indonesia Didirikan pada tahun 1952 oleh Uni Soviet.

Monumen Kapal Selam di SurabayaMonumen Kapal Selam Surabaya, gambar oleh @renaldysetiady

Monumen Kapal Selam Surabaya merupakan monumen kapal selam terbesar di Asia, tentunya Anda semakin penasaran dengan sejarah kapal selam kebanggaan Indonesia ini, seperti apa isi di dalam kapal selam tersebut. Oleh karena itu, kami Suwatu.com akan membahas beberapa poin tentang Monumen Kapal Selam Surabaya mulai dari atraksi, fasilitas, harga tiket masuk atau HTM, jam buka dan lokasinya. Berikut penjelasannya:

Daya tarik Monumen Kapal Selam Surabaya

Daya tarik yang ditawarkan museum ini tentunya sangat bermanfaat karena mengunjungi tempat ini akan memberikan informasi sejarah yang pastinya akan terasa semangat pejuang Indonesia. Daya tarik yang tak terlupakan dari pertempuran kapal selam ini adalah terlibat dalam Pertempuran Laut Aru pada saat itu Bebaskan Irian Barat selama pendudukan Belanda.

Monumen Kapal Selam Surabaya Tugu ini milik Armada Divisi Timur. Pada tanggal 15 Juli 1998, monumen kapal selam ini resmi dibuka dan menjadi tempat wisata sejarah di kota Surabaya. Tentu saja, tugu peringatan ini bukanlah replika, dalam pembuatan tugu kapal selam ini, kapal dibongkar menjadi 16 bagian dan disusun kembali menjadi kapal selam utuh utuh.

Monumen Kapal Selam Surabaya yaitu KRI Pasopati 410 bertipe SS kelas wiski. Di sana kapal selam ini bertugas di TNI AL sejak 29 Januari 1962. Kapal selam KRI Pasopati 410 tentu berperan besar dalam mempertahankan hukum laut Indonesia, misalnya dalam operasi Trikora. Kapal selam KRI Pasopati 410 memiliki panjang 76,6 x 6,30 meter dan berat 1.300 ton. Kecepatan kapal selam KRI Pasopati 410 mencapai 18,3 knot di atas permukaan laut dan 13,6 knot di bawah permukaan laut.

Museum Kapal Selam SurabayaMuseum Kapal Selam Surabaya, gambar oleh @amaliapranata

Selain itu, kapal selam KRI Pasopati 410 dilengkapi dengan 12 torpedo uap gas dengan panjang 7 meter. Kapal selam KRI Pasopati 410 Terdapat 7 ruangan diantaranya ruang torpedo bow dan ruang mesin diesel. Ada juga ruang komandan dan ruang awak kapal selam. Kapal selam KRI Pasopati 410 didatangkan langsung dari Rusia. Sebelum membawa kapal selam KRI Pasopati 410 dari sana, para pelaut muda dari Indonesia dikirim ke Rusia, di mana mereka menjalani pelatihan yang ketat untuk menjadi awak kapal di kapal selam KRI Pasopati 410.

Saat itu, hanya Indonesia di belahan bumi selatan yang memiliki 12 kapal selam. Kapal selam kelas Whiskey ini menjadi kapal selam diesel yang sangat ditakuti oleh blok NATO saat itu. Itupun Belanda kalah bersaing dengan kapal selam Indonesia. Kapal selam KRI Pasopati 410 dipersenjatai rudal antipesawat, tak hanya itu, juga terdapat peluncur torpedo di buritan dan haluan kapal selam ini.

Monumen Kapal Selam Surabaya dibangun tidak hanya sebagai objek wisata tetapi juga sebagai objek wisata peninggalan sejarah di Indonesia yaitu sebagai negara laut. Tak hanya interior kapal selam yang menarik untuk Anda, di museum ini Anda juga bisa melihat pemutaran film tentang perang yang terjadi di Laut Aru. Jika Anda memilih untuk mengunjungi wisata memorial kapal selam ini, Anda akan ditemani oleh pemandu lokal yang ada di museum tersebut. Di bawah ini kami informasikan fasilitas apa saja yang terdapat pada tugu kapal selam di kota surabaya ini.

Fasilitas Monumen Kapal Selam Surabaya

Tentunya museum seperti Monumen Kapal Selam Surabaya memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti museum pada umumnya di kota Surabaya. Monumen Kapal Selam Surabaya telah menyiapkan fasilitas yang cukup lengkap untuk membuat Anda betah berada di sini. Mulai dari tempat parkir yang luas hingga musala yang bersih. Di bawah ini adalah daftar fasilitas yang tersedia:

  • area parkir
  • ruang sholat
  • Toilet
  • area merokok
  • tempat foto
  • payung
  • videorama
  • MusikLive
  • tempat suvenir
  • Kolam renang
  • Rekreasi air di Sungai Kalimas
  • Fasilitas untuk catatan kesehatan
  • Dan banyak lagi.

Museum Kapal Selam Jawa TimurMuseum Kapal Selam Jawa Timur, gambar oleh @athallahardian

Tiket masuk Monumen Kapal Selam Surabaya

Untuk merekam atau HTM Monumen Kapal Selam Surabaya, Anda akan dikenakan tarif kurang lebih Rp 15.000,- harga tersebut tentunya sangat bersahabat dengan dompet Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung dan belajar tentang kapal selam Indonesia yang luar biasa.

Biaya masuk 15.000,-

Jam Buka Monumen Kapal Selam Surabaya

Pada jam buka Monumen Kapal Selam Surabaya buka pukul 09.00 dan tutup pukul 17.00 dari hari Senin sampai Jumat dan buka pukul 09.00 dan tutup pukul 19.00 dari hari Sabtu sampai Minggu.

SENIN JUM’AT 09:00 – 17:00 WIB
SABTU MINGGU 09:00 – 19:00 WIB

Monumen Kapal SelamMonumen Kapal Selam, gambar oleh @catharinamaya

Situs Monumen Kapal Selam Surabaya

Karena letaknya, Monumen Kapal Selam Surabaya terletak di Jalan. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271. Jika Anda datang dari pusat kota Surabaya, tugu ini tidak jauh karena juga berada di pusat kota. Jika masih bingung jalan menuju tugu akan kami informasikan, silahkan klik link yang kami sediakan Peta Google.

Museum Kapal SurabayaMuseum Kapal Surabaya, gambar oleh @eggsploit

Jika Anda berkunjung ke Monumen Kapal Selam Surabaya, sebaiknya tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama berada di lokasi ini. Terima kasih sudah mampir di blog suwatu.com, semoga informasinya ada di artikel Monumen Kapal Selam di Surabaya dapat menjawab informasi yang dibutuhkan.

Source: suwatu.com

Related Articles

Back to top button