Tempat Wisata

Harga tiket MONAS dan jam buka September 2023

Harga tiket MONAS dan jam buka September 2023

Monumen Nasional – Monas Biaya masuk: 2.000 hingga 45.000 rupee. Jam buka: 6 pagi hingga 4 sore. Nomor telepon: (021) 3504333. Alamat/Lokasi : Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10110

Monumen Nasional atau kependekan dari Monas adalah landmark terkenal kota Jakarta. Monumen nasional ini didirikan pada Agustus 1959. Kemudian diumumkan oleh Presiden Ir. diresmikan. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1961. Pada tanggal 12 Juli 1975, pembukaan monumen nasional untuk umum dimulai.

Tujuan didirikannya Tugu Monas adalah untuk mengenang dan mengabadikan perjuangan para pahlawan revolusi Indonesia. Selain itu, monumen nasional juga menjadi sarana menumbuhkan semangat patriotisme bagi generasi sekarang dan mendatang.

Saat ini Monas menjadi pusat wisata dan pusat pendidikan bagi masyarakat. Tidak hanya masyarakat Jakarta saja, masyarakat luar Jakarta pun ikut menikmati Wisata Monumen Nasional.

Baca: Tiket Kebun Binatang Ragunan dan Atraksi Satwa

Monumen nasional memiliki gaya arsitektur dengan ciri khas yang unik. Hal yang paling dominan ketika melihat monumen nasional adalah tugu api yang seolah tak pernah padam.

Api pada tugu melambangkan semangat juang bangsa Indonesia yang tiada habisnya. Nyala api di puncak monumen nasional kini terbuat dari perunggu berlapis emas dan massanya mencapai 50 kilogram.

Biaya masuk Monas

Sebenarnya tidak ada biaya masuk untuk memasuki kawasan Monumen Nasional. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk antara Rp2.000 hingga Rp15.000 jika ingin masuk ke gedung memorial Monas. Tiket masuk Tugu Monas kini mengharuskan pengunjung membeli kartu elektronik.

Tiket elektronik Monas dijual dengan harga berbeda. Kartu elektronik kini berguna tidak hanya sebagai tiket masuk Tugu Monas, tetapi juga untuk fasilitas umum lainnya, seperti tiket bus Trans-Jakarta.

Jika Anda ingin melihat kota dengan teropong, Anda harus membeli koin. Karena teropong yang tersedia hanya sedikit, Anda harus bergantian dengan wisatawan lain.

Tiket dapat dibeli dalam 3 sesi yaitu pagi, siang dan malam. Jika membeli tiket masuk di pagi hari, Anda baru bisa naik ke monumen nasional di pagi hari. Begitu pula bagi mereka yang membeli tiket pada sore atau malam hari. Pengunjung tidak diperbolehkan membeli tiket pada pagi hari jika ingin memasuki monumen pada sore atau malam hari.

jenis tiket Piala dan Museum/Puncak Monas
Tiket masuk dewasa Rp 5.000 / Rp 15.000
Tiket masuk untuk anak-anak Rp 2.000 / Rp 4.000
Tiket pelajar Rp 3.000 / Rp 8.000
Jackcard (harga kartu dan kredit awal) Rp 45.000

Gratis harga tiket masuk kawasan Monas

Baca: Tiket tur berpemandu Museum Nasional, kegiatan dan atraksi

Informasi penting sebelum mengunjungi Monumen Nasional Monas:

  • Tidak ada batasan usia untuk mengunjungi Monas.
  • Perhatikan kebersihannya dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Mencapai pintu masuk melalui Lenggang Jakarta atau Parkir IRTI.
  • Pengunjung yang membeli tiket Piala mempunyai akses ke Ruang Museum, Ruang Kemerdekaan, dan Halaman Piala.
  • Pengunjung yang membeli tiket peak season mendapatkan akses ke Puncak Court, termasuk Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan, dan Lapangan Piala.
  • Harga tiket Jakcard sudah termasuk harga kartu Rp 25.000 dan harga kredit awal Rp 20.000.
  • Satu kartu Jakcard dapat digunakan lebih dari satu orang.
  • Pengunjung dapat membeli Jakcard di counter Monas.
  • Ikuti protokol kesehatan yang berlaku di kawasan Monas.
  • Pengunjung tidak diperkenankan makan atau berbaring di kawasan Tugu Monas.
  • Wisatawan dapat membeli tiket di loket.
  • Hanya uang tunai yang diterima sebagai metode pembayaran.
  • Akses menuju Monas hanya bisa dilakukan dengan Jakcard.
  • Bisa menggunakan kartu Jaklingko yang bertuliskan “Jakcard”.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas PIK WHITE SAND BEACH 2

Jam buka monumen

Monumen Nasional tutup pada hari Senin dan buka pada hari Selasa hingga Minggu. Jika hari Senin jatuh pada hari libur nasional, maka monumen nasional juga dibuka untuk umum.

Sedangkan jam buka di kawasan Monas adalah pada hari Selasa hingga Minggu pukul 06.00 hingga 16.00. Kemudian jam buka Tugu Monas mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Konter penjualan tiket kini hanya buka hingga pukul 15.00.

Atraksi dan aktivitas di Monumen Nasional

Wisata Malam Monas – Monumen NasionalTur Malam Mona – Monumen Nasional. Gambar:

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan dan berbagai atraksi yang bisa dikunjungi di Monumen Nasional. Inilah beberapa di antaranya.

Relaksasi dan kenikmatan di Taman Monas

Terdapat rerumputan hijau di Taman Monas yang terawat dan bersih sehingga menjadi tempat bersantai yang menyenangkan. Selain itu, terdapat juga berbagai jenis pepohonan yang membuat taman ini terlihat indah dan sejuk.

Biasanya pengunjung lebih memilih menghabiskan waktu di Taman Monas pada sore hari. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga dan teman.

Baca: Tiket Masuk Monumen Nasional dan 7 Wahana Seru

Olahraga

Karena Monas memiliki lahan yang cukup luas, maka Monas juga dijadikan sebagai tempat latihan bagi para pengunjung. Salah satu lapangan olah raga yang ada di Taman Monas adalah lapangan voli.

Hampir setiap hari banyak pengunjung yang lari maraton mengelilingi lokasi Monas. Pengunjung juga bisa berlatih olah raga lain seperti bulu tangkis. Namun lakukan di lokasi yang tidak mengganggu aktivitas pengunjung lainnya.

Atraksi air mancur menari di Monas

Objek wisata ini dibuka untuk umum secara gratis setiap hari Sabtu dan Minggu malam. Air mancur menari biasanya hanya berlangsung dua sesi dalam satu hari.

Durasi setiap sesi sekarang 20-30 menit. Sesi pertama akan berlangsung pada pukul 19.30 WIB dan sesi kedua pada pukul 20.30 WIB. Air mancur Monumen Nasional baru beroperasi sejak 2009 karena sebelumnya mengalami kerusakan.

Baca: Tiket Museum Harimau dan Atraksi Koleksi Seni

Setiap sesi pertunjukan air mancur menari diiringi beberapa lagu nasional dan daerah. Lagu tersebut berupa aransemen instrumental oleh musisi Addie MS, dengan PT Garuda Indonesia sebagai pemegang hak ciptanya.

Setiap gerakan airnya selaras dengan alunan musik sehingga terlihat seperti sedang menari. Selain itu, air mancur menari ini memiliki lampu warna-warni dan tembakan laser yang membuat atraksi ini sangat indah.

Perjalanan yang menyenangkan melalui Monas. Mendaki puncak untuk pertama kalinya. Sangat keren melihat semua pemandangan. Walaupun waktu tunggunya cukup lama karena antrian.

Ade Lisna – Ulasan Google Map

Lihat rusa

Kegiatan ini sangat menarik bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Di Taman Monas terdapat area yang cukup luas yang dikenal dengan nama kandang rusa.

Di sini pengunjung dapat melihat rusa dari luar kandang dan tidak jarang rusa tersebut mendekat. Pengunjung diimbau untuk melindungi hewan ini dengan tidak memberi makan rusa sembarangan.

Kunjungi Museum Sejarah Nasional

Monas memiliki museum yang berada 3 meter di bawah tanah dan memiliki ukuran ruangan 80 x 80 meter. Museum Sejarah Nasional memiliki ruangan-ruangan yang dilapisi marmer di seluruh dinding dan lantai.

Museum Monumen Nasional dapat menampung sekitar 500 orang. Di ruang museum ini Anda akan menemukan informasi tentang sejarah Indonesia dari zaman prasejarah hingga zaman Orde Baru.

Pemandangan ibu kota Monas

Monumen Nasional juga menyediakan wahana untuk melihat keindahan ibu kota Jakarta dari lokasi monumen. Untuk menuju puncak monumen nasional, pengunjung dapat menggunakan lift yang ada.

Terdapat juga beberapa teropong di puncak monumen nasional, berguna untuk melihat kota lebih dekat. Namun, halaman Monas hanya mampu menampung sekitar 50 orang. Jadi kalau mau naik harus antri dulu.

Baca: Tiket dan atraksi Alive Museum dan Alive Star Tour

Sewa sepeda

Taman Monas sangat luas, sehingga cukup berat untuk berjalan mengelilinginya. Kendaraan pribadi kini hanya diperbolehkan melaju sampai batas area parkir.

Oleh karena itu, bagi yang tidak ingin berjalan kaki bisa menjelajahi Alun-Alun Monas dengan bersepeda. Sepeda yang tersedia di Taman Monas kini bisa disewa. Biasanya kegiatan ini sering dilakukan anak-anak yang berlarian di sekitar kawasan Monas pada sore hari.

Nikmati seni rupa

Hampir di setiap sudut Taman Monas terdapat patung-patung yang mencerminkan sejarah Indonesia. Contoh patung yang terdapat disini adalah MH Thamrin, Pangeran Diponegoro, RA Kartini, Chairil Anwar dan patung Ikada.

Selain itu, terdapat pula relief-relief yang menggambarkan sejarah Indonesia mulai dari masa Kerajaan Majapahit hingga Indonesia pasca kemerdekaan. Relief ini terbuat dari semen dengan patung berbentuk tokoh sejarah Indonesia.

Nikmati kuliner dan aneka oleh-oleh di Lenggang Jakarta

Lenggang Jakarta yang menjual berbagai kuliner khas nusantara terletak tidak jauh dari tempat parkir kendaraan. Pengunjung yang ingin mencoba makanan khas Jakarta juga bisa menikmatinya di sini.

Untuk menikmati kuliner di sini, pengunjung harus membayar dengan uang elektronik. Selain itu Lenggang Jakarta juga menjual berbagai oleh-oleh dengan berbagai ilustrasi kota Jakarta yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Fasilitas di monumen nasional

Fasilitas yang tersedia lengkap, misalnya ada toilet umum dan untuk penyandang disabilitas. Selain itu, dipasang 400 lampu LED untuk menerangi setiap sudut taman.

Rute dengan angkutan umum menuju Monas

Bagi yang ingin mengunjungi Monas bisa menggunakan bus Transjakarta tujuan Kota-Blok M atau Pulogadung. Kemudian turun di halte Monumen Nasional. Jika Anda menggunakan kereta api Jalur komutermaka sebaiknya turun di stasiun Gondangdia.

Setelah itu dilanjutkan dengan bus Kopaja P 20 menuju Pasar Senen lalu turun di stasiun Gambir. Dari Stasiun Kereta Api Gambir Anda bisa berjalan langsung menuju Monumen Nasional.

Alamat dan kontak monumen nasional

Monumen nasional ini terletak di Jalan Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka. Untuk menghubungi bagian administrasi, pengunjung dapat menghubungi (021) 3504333. Atau melalui email ke alamat tersebut [email protected] untuk suatu kepentingan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button