Tempat Wisata

Harga Tiket PANTAI KWARU, Jam Buka dan Objek Wisata September 2023

Pantai Kwaru Biaya masuk: Bebas. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi : Dusun Petir, Desa Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia, 57678

Terletak di pesisir selatan Jawa Tengah, Wonogiri memiliki banyak pantai menarik. Wisata pantai yang beragam membentang dari timur hingga barat kota ini. Meski tak sepopuler kawasan pesisir selatan Jawa lainnya, pantai-pantai di lokasi ini tak kalah indahnya. Salah satu yang menarik adalah Pantai Kwaru di desa Paranggupito. Situs tersebut berada di tempat terpencil dan tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Yang istimewa dari pantai ini adalah kawasannya yang masih sangat bersih dan asri. Jadi cocok bagi yang suka wisata alam dan masih sepi. Seperti pantai selatan pada umumnya, ombaknya pun khas. Dengan pasir putih dan tebing kapur yang mengelilinginya, ini menjadi hidangan utama yang istimewa dan memberikan nuansa terpencil. Keistimewaan lainnya dari pantai ini adalah juga terdapat air terjun.

Biaya masuk ke Pantai Kwaru

Tidak ada tiket pulang pergi di pantai yang satu ini. Sehingga wisatawan yang datang bisa langsung masuk tanpa harus mengeluarkan biaya berapapun. Bahkan parkir pun gratis.

Baca: Tiket & Aktivitas Wisata Waduk GAJAH MUNGKUR

Jam buka Pantai Kwaru

Tidak ada jam buka untuk objek wisata ini. Wisatawan bisa datang dengan bebas kapan saja. Banyak juga yang datang berkemah pada malam hari.

Daya tarik sensasi indahnya Pantai Kwaru

Sebuah pantai yang terkesan terpencilPantai terpencil yang diapit tebing dan perbukitan. Foto: Gmaps/Setyo Pambudi

Bagi sebagian orang, mencari tempat yang tenang adalah cara terbaik untuk menyegarkan pikiran. Jika itu yang Anda cari, Pantai Kwaru bisa menjadi jawabannya. Berada jauh dari pusat kota, Anda bisa merasa terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan. Tidak ada bangunan sama sekali, sejauh mata memandang hanya sebidang pasir putih berbalut birunya laut. Tebing-tebing tinggi yang mengelilingi pantai membuatnya semakin tersembunyi.

Kawasan pantai sangat cocok bagi yang menyukai lokasinya.”Pribadi“. Meski pantainya tidak terlalu besar, namun memiliki pesona yang luar biasa. Pantai ini terbagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama adalah pasir halus. Sedangkan bagian kedua terletak di sebelah timur berupa kawasan berbatu. Keunikan pantai ini adalah adanya air terjun. Hal ini disebabkan oleh aliran air sungai yang terletak di atas tebing Pantai Kwaru.

Baca: PANTAI INDRAYANTI: Tiket dan Berbagai Pesonanya

Bermain air di Pantai Kwaru

Pantai dengan ombak besar khas laut selatanSaat air pasang, wisatawan bisa bermain air dan merasakan sensasi ombak besar di pantai ini. Foto: Gmaps/Kak Sugik

Karena masih berada di pesisir selatan Jawa dan menghadap Samudera Hindia, pantai ini memiliki ombak yang besar. Ombak yang bergulung-gulung seolah menggoda setiap wisatawan untuk menerkam. Keseruan menyaksikan deburan ombak menjadi momen yang sangat dinantikan. Jika Anda ingin bermain air, pantai berpasir lembut adalah tempatnya. Di kawasan ini pantainya landai sehingga relatif aman. Namun, hindari melangkah terlalu jauh karena dapat membahayakan Anda.

Waktu terbaik untuk bermain air adalah saat air pasang. Pasalnya, saat air surut, wisatawan harus menjangkau kawasan karang tajam untuk menyentuh air. Tentu saja tidak ideal untuk bermain air.

Baca: Tiket Pantai Drini dan 10 Aktivitasnya

Bersantai di pantai

Jika Anda malas beraktivitas, Pantai Kwaru juga cocok untuk bersantai. Banyak pohon pandan yang masih tumbuh di pinggir pantai. Wisatawan bisa bersantai di area yang berada di bawah pepohonan. Pepohonan yang rindang membuatnya tetap rindang meski di hari panas. Perpaduan antara gulungan ombak, goyangan pepohonan, dan hembusan angin menciptakan suasana yang menenangkan.

Dijamin Anda akan betah berada di pantai ini. Sayangnya, tidak ada toko kelontong atau minuman di lokasi ini. Jadi, Anda perlu membawa makanan sendiri untuk teman-teman bersantai.

Baca: Tiket & Aktivitas Seru PANTAI PARANGTRITIS

Ada air terjun di pantai

air terjun di pantaiPesona keindahan air terjun yang berada tepat di tepi pantai. Foto: Gmaps/Dian Eka Puspitasari

Keunikan pantai ini yang paling menonjol adalah adanya air terjun. Pesona air terjun di pantai ini menjadi sebuah keistimewaan tersendiri. Wisatawan bisa menyaksikan gulungan ombak dan air yang jatuh dari tebing secara bersamaan. Namun fenomena air terjun ini tidak terjadi setiap saat.

Kemunculannya hanya terjadi pada musim hujan. Sebab, pada musim kemarau sungai mengering sehingga air tidak mencapai aliran sungai yang berada di atas tebing pantai.

Baca : Tiket & Objek Wisata PANTAI LSMBARAN Gunungkidul

Naik ke puncak tebing

Jika ingin melihat keindahan pantai dari sudut pandang berbeda, wisatawan bisa mencoba memanjat tebing tersebut. Dari atas wisatawan bisa melihat keindahan pantai yang lebih luas. Angin yang berhembus pun semakin kencang dan menyegarkan. Namun, Anda harus berhati-hati saat mendaki karena belum ada jalur pendakian khusus. Jadi, Anda harus menemukan jalan Anda sendiri.

Berburu matahari terbenam di Pantai Kwaru

Jika melewatkan matahari terbenam, sayang sekali jika mengunjungi pantai tersebut. Jika hari sudah sore dan cuaca cerah, sebaiknya jangan buru-buru berangkat. Anda juga bisa menikmati matahari terbenam di Pantai Kwaru. Momen langit berubah warna menjadi jingga menghadirkan pemandangan romantis yang menyejukkan mata. Bagi pecinta fotografi, momen seperti itu wajib untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Baca: Tiket & Objek Wisata PANTAI NGRAWE Gunungkidul

Perabot

Fasilitas yang tersedia masih sangat terbatas. Hanya ada satu tempat parkir dan toilet. Toiletnya juga tidak banyak. Untuk tips mengunjungi pantai ini, wisatawan disarankan membawa perbekalan sendiri.

Alamat Pantai Kwaru

Destinasi wisata ini terletak di Dusun Petir, Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Jarak ke pusat kota Wonogiri cukup jauh. Panjangnya sekitar 69 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button