Tempat Wisata

Harga tiket SALOKA PARK & 7 wahana seru Desember 2022

Biaya masuk Taman Saloka: Rp 120.000 – Rp 150.000Jam buka: 10.00 – 19.00 WIBTidak Telepon: 0298322266Alamat: J L. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50773

Taman Saloka Semarang menampilkan diri sebagai tujuan rekreasi keluarga baru yang mungkin menarik terutama bagi penduduk di kawasan JogloSemar (Jogja-Solo-Semarang) dan Jawa Tengah. Lokasi sangat strategis di jalur utama Semarang-Solo. Saloka Taman Hiburan merupakan salah satu tempat wisata terbesar di Jawa Tengah dengan sedikitnya 25 wahana yang mendebarkan.

Taman hiburan ini resmi dibuka untuk umum pada 15 Desember 2018 dengan luas minimal 18 hektar. Ternyata nama Saloka sebenarnya berasal dari legenda lokal Baru Klinthing (naga hijau yang bisa berbicara). Baru Klinting adalah putra Nyai Salokantara yang mendirikan Rawa Pening. Oleh karena itu, karakter Baru Klinthing yang jujur, berani, cerdas dan baik hati menjadi maskot Saloka Semarang.

Biaya masuk ke Taman Saloka

Untuk harga ongkos, wisatawan mendapat tiket masuk kanal. Selain itu, satu tiket masuk bisa digunakan untuk memainkan semua permainan yang ada di Saloka Park sampai puas.

Biaya masuk ke Taman Saloka
Tiket masuk terusan Senin – Jumat Rp 120.000
Tiket untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional Rp 150.000
Periode tiket 24 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 Rp 150.000

Baca: Tiket Masuk Taman Wisata KOPENG & 6 Aktivitas Seru

Informasi penting yang membutuhkan perhatian pengunjung:

  • Pengunjung harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di kawasan Saloka Park dan divaksinasi.
  • Beli tiket kanal melalui SalokaPark.com atau langsung di loket.
  • Anak-anak diperbolehkan berkunjung dengan syarat pendampingnya telah divaksinasi.
  • Harga tiket terusan sudah termasuk akses ke semua wahana.
  • Hanya satu tiket yang saat ini tersedia.
  • Harga tiket masuk berlaku untuk orang dengan tinggi lebih dari 90 cm.

Jam buka Saloka Park Semarang

Taman hiburan keluarga ini buka setiap hari. Di akhir pekan dari pagi hingga sore hari. Pada hari kerja buka sampai sore hari.

jam buka
Senin kamis 10.00 – 18.00 WIB
Jumat 12.00 – 19.00 WIB
Sabtu, Minggu dan hari libur nasional 10.00 – 19.00 WIB

Game drive di Saloka Park

arena permainan Saloka Park, Semarang, Jawa TengahLihat wahana yang ada di kawasan Saloka Park dari ketinggian.
Foto: Google Maps/ bazz kuil singa

Saloka sejauh ini merupakan resor wisata terbesar di Jawa Tengah dengan rangkaian permainan terlengkap. Sedikitnya ada 25 wahana yang tersedia di theme park ini yang terbagi dalam empat zona.

Zona tersebut meliputi Zona Pesisir dengan kantor tiket, Pasar Seni Saloka, Galileo Science Barn, dan lainnya. Zona kedua adalah Balalantar, kemudian zona Segara Prada dan zona Ararya.

Taman hiburan yang menawarkan tidak hanya wahana permainan tetapi juga suasana yang ceria dan menyenangkan. Sesuai dengan lagu tema “Cheers Never End”. Beberapa permainan utamanya adalah:

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CELOSIA FLOWER PARK Semarang

1. Bianglala Cakrawala

kincir raksasaSalah satu wahana yang wajib dicoba saat berkunjung ke Saloka Park adalah bianglala raksasa yang tingginya minimal 33 meter. Foto: Google Maps/Isidorus Agles

Yang pertama dan sangat populer di kalangan wisatawan adalah wahana Bianglala. Selama ini, wahana bianglala bernama Cakrawala ini menjadi salah satu ikon Saloka Park. Selama perjalanan, pengunjung berputar di ketinggian 33 meter. Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan indah Rawa Pening dan landscape pegunungan Ungaran.

2. Roller Coaster

Taman hiburan ini mengadopsi konsep kearifan lokal. Penamaan kendaraan juga menyesuaikan dengan selera masyarakat setempat. untuk mengenalkan wisatawan. Sebagai contoh roller coaster bernama Lika Liku. Wahana ini merupakan kereta api yang berputar kencang di atas rel dan mengucurkan adrenalin. Tak heran jika Lika-Liku justru menjadi salah satu favorit turis di Saloka Park.

3.Pakubumi

Selain itu ada juga wahana Pakubumi yang merupakan salah satu wahana untuk menguji adrenalin. Di wahana ini, para turis mendaki ke puncak ketinggian pasak besar, lalu turun dengan kecepatan yang mendebarkan, membuat para turis menjerit. Posisi duduk membelakangi memberi wisatawan perasaan benar-benar jatuh dari ketinggian.

Baca: Tiket Masuk Taman REKREASI MARINA Semarang & Top 4 Aktivitas

4.Galileo

wahana lumbung galileo saloka park di semarang jawa tengahWahana Galileo Lumbung sangat bagus untuk belajar dan fotografi dengan latar belakang dinosaurus dan benda langit. Foto: Instagram/salokapark

Selain wahana, ada juga Galileo Science Barn, salah satu wisata edukasi utama di Saloka Park. Di wahana ini, wisatawan bisa menggali ilmu mulai dari kehidupan purba hingga dinosaurus. Ada juga beberapa spot selfie dengan objek langit seperti planet sebagai latar belakangnya.

5. Jejo selesai

Setelah itu ada wahana jejo selesai yang mana air mancur menari atau air mancur menari. Di wahana ini, wisatawan bisa menonton pertunjukan dan bersantai setelah mencoba berbagai permainan. Pada malam hari, Jejogetan dipenuhi dengan lampu warna-warni yang mempercantik gerakan menari air mancur.

Baca: Tiket Masuk KAMPUNG PELANGI Semarang & 5 Pesona Artistik

6. Ekowisata Angon-Angon

Ekowisata dan agrowisataFasilitas ekowisata dan agrowisata juga tersedia di Saloka Park Semarang. Foto: Google Maps/Daviq Rizqi

Angon-angon berarti hewan peliharaan dalam bahasa Jawa. Sesuai dengan namanya, wisatawan dapat berinteraksi dengan hewan peliharaan di dalam wahana ekowisata Angon-Angon ini

Sedangkan untuk wahana bertema lingkungan lainnya, pengunjung dapat mengunjungi kawasan agrowisata Ijo Royo-Royo. Wahana ini merupakan taman hortikultura dimana wisatawan dapat menikmati suasana budidaya tanaman.

7. Kendaraan mainan lainnya

Wahana komidi putar di Saloka Park Semaranga, Jawa TengahBerputar Berayun di wahana korsel Saloka Park Semarang.
Foto: Googlemap/eko narwoyo

Selain wahana yang disebutkan di atas, masih banyak permainan lainnya di Saloka Park. Contohnya adalah Swollen, Guts Fight, Carousel, Family Swinger, Bumper Car, Rapid River, Fight Shark, North Pole, dan Haunted House.

Wisatawan juga bisa bersenang-senang bersama anak dan keluarga di kawasan Kama Yayi, bermain wahana Boy Dots, Tata-titi, Obat-abit, dan Gonjang-ganjing.

Baca: Tiket Masuk ICE CREAM WORLD Semarang dan 10 Spot Foto Unik

Kuliner & Suvenir

Hutan restoranPengunjung yang bermain di sini tidak perlu takut kelaparan, langsung saja ke restoran Rima. Foto: Instagram/salokapark

Di sisi barat area taman bermain terdapat Rimba Resto dengan arsitektur yang mencolok seperti rumah panggung dengan atap yang tinggi. Restoran ini penuh dengan dekorasi dan ornamen flora dan fauna. Dengan nuansa hutan yang teduh dan sejuk, area makan ini juga menjadi tempat untuk memulihkan tenaga dan ceria.

Aneka jenis nasi goreng, nasi iga, sambal matah, nasi bakar dan ayam geprek ada di menu Resto Rimba. Tempat duduk terbaik di Rimba Resto ada di lantai paling atas. Panorama dari Rawa Pening yang melegenda hingga Gunung Merbabu dan Telomoyo begitu indah untuk dilihat.

Pilihan lainnya sangat beragam dengan sajian makanan mulai dari makanan ringan hingga diner. Seperti Daimaru Food Court, Jenju Cafe, Food Truck dan warung makan. Ada delapan warung kuliner dan empat food truck. Wisatawan bisa menikmati porsi es krim, wafel, makanan ringan, kentang goreng, burger, dan ayam geprek mulai dari Rp 5.000 hingga 25.000.

Selain itu, pengunjung yang ingin berbelanja bisa mengunjungi Pasar Seni Saloka. Di pasar seni ini, wisatawan dapat membeli oleh-oleh dan oleh-oleh lokal.

Fasilitas Taman Hiburan Saloka

Selain kelengkapan wahana, taman hiburan Saloka memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas yang ada antara lain klinik, ruang menyusui, toilet dan tempat parkir yang luas untuk sekitar 600 kendaraan. Wisatawan kemudian diantar dari tempat parkir menuju kost perjalanan Bus menuju area Taman Saloka.

Lokasi Saloka Park Semarang

Tempat wisata ini terletak di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 50773. Untuk informasi lebih lanjut hubungi 0298-322266. Atau bisa juga mengikuti media sosial Instagram @salokapark.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button