Tempat Wisata

Harga tiket SOLO SAFARI Desember 2023

Harga tiket SOLO SAFARI Desember 2023

Solo Safari merupakan nama baru dari Taman Satwa Taru Jurug (Jurug Solo Zoo). Objek wisata ini dibuka pada 27 Januari 2023. Menghadirkan konsep dan pengalaman baru yang dikemas lebih modern dan kekinian.

Berwisata ke kebun binatang selalu menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Kita dapat memperluas pengetahuan kita tentang berbagai spesies hewan dan berinteraksi dengan mereka. Selain itu, anak-anak tentunya juga bisa dikenalkan dengan hewan-hewan yang sebelumnya hanya terlihat di foto atau gambar.

Belakangan ini netizen cukup ramai membahas Solo Safari, salah satu destinasi wisata baru di Kota Surakarta. Jika Anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga, yuk simak ulasan selengkapnya mengenai destinasi ini, mulai dari wahana, fasilitas hingga biaya masuknya di bawah ini:

Atraksi Kebun Binatang Solo Safari

Bagi warga solo tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Taman Satwa Taru Jurug yang biasa disingkat TSTJ. Tempat ini telah direvitalisasi sejak September 2022. Di awal tahun 2023, waktunya akhirnya tiba. Mas Gibran, sapaan akrab Wali Kota Solo, mengatakan soft opening akan dilakukan pada 27 Januari 2023.

Kebun binatang terbesar di Surakarta terletak di mengganti nama disebut Safari Tunggal. Sekadar informasi, TSTJ Surakarta sudah beroperasi sejak tahun 80an. Kini tempatnya telah diremajakan dan tentunya berbagai perubahan telah dilakukan.

Solo Safari menawarkan konsep petualangan dan hiburan yang fokus pada perlindungan satwa endemik Indonesia. Saat pertama kali memasuki kawasan wisata, pengunjung akan disambut dengan pemandangan alam yang indah dan luas. Area lobi utama juga kelas satu.

Panorama Asia

Secara umum Solo Safari Zoo terbagi menjadi beberapa zona. Zona pertama adalah Panorama Asia yang berisi berbagai satwa benua Asia antara lain komodo, anoa, beruang madu, binturong, tapir dan lain sebagainya.

Foto musang pandan melalui @jurugsolozooogalerysatwaFoto musang pandan melalui @jurugsolozooogalerysatwaFoto musang pandan melalui @jurugsolozooogalerysatwa

Menjelajahi Pulau Primata

Selanjutnya Anda akan menemukan danau buatan dengan beberapa pulau kecil. Di sana terdapat primata seperti owa agilis jawa, siamang, dan orang utan. Untuk menjelajahi tempat ini, terdapat sebuah jembatan yang melintasi danau.

Foto orangutan melalui @jurugsolozooogalerysatwaFoto orangutan melalui @jurugsolozooogalerysatwaFoto orangutan melalui @jurugsolozooogalerysatwa

Ada hewan khas Afrika

Zona berikutnya bernama Savannah Afrika dan tentunya berisi berbagai koleksi hewan dari benua Afrika. Ini termasuk elang, rusa kutub, sitatunga, watusi, singa, dll.

Satwa Sitatunga bersafari solo melalui @jurugsolozooogalerysatwaSatwa Sitatunga bersafari solo melalui @jurugsolozooogalerysatwaHewan sitatunga melalui @jurugsolozooogalerysatwa

Tonton pertunjukan binatang

Ini adalah wahana baru dari Safari Zoo. Berbagai tayangan menarik bisa kamu saksikan. Ada 3 tayangan yang bisa Anda tonton dengan jadwal berbeda. Ketiganya adalah Animal Show, Otter Show, dan Elephant Show.

Daftar harga tiket kebun binatang safari solo saat ini

Meski beberapa netizen mengeluhkan harga tiketnya, namun nyatanya harganya masih lebih murah dibandingkan tempat serupa di tempat lain. Hal ini juga tidak lepas dari biaya operasional kebun binatang, mulai dari makanan, dokter, dan penjaga kebun binatang. HTM Solo Safari ini terdiri dari beberapa kategori dengan rincian sebagai berikut:

Jenis tiket hari kerja akhir pekan
Tiket dewasa reguler Rp 55.000 Rp75.000
Tiket premium untuk dewasa Rp85.000 Rp100.000
Tiket anak-anak reguler Rp 45.000 Rp60.000
Tiket premium untuk anak-anak Rp65.000 Rp80.000

Tambahan:

  • Tiket masuk reguler sudah termasuk tiket masuk ke area tersebut, pertunjukan hewan edukasi, dan interaksi hewan
  • Tiket premium sudah termasuk tiket masuk area, pertunjukan hewan edukasi, interaksi dengan hewan, minuman selamat datang, akses ke area premium di Makunde Bistro, souvenir, buggy car
  • Tiket anak berlaku mulai usia 2 tahun dengan tinggi maksimal 120 cm.

Lokasi safari tunggal

Alamat lengkap Jl. Ir. Sutami No. 109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tentunya tidak sulit untuk menemukannya, sebab tempat ini sudah lama dikenal dengan nama Taman Satwa Taru Jurug. Lokasinya kurang lebih 6 km dari pusat kota Surakarta, tepatnya di sebelah selatan Universitas Sebelas Maret.

Jam operasional

Hari Jam operasional
Senin Jum'at 08.30 – 16.30 WIB
Senin minggu 08.00 – 16.30 WIB
Pertunjukan binatang 09.00, 10.30, 14.30 WIB
Pertunjukan berang-berang 09:45, 11:00, 13:30 WIB
Pertunjukan gajah 10.30, 15.30 WIB

Aktivitas seru di Solo Safari Zoo

Tempat wisata baru di Solo ini menawarkan banyak keseruan. Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan setiap pengunjung. Adalah sebagai berikut

Interaksi dengan hewan

Berfoto bersama atau memberi makan hewan lucu memang menyenangkan. Tapi jangan asal memberi makan, ada aturannya. Beberapa hewan sudah memiliki paket “makanan”. Salah satunya pemberian pakan meerkat dengan harga Rp 50.000/slot.

Baca juga: Locananta Blokir Solo

Temui Siamang

Menariknya, Solo Safari menjadi satu-satunya kebun binatang yang memiliki pulau primata dan danau buatan yang cukup luas. Di sanalah habitat siamang, kera primata yang bersuara merdu. Siamang bercirikan keras dan berisik serta menggunakan suaranya untuk mempertahankan wilayahnya.

Piknik yang fantastis

Bukan sekedar bertemu dan berinteraksi dengan berbagai hewan. Tapi Anda juga bisa pergi berlibur piknik. Solo Safari menawarkan paket piknik fantastis yang hadir dengan berbagai fitur. Harga paketnya sendiri dimulai dari Rp 99.000.

Berpartisipasilah dalam acara terbatas

Pada safari solo, acara seringkali terbatas pada momen tertentu. Misalnya saja keseruan dekorasi cupcake Halloween yang mengajak pengunjung mendekorasi cupcake ditemani binatang. Masih banyak peristiwa lain yang terus berlangsung. Anda bisa follow Instagram @solosafari.id untuk mencari informasi acara menarik lainnya.

Itu tadi informasi lengkap tentang SOLO SAFARI. Sebuah objek wisata keluarga berupa kebun binatang dengan konsep pengalaman seru yang pastinya akan menjamin pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button