Tempat Wisata

Harga Tiket & Tempat Wisata KLANGON Hill Februari 2023

Biaya masuk ke Bukit Klangon: Rp 4.000 hingga Rp 15.000. Jam buka: 24 jam. Nomor Telepon: +62 813 3494 0725. Alamat/Lokasi: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55583.

Sebagian orang mungkin belum terlalu familiar dengan nama tersebut Bukit Klangon atau Bukit Klangon. Orang lebih mengenal nama Bukit Indah Glagaharjo karena terletak di desa Glagaharjo. Dan juga bukit ini merupakan tempat yang lebih sepi dibandingkan dengan bukit yang ada di Kaliurang.

Bukit Klangon adalah daerah berpenghuni tertinggi. Bahkan dari bukit ini Anda bisa melihat Gunung Merapi dengan jelas. Dan tentunya aktivitas Gunung Merapi bisa terpantau saat sedang aktif.

Biaya masuk ke Bukit Klangon

Untuk menikmati udara segar dan pemandangan yang indah, pengunjung harus membayar tiket masuk. Begitu juga jika ingin berkemah di sini. Tapi tenang saja, biaya masuknya juga sangat murah.

Biaya masuk ke Bukit Klangon
Tiket masuk untuk kunjungan umum Rp4.000
Tiket Masuk Camping Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Wisata Kaliurang Sleman

Syarat camping di Bukit Klangon :

  • Reservasi wajib melalui WhatsApp di +62 813 3494 0725.
  • Ketika Anda tiba di situs, daftar lagi.
  • Camping hanya tersedia di area Klangon Hill.
  • Jangan berburu kayu bakar sembarangan.
  • Dilarang membunyikan sirene, peluit, klakson, petasan dan sejenisnya.
  • Jangan membuang sampah atau merusak fasilitas yang ada.
  • Tidak ada masalah.
  • Jika Anda melanggar ini, Anda akan dikenakan sanksi.

Jam buka Bukit Klangon

Kawasan wisata di perbukitan ini tidak memiliki jam buka. Tempat wisata ini selalu buka dari pagi hingga sore hari. Sehingga pengunjung bisa menikmati keindahannya kapan saja.

jam buka
berkemah 24 jam
Kunjungan umum 06.00 – 16.00

Berbagai kegiatan wisata dan olah raga ditawarkan di sekitar kawasan perbukitan. Inilah beberapa di antaranya.

Baca: Tiket Masuk World Landmarks Merapi Park dan 8 Aktivitas Serunya

Nikmati keindahan Bukit Klangon

Pemandangan Gunung Merapi dari Bukit KlangonPemandangan Gunung Merapi dari sekitar bukit. Foto: Gmap/gunawan Wandho

Bukit Klangon terletak di ketinggian kurang lebih 1.100 meter di atas permukaan laut. Kondisi ini menyebabkan kawasan perbukitan ini berhawa dingin. Pengunjung harus mengenakan pakaian tebal jika tidak ingin kedinginan.

Tidak hanya keren, di sini pengunjung juga bisa menikmati keindahan pemandangannya. Perkebunan luas milik warga dengan tanaman subur. Dan pepohonan yang tumbuh tanpa ampun seolah menjadi pagar alam di kawasan tersebut.

Selain itu, pengunjung dapat melihat puncak Gunung Merapi yang begitu tinggi dari sini. Berdiri kuat dan kuat. Seolah-olah dialah penguasa alam terindah dari benda-benda alam lainnya.

Baca: Tiket Masuk Museum MERAPI dan 6 Kegiatan Pilihan

Dibuka pada tahun 2011, tempat wisata ini menawarkan berbagai spot foto yang indah. Ada titik pandang setinggi sekitar 5 meter. Di sini pengunjung dapat dengan jelas melihat pemandangan Gunung Merapi.

Sayangnya, pemandangan terhalang oleh kabut sekitar tengah hari. Memang, saat cuaca cerah, pengunjung bisa menikmati keindahan panorama Gunung Merapi yang menakjubkan.

Ada juga panggung bambu sebagai spot foto. Panggung bambu bukanlah spot foto di sini. Lembah di luar itulah yang menciptakan latar belakang yang menakjubkan.

Baca: Tiket Masuk LOST WORLD Castle dan 5 Spot Foto Keren

Selain sebagai kawasan pemukiman dan objek wisata, kawasan perbukitan juga dimanfaatkan sebagai hutan lindung. Objek ini sering digunakan untuk kegiatan penelitian. Bahkan, ada prasasti di Hutan Pendidikan Konservasi Koesnadi Hardjasoemantri (HPKKH).

HPKKH sendiri diresmikan oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan saat itu. Ini diresmikan pada 9 Desember 2012. Dan juga diresmikan oleh Ketua Kagama dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Sepeda Lereng

jalur sepeda downhilljalur sepeda downhill. Foto: Gmap/bayu_sna

Pengelola kawasan wisata juga menyediakan fasilitas arena lereng. Di sini, pengunjung bisa puas mencoba adu kelincahan dengan motor yang menuntut ini. Sifat medan yang naik turun, bahkan tak jarang terjal, menjadi tantangan tersendiri.

Baca: Tiket Masuk PULE PAYUNG dan 8 Spot Foto Keren

Di beberapa tempat jalur sepeda semakin curam dan curam. Adrenalin benar-benar terpacu di sini.

Bahkan, event bersepeda sering diadakan dari Jogja hingga Bukit Klangon. Tentunya para peserta adalah orang-orang yang menyukai dan mencintai sepeda lereng.

pendakian gunung Kenaikan

Bukit Sleman-KlangonBukit Sleman-Klangon. Foto: Gmap/Wildan Mb

Untuk menuju puncak bukit, pengunjung juga harus mendaki. Tapi tenang, disini tidak perlu mendaki, karena bisa ditempuh dalam waktu singkat. Bahkan, anak-anak pun bisa mencoba mendaki bukit ini.

Beberapa hewan langka hidup di kawasan hutan lindung di sekitar kawasan perbukitan. Hewan seperti burung kepodang, burung alap alap jawa dan burung madu gunung. Ditambah binatang seperti musang dan monyet.

Acara hiking lebih menyenangkan, terutama saat pengunjung mendengarkan musik hutan. Yakni suara jeritan burung dan serangga.

Baca: Tiket Masuk BREKSI Cliff Park & ​​4 Aktivitas Teratas

Sambil mendaki, pengunjung juga bisa melihat Gunung Merapi. Meski aktif, erupsi dan aktivitas Gunung Merapi dapat terpantau jelas dari sini. Jarak antara Bukit Klangon dan Gunung Merapi hanya 4-5 kilometer.

Camping / Berkemah di Bukit Klangon

Berkemah di Bukit KlangonBerkemah/Camping menikmati malam di area sekitar bukit. Foto: Gmap/Nurul Hakiki

Pengunjung yang puas dengan aktivitas alam tidak hanya bisa mendaki, tapi juga mencoba camping atau berkemah di Bukit Klangon. Ada lereng di sini yang digunakan sebagai tempat perkemahan. Rasakan sensasi berkemah di atas bukit yang menghadap Gunung Merapi.

Pengunjung harus terlebih dahulu mengunjungi pengelola. Ditambah lagi membayar biaya sebesar Rp 10.000 untuk camping.

Baca: Tiket Masuk BUKIT BINTANG Yogyakarta & 4 Atraksi

Lokasi Bukit Klangon

Kawasan wisata gunung ini terletak di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button