Tempat Wisata

Harga Tiket UMBUL SIDOMUKTI dan Kegiatan September 2023

Harga Tiket UMBUL SIDOMUKTI dan Kegiatan September 2023

Umbul Sidomukti Biaya masuk: 5.000 hingga 2.000.000 Rp. Jam buka: 09.00-17.00 WIB. Nomor telepon: (0298) 713 7009-10 / +62 811-2805-4888. Alamat/Lokasi : Jl. Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50661

Umbul Sidomukti Wisata alam di lereng Gunung Ungaran Semarang. Destinasi wisata di kawasan Bandungan ini menawarkan udara yang sejuk dan segar. Dengan kompleks wisata yang luasnya sekitar 32 hektar dan berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Daya tarik utama destinasi wisata ini terletak pada kolam mata air alami yang airnya dingin dan segar. Di sini wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas, termasuk berenang dan keluar sambil menikmati pemandangan alam. Selain itu kawasan wisata ini juga menawarkan akomodasi, tempat perkemahandan fasilitas pertemuan di dalam area tersebut.

Biaya masuk Umbul Sidomukti

Wisatawan yang datang ke sini tidak perlu khawatir dengan biaya tiket. Pasalnya, harga tiket masuk objek wisata ini cukup murah. Hanya dengan Rp 5.000 – Rp 10.000, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan kawasan wisata di kaki Gunung Ungaran ini.

jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk area tersebut Rp5.000
Tiket masuk kolam renang Rp 10.000
Kisaran harga untuk aktivitas Rp10.000 – Rp75.000
Kisaran harga untuk akomodasi Rp 700.000 – Rp 2.000.000

Biaya masuk ke Umbul Sidomukti

Baca: Tiket Masuk Candi Gedong Songo dan Aktivitas di Semarang

Jam buka Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti buka setiap hari mulai jam 9 pagi dan tutup pada jam 5 sore.

Aktivitas dan wahana di Umbul Sidomukti

Kolam renang alami Umbul SidomuktiKolam renang alami umbul sidomukti semarang. Foto: Google Maps/ emilya suryantina

Tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Ungaran. Sebagian besar wilayahnya terletak di tepi lembah dan jurang terjal. Namun kelebihannya adalah pemandangan punggung gunung sering dijadikan latar belakang foto. Pemandangan alam yang indah inilah yang menjadikan Umbul sebagai destinasi wisata populer.

Selain pemandangannya, Umbul Sidomukti menawarkan kolam renang alami dengan berbagai wahana seru. Implementasi konsep wisata keluarga dengan motto REAL (Rekreasi, pendidikan, petualangan dan rekreasi). Kawasan wisata ini setidaknya lengkap dengan wahananya keluartaman renang alami, kedai kopi dan akomodasi.

Baca: Tiket dan Aktivitas Umbul Manten Klaten

Karena tersedianya fasilitas tersebut, wisatawan datang hampir dari berbagai kalangan. Pada hari biasa rata-rata kunjungan 500 wisatawan. Pada akhir pekan, jumlah tersebut kini meningkat menjadi hampir 1.500 orang.

Nikmati keindahan pemandangan dari ketinggian

Pemandangan pegunungan di Umbul SidomuktiKeindahan panorama alam dari ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Kawasan Umbul Sidomukti diapit oleh dua buah lembah dengan pemandangan hijau yang indah. Di sini wisatawan akan merasakan suasana tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. Menikmati pemandangan dari ketinggian akan memberikan efek relaksasi bagi wisatawan.

Wisatawan di kawasan ini masih bisa mengagumi luasnya kawasan Ambarawa dan panorama sembilan puncak gunung. Yakni puncak Gunung Ungaran, Merbabu, Andong, Telomoyo, Muria dan juga Gunung Lawu. Dari sini wisatawan juga bisa melihat Rawa Pening dan dua bukit kembar Cemanggal.

Baca: Tiket Masuk Eling Bening Ambarawa dan Kegiatannya

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati penantian indahnya momen matahari terbit di pagi hari. Momen romantis saat langit sedang merah dan matahari terbenam tepat di depan kolam renang. Sedangkan pada malam hari, wisatawan bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota dari atas.

Berenang di taman pemandian alami

Kolam renang tanpa batas mata air alamiKolam renang tanpa batas terletak di tepi tebing dan diapit oleh ngarai di kedua sisinya. Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Berbeda dengan wisata gunung pada umumnya, taman hiburan ini memiliki kolam renang. Penggemar olah raga ini merasa berenang di kolam alami ini seperti berenang di atas awan. Kolam renang ini terletak di tepi lereng sehingga wisatawan dapat menyaksikan lewatnya awan dan luasnya lembah.

Kolam renang di sini setidaknya terdiri dari 4 buah kolam renang alami yang disusun secara bertingkat. Dengan kedalaman berbeda yang memungkinkan orang dewasa dan anak-anak berenang di kolam alami. Kolam terdalam berada di bagian atas dengan kedalaman sekitar 1,5 meter, kolam paling dangkal didesain khusus untuk anak-anak.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Selfie Ayanaz Gedongsongo

Keistimewaan lain dari kolam renang ini adalah airnya. Air kolam berasal dari mata air alami pegunungan. Airnya terlihat jernih dan menyegarkan. Belum lagi letak kolamnya yang menghadap langsung ke belakang Gunung Ungaran dan menyuguhkan pemandangan hijau. Sambil bersantai di kolam renang, Anda bisa menikmati keindahan pegunungan.

Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Nikmati kopi dengan keindahan alam di Umbul Sidomukti Coffee Pondok SemarangNikmatnya minum kopi ditemani pemandangan alam di Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang.
Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Terdapat beberapa kafe di kawasan wisata ini yang menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak mempunyai makanan. Pengunjung dapat memesan berbagai menu makanan dan minuman. Dan sambil menikmati berbagai hidangan khas, Anda juga bisa membiarkan pandangan Anda melayang ke pegunungan.

Salah satu kafe yang sering ramai pengunjung di kawasan wisata ini adalah gubuk kopi. Di sini wisatawan tidak hanya bisa minum kopi, tapi juga menikmati indahnya alam. Menu kopinya juga bervariasi, mis Kopi berbahan dasar espresso, kopi hitam, persiapan manualsampai kopi tradisional.

Lokasi kafe ini cukup strategis. Letaknya tidak jauh dari area kolam renang, hanya berjarak sekitar 700 meter dan dekat dengan penginapan. Pengunjung yang lelah bermain di kolam bisa bersantai di kafe Pondok Kopi sambil menikmati sejuknya udara Gunung Ungaran.

Baca : Tiket Masuk Taman Wisata KOPENG dan Aktivitasnya

Selain kafe Pondok Kopi, ada juga Pondok Lesehan yang merupakan kafe dengan banyak sajian menu spesial. Berbagai hidangan tersedia untuk para wisatawan di tempat ini. Mulai dari menu seafood seperti ikan, udang, cumi, hingga menu tradisional seperti soto dll. Sedangkan suasananya tak kalah epik dengan Pondok Kopi Cafe.

rubah terbang

Naik Flying Fox di Umbul SidomuktiMeluncur melewati dua lembah dengan Flying Fox. Foto oleh : umbul. sidomukti

Kemudian yang menyukai aktivitas penuh tantangan bisa memainkan Flying Fox. Dengan panjang lintasan minimal 110 meter dan ketinggian 70 meter. Perjalanan ini menawarkan dua pilihan Nalar, jembatan laut di lembah atau memperkosa menyusuri sisi lembah kolam.

Sedangkan rutenya dari satu bukit ke bukit lainnya. Wisatawan mengandalkan dua helai tali pengaman dan helm di kepala. keamanan kendaraan keluar Hal ini sangat terjamin karena instruktur tersedia untuk memasang perangkat keselamatan.

Paralayang tandem

Selain itu disini juga terdapat wahana yang cukup menarik minat wisatawan dari Umbul Sidomukti yaitu paralayang tandem. Dengan lama waktu tayang 15 menit hingga setengah jam. Wisatawan terbang dari ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut lalu turun di lapangan sepak bola Sidomukti. Kemudian kembali ke lokasi semula dengan menggunakan fasilitas kendaraan pengelola objek wisata ini.

Soal keselamatan, tak perlu khawatir karena tim ahli wahana ini merupakan anggota Persatuan Aerosport Indonesia (FASI) Kabupaten Semarang. Agar segala sesuatunya dipersiapkan secara matang. Tentunya kesempatan ini tidak boleh Anda lewatkan karena selain pengalaman meluncur di ketinggian, Anda juga bisa menikmati seluruh panorama di sekitar Umbul Sidomukti.

kendaraan off-road

Wahana ATV Wahana ATV mengelilingi area sekitar taman wisata. Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Alternatif wahana outdoor lainnya adalah dengan mengelilingi Desa Wisata Sidomuktioff-road Seru. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan offroad untuk melintasi berbagai perkebunan di kawasan tersebut. Kendaraan ini dapat digunakan untuk melewati rute-rute menantang di kompleks taman wisata alam.

Peternakan kecil

Menunggang kuda di peternakan kecilBerjalan-jalanlah di kebun sayur dan nikmati alam dengan menunggang kuda bersama keluarga di Little Ranch. Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Di Little Ranch, wisatawan yang membawa keluarga dan anak-anak bisa berkenalan dengan berbagai satwa. Mulai dari kelinci, rusa, kambing merino hingga kambing etawa.

Ada juga beberapa permainan yang tersedia, mis. B. Panahan dan Air pistol airsoft. Selain itu, terdapat juga aktivitas berkuda di sekitar kebun sayur yang ada di sekitar objek wisata.

Gua Tirta Mulya

Bagi yang senang menjelajah, mengunjungi Gua Tirta Mulya adalah pilihan yang tepat. Terletak di sekitar kawasan wisata yang berjarak sekitar 1 km. Dapat dijangkau dengan kendaraan atau berjalan kaki sekitar 20 menit.

Gua ini konon digunakan masyarakat untuk mencari sumber air di lereng Gunung Ungaran. Bentuk gua yang unik setidaknya memiliki panjang 100 meter.

Pilihan akomodasi di Umbul Sidomukti Resort

Kawasan wisata kaki Gunung Ungaran ini dilengkapi dengan dua pilihan akomodasi. Yakni dengan mendirikan tenda atau bermalam vila Dan keluarga tamu nyaman dengan fasilitas yang memadai. Dengan bermalam, wisatawan bisa menikmati indahnya malam dengan gemerlap kota Semarang dari atas.

tempat perkemahan

Daerah perkemahanSaat berkemah di Camping Ground Anda merasakan sensasi berada di alam.
Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Untuk lebih lama menikmati tempat wisata di tempat ini, wisatawan bisa mencoba aktivitas berkemah. Wisata alam dapat dilakukan di kompleks ini tempat perkemahan untuk menikmati keindahan alam.

Villa Pondok Panorama

Villa Pondok Panorama Umbul Sidomukti dengan keindahan alam pegununganVilla Pondok Panorama merupakan tempat menginap dengan suasana alami di Gunung Ungaran pada ketinggian 1300 mdpl. Foto: Instagram/umbul.sidomukti

Pondok vila panorama memiliki suasana yang asri karena setiap vila memiliki dua kamar. Villa ini menyuguhkan panorama langsung lima gunung. Fasilitas yang tersedia antara lain ruang pertemuan, paviliun, dan fasilitas karaoke.

Pondok Wisata Vila

pondok adalah salah satu vila yang bisa dihentikan dalam perjalanan kesini. Properti ini merupakan resor berkapasitas besar, sangat cocok untuk keluarga dan rombongan.

Family Room merupakan penginapan yang menyuguhkan pemandangan langsung Gunung Ungaran di sisi selatan. Udaranya sejuk, relatif dingin, khas pegunungan. Wisatawan bisa menikmati indahnya sapaan matahari terbit di pagi hari dari penginapan ini.

Kontak dan Lokasi Umbul Sidomukti

Wisata alam pegunungan di Semarang ini berlangsung di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan. Yaitu di Jl. Umbul Sidomukti Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Jawa Tengah 50661 Telp 0298 713700910.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button