Berita Wisata

Harga tiketnya hanya Rp 5.000, Curug Munding adalah permata tersembunyi di Lebak

Merdeka.com – Tempat dengan nuansa alam selalu menjadi primadona orang untuk menghabiskan liburannya. Di Kabupaten Lebak, Banten, ada beragam destinasi seru yang bisa Anda nikmati di antaranya Curug Munding. Keberadaannya yang masih sedikit diketahui membuat tempat ini menjadi permata tersembunyi.

Curug Munding merupakan salah satu tempat wisata yang daya tarik utamanya adalah air terjun. Pengunjung dapat menikmati luapan air sejuk dari kawasan pegunungan dan menyatu dengan pemandangan alam yang indah. Air terjun ini terletak di Desa Caringin, Kecamatan Gunung Kencana.

taboola tengah artikel

Apa saja tempat wisata Curug Munding di Lebak? Berikut informasi lengkap yang dirangkum Merdeka, Kamis (5/1).

2 dari 4 halaman

Menjadi permata tersembunyi

air terjun dunia

Curug Munding Lebak ©2023 YouTube SCTV Banten/Merdeka.com

Pantauan di lapangan, wisata Curug Munding masih terjaga dan jauh dari keramaian. Beberapa turis telah memadati tempat itu, meski sudah buka cukup lama.

Kondisi tersebut membuat destinasi ini layak masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Lebak. Ini menjadikannya air terjun permata tersembunyi di Banten.

“Curug Munding bagus banget dan keren banget pokoknya. Rekomendasi banget pas liburan,” kata salah satu pengunjung, Iwan, mengutip YouTube SCTV Banten, Kamis (5/1).

3 dari 4 halaman

Selalu dipenuhi dengan pepohonan yang indah

Selain sepi pengunjung, sirkuit ini tetap menjaga keasrian tempatnya karena berada di kawasan hutan. Di kanan kirinya dipagari pohon rindang dan sawah, menambah sejuknya tempat ini.

Saat bukan musim hujan, air yang mengalir dari perbukitan juga sangat jernih dan bisa digunakan untuk bermain air atau berenang. Namun harus berhati-hati, karena sungai di bawah air terjun memiliki kedalaman sekitar 7 meter.

Iwan mengaku puas dengan kunjungan tersebut, karena menghilangkan penat setelah seminggu beraktivitas.

Recommended banget ke sini, dari harga tiketnya yang terjangkau, lokasinya juga best. Gak nyesel deh ke sini, tambahnya.

4 dari 4 halaman

Harga tiketnya hanya Rp 5.000

Bagi yang ingin berkunjung, tiket masuk ke lokasi sangat murah. Hanya dengan Rp 5.000 per orang, wisatawan sudah bisa menikmati wisata alam air terjun yang menakjubkan.

Pengelola Curug Munding Asep Subad mengatakan, harga yang murah dengan pemandangan yang indah memang menjadi daya tarik tersendiri di sini. Bahkan, wisatawan datang tidak hanya dari Banten, tapi juga dari Jakarta, Bogor, Depok dan lain-lain.

“Biasanya mereka datang ke sini untuk bermain air atau berfoto,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa nama munding berasal dari seekor kerbau dalam cerita turun-temurun yang diyakini masyarakat. Saat itu, ada seorang penggembala yang membawa kerbau melewati air terjun untuk menyeberang, namun sayang kerbau tersebut terjatuh dan tidak ditemukan hingga saat ini.

“Jadi tadi ada penggembala bison melintasi air terjun, tapi karena airnya besar setelah hujan, bison itu hanyut terbawa arus dan jatuh ke dasar,” lanjutnya.

(mdk/ndr)

TOPIK TERKAIT

Mengikuti

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button