Berita Wisata

Heru Budi Minta Warga Rawat Dermaga Pantai di Kalibaru: Kalau Rusak, Pemerintah Tak Punya Uang

TEMPO.CO, Jakarta – Pj Gubernur (Pj) DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta warga, Lurah, Camat bahkan Kapolsek menjaga tanggul pantai di Kalibaru, Jakarta Utara yang merupakan proyek pembangunan pesisir terpadu Ibu Kota Negara (NCICD) . Sebab, jika tanggul rusak, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat tidak akan mampu membangunnya kembali.

“Pemerintah daerah atau pemerintah pusat tidak mungkin membangun kembali jika rusak atau hancur karena hal lain. Kami tidak memiliki biaya. Pemda pasti akan fokus ke daerah lain,” kata Heru Budi usai meninjau tanggul pantai di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat, 20 Januari 2023.

Ia mengatakan, dengan adanya tanggul pantai, kawasan Cilincing dan sekitarnya tidak terpengaruh oleh resapan air laut.

“Dengan ini, di sekitar Cilincing dan lainnya, tidak ada lagi resapan air laut. Sekali lagi, hati-hati. Semuanya kita jaga untuk masa depan Jakarta,” tegasnya.

Kepala Sekretariat Presiden juga mengakui adanya kendala dalam pembangunan tanggul pantai di beberapa titik proyek NCICD. Salah satunya adalah pembangunan tanggul pantai di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara.

“Nanti kami akan diskusikan dengan masyarakat,” ujarnya.

Heru Budi mengatakan tanggul pantai di Kalibaru sepanjang 3,5 kilometer sudah selesai. Namun demikian, masih diperlukan peningkatan sarana dan prasarana di sekitarnya.

Misalnya membenahi tempat pelelangan ikan. Kemudian pembangunan penampungan air sementara atau mini polder di tanggul pantai Kalibaru.

“Lagi-lagi mini polder itu untuk penampungan air sementara, masih ada bangunan di kiri dan kanan. Tolong jaga juga mini polder itu,” ujarnya.

Baca Juga: Banjir di Kembangan, DPRD Apresiasi Heru Budi Hartono Atasi Kali Pesanggrahan Menciut

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button