Berita Wisata

HIMEPA menanam 2.000 bibit mangrove di sekitar pantai Tanjung Timur

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA) menggelar kegiatan memperingati Hari Menanam Pohon Nasional di Sekretariat Konservasi Mangrove Tanjung (TAMACO), Desa Tanjung, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Senin, 27 November 2022.

Berharap dapat membawa manfaat bagi lingkungan, kegiatan bertajuk “Small things for big change” itu berupa penanaman 2.000 bibit mangrove di sekitar pantai Tanjung Timur.

Raja Fajar Azansyah, Presiden TAMACO, mempresentasikan sejumlah makalah, antara lain pentingnya ekosistem mangrove, manfaat menanam mangrove, dan cara menanam mangrove.

Raja mengatakan mangrove memiliki banyak manfaat bagi lingkungan, salah satunya mencegah abrasi.

“Mangrove menyerap karbon dioksida 5 kali lebih banyak dan melepaskan 2 kg oksigen per hari. Ini akan bermanfaat bagi masyarakat 3-4 tahun setelah tanam,” kata Raja dalam wawancara, Senin, 27 November 2022.

• Dokter Ketapang raih Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Pemprov Kalbar

Drs. Ismayuda, MM, Camat Mempawah Hilir dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini karena merupakan salah satu hal yang tidak didapatkan dalam perkuliahan dan mengaplikasikan ilmunya langsung ke masyarakat.

“Mungkin disini mahasiswa bisa mengambil hikmah betapa sulitnya petani atau nelayan yang harus kita pertahankan. Harapannya kedepan mahasiswa menjadi intelektual muda yang akan menggantikan generasi saat ini dan ini akan tercatat sebagai bidang Ibadah untuk semua,” ujarnya.

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA) menggelar kegiatan memperingati Hari Menanam Pohon Nasional di Sekretariat Konservasi Mangrove Tanjung (TAMACO), Desa Tanjung, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Senin, 27 November 2022.Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA) menggelar kegiatan memperingati Hari Menanam Pohon Nasional di Sekretariat Konservasi Mangrove Tanjung (TAMACO), Desa Tanjung, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Senin, 27 November 2022. (TRIBUNFILE/ISTIMEWA)

Raffy Raihan, Presiden HIMEPA periode 2022/2023 berharap dengan adanya perkebunan ini semoga menjadi potensi di kecamatan Tanjung khususnya di bidang pariwisata, dan tidak hanya di Mempawah tapi bisa meluas ke Pontianak bahkan seluruh Indonesia .

Natasya Aurellya Prachelly selaku pengelola kegiatan berharap agar ekosistem di sekitar pantai tetap terjaga melalui kegiatan penanaman pohon ini.

Ditambahkannya, selain membantu melestarikan alam, kita juga bisa membantu kehidupan penduduk pesisir, mengembalikan kehidupan asli daerah sekitar pantai dengan mengurangi abrasi pantai berkat penanaman mangrove.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button