Berita Wisata

Hore! Jalan Soekarno-Hatta menuju SLG Kediri akan diperbaiki

jatimnow.com – Bupati Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) akan mempercantik dan mengembangkan kawasan mulai dari jalan Soekarno-Hatta hingga jembatan di sekitar Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

“Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Airlangga, di antara banyak jalan yang ada, merupakan wajah Kabupaten Kediri, jadi saya harap penataan ini bisa mempercantiknya,” kata Mas Dhito, Selasa (17/1/2023).

Rencananya, penataan akan dilakukan mulai dari kawasan Tepus atau perbatasan kota Kediri di utara menuju bola dunia, berbelok ke timur menuju Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Airlangga hingga jembatan di kawasan SLG. Lorong di depan kantor bupati dan DPRD Kabupaten Kediri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri (DLH) Putut Agung Subekti mengatakan nantinya pada jalur tersebut akan dibuatkan cerobong pejalan kaki, penataan vegetasi termasuk pemasangan lampu untuk penerangan serta menambah nilai estetika.

“Lampu temanya hampir sama dengan yang dibangun di tugu SLG, ada unsur gringsing dan api,” terangnya.

Lampu akan dipasang di kedua sisi jalan. Mengenai rencana detail tata ruang, menurut Putut, masih dimatangkan sebelum dimulainya proses lelang.

Baca juga :
Jasa Cekat Mas Dhito Si Moli untuk Pembudidaya Ikan Kediri

“Kalau sudah siap, kami akan menjelaskan pengaturan ini kepada beliau (Mas Dhito),” ujarnya.

Kemudian, lanjut Putut, sebelum sampai di jembatan dekat SLG, akan dibangun taman menggunakan bantaran tersebut.

Taman tepi sungai, selain menambah keindahan sepanjang jalan yang menjadi wajah Kabupaten Kediri, juga harus mampu mendukung kawasan PKL yang kini sudah lengkap.

Baca juga :
Dua posko baru, meliputi kebakaran di sebelah barat Kali Brantas dan selatan Kediri

Juga akan ada tambahan hiasan dengan tema yang sudah ada seperti tugu SLG. Putut pun mengaku akan menambah spot-spot yang bisa dijadikan spot foto bagi masyarakat yang datang ke taman tersebut.

“Lampu dan bangku kita harmonisasikan dengan tugu SLG, kita mengusung tema yang sama sehingga menjadi satu kesatuan”, tutupnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button