Berita Wisata

Hore! Jembatan Kretek II Parangtritis-Samas Bantul dibuka

Bantu

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melakukan uji fungsi Jembatan Kretek II yang menghubungkan kawasan Pantai Parangtritis dan Pantai Samas mulai hari ini. Masyarakat diimbau untuk tidak menggunakan bahu jalan tersebut untuk kegiatan ekonomi.

“Hari ini I dan PPK Kretek II meresmikan Jembatan Kretek II ini untuk uji coba fungsional,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat ditemui wartawan di Jembatan Kretek II, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Selasa (31/1/2023).

Uji coba dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan akan berlanjut hingga peresmian Jembatan Kretek II. “Dengan demikian, lalu lintas yang melintasi Jembatan Kretek II diperbolehkan,” kata Halim.

Halim juga menyerukan agar tidak ada kegiatan ekonomi di bahu Jembatan Kretek II.

“Saya mengimbau masyarakat di sekitar Jembatan Kretek II untuk merawatnya, bukan menggunakan bahu jalan untuk kegiatan ekonomi. Selain berbahaya, akan mengurangi estetika, artistik Jembatan Kretek II yang kini menjadi salah satu ikon Kabupaten Bantul,” ujarnya.

Sebagai gantinya, Halim mengatakan akan menyediakan sarana dan prasarana terkait pariwisata di sekitar Jembatan Kretek II.

“Kawasan ini akan terus kita tata. Nanti juga akan kita berikan fasilitas untuk wisata di sekitar jembatan ini agar perekonomian masyarakat bisa bergerak,” ujarnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Daerah Istimewa Yogyakarta Julian Situmorang mengatakan Jembatan Kretek II memiliki empat lajur. Dua jalur di sisi utara untuk lalu lintas barat ke timur dan dua jalur di sisi selatan untuk lalu lintas timur ke barat.

“Panjang jembatan hampir 600 meter, tapi penanganan kita sekitar 2,6 kilometer. Ada empat jalur dan dua arah, jalan ini menghubungkan Parangtritis dan Samas,” ujarnya.

Julian meyakinkan pembangunan dan pemasangan di jembatan itu sudah mencapai 100%. “Kami masih mengusulkan peresmiannya,” pungkasnya.

Tonton video “Dengan Gunting, Pelajar Yogyakarta Melahirkan dan Membuang Bayinya”
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aplikasi)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button