Tempat Wisata

Hutan Pinus Asri, spot foto Instagrammable dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Bantul

Hutan Pinus Asri, spot foto Instagrammable dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Bantul
harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Hutan Pinus J L. Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Cab.Bantul, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Bagi wisatawan yang ingin mencari spot foto kekinian harus mengunjungi kawasan Dlingo Bantul. Salah satu yang direkomendasikan adalah hutan pinus Asri. Tempat ini memiliki berbagai spot yang jika diabadikan menjadi sangat indah.

Letak geografis wisata yang asri, dikaruniai banyak pepohonan dan pemandangan gunung membuat suasana semakin asri. Belum lagi pesona hutan pinus yang mempercantik foto wisata.

Tak heran jika aktivitas anak muda saat ini mengabadikan momen di akun media sosial. Lebih banyak suka dan komentar jika foto terlihat bagus. Banyak yang pergi ke tempat ini hanya untuk selfie atau menikmati pemandangan.

Daya tarik hutan pinus Asri

Daya tarik hutan pinus yang indahSumber gambar: Google Maps vita asih

Perlu diketahui, wisata bernama Pinus Asri Viewpoint ini tergolong baru karena baru diresmikan tahun 2017 kemarin. Situs ini terletak di kawasan hutan yang indah, terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan, mengundang setiap orang yang berkunjung untuk mengaguminya.

1. Banyak spot foto Instagramable

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak spot foto yang instagramable. Pertama mari kita bahas spot deck view hutan pinus. Wisata ini dulu dikenal dengan nama Hutan Pinus Mangunan.

Berada di sini, wisatawan tidak hanya mendapatkan foto yang bagus, tetapi juga merasakan suasana seperti di Hutan Pasifik Barat Laut. Ini karena keindahan pohon pinus yang menjulang tinggi diselimuti kabut tipis.

Jadi jangan heran kalau vibe di sini lumayan keren. Disarankan untuk membawa pakaian hangat atau jaket.

2. Pemandangan matahari terbit yang luar biasa

Selain spot foto yang instagramable, wisatawan juga disuguhkan tempat unik untuk melihat matahari terbit. Pengembang pariwisata menyebutnya sudut pandang. Tempat ini mendapat sentuhan artistik untuk menonjolkan nuansa natural dan klasik.

Pengunjung bisa melihat matahari terbit dari atas hanya dengan duduk. Jangan khawatir karena bangunan view hutan pinus asri ini terbuat dari kayu jati asli sehingga sangat kokoh dan memberikan rasa aman bagi wisatawan.

Banyak wisatawan yang mengabadikan pesona keindahan alam dari tempat yang menguntungkan ini. Tak hanya berswafoto dengan latar belakang hutan dan dataran tinggi, tapi juga hamparan cakrawala matahari yang luar biasa.

Namun, disarankan untuk tidak berlama-lama di sana! karena pasti banyak turis lain yang mengantri untuk mengambil foto. Jika ingin lebih bahagia, maka datanglah di saat pengunjung tidak banyak. Contohnya adalah hari dalam seminggu.

3. Cocok untuk anak-anak

Meski kawasan wisata Hutan Pinus Asri mengusung konsep alam dan berada di dataran tinggi, namun tetap cocok untuk anak-anak. Wisatawan bisa mendandani mereka dengan pakaian tebal atau pakaian hangat agar tidak kedinginan.

Hati-hati dan selalu awasi gerak-gerik si kecil! terutama di sudut pandang karena penghalangnya tidak cukup tinggi dan dapat dijangkau oleh anak-anak.

Nah, itulah beberapa atraksi yang akan ditemui wisatawan saat ke sana. Karena objek wisata ini masih banyak wisatawan yang datang hingga saat ini, terutama di akhir pekan. Jadi pemandangan mengantri di beberapa spot untuk berfoto adalah hal yang wajar, bukan!

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Hutan Pinus AsriKredit foto: Google Maps Ibrohim Hanafi

Wisatawan yang ingin mengunjungi hutan pinus Asri perlu mengetahui di mana letak tempat atau sebenarnya tempat tersebut. Jangan jauh-jauh keluar kota, ternyata tersesat dan tidak tahu harus kemana.

Kawasan wisata ini terletak di Jalan Raya Hutan Pinus Nganjir, Karangasem, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ditanya jam berapa tempat ini buka? Jawabannya jam 06.00 WIB – 18.00 WIB. Jadi pengunjung tetap bisa melihat sunrise dan sunset.

Rute ketika wisatawan berada di pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 22 km untuk sampai ke tempat ini. Waktu tempuhnya sekitar satu jam perjalanan. Jika Anda pernah mengunjungi bukit Mojo, jalur hutan pinusnya hampir sama dengan tempat wisatanya.

Tinggal mengarahkan kendaraan ke selatan menuju Terminal Giwangan, lalu lurus ke timur melalui Jalan Imogiri. Nah sesampainya di Pasar Imogiri, belokkan kendaraan ke kiri. Kemudian temui Makam Para Raja.

Namun sebelum sampai di makam belok kanan lebih tepatnya ke Kebun Buah Mangunan. Ikuti saja jalan beraspal hingga menemukan kawasan Proyek Budaya Mangunan. Belok kiri dan hutan pinus Asri sangat dekat.

Kabar baiknya, pengelola tur tidak mematok harga tiket. Dalam artian, masih gratis. Namun, setiap wisatawan yang datang akan dikenakan biaya parkir jika menggunakan kendaraan pribadi.

Motor Rp 2.000, mobil Rp 10.000. Sangat murah bukan?

Aktivitas menarik di Hutan Pinus Asri Bantul

Aktivitas menarik di Hutan Pinus Asri BantulKredit foto: Google Maps Lia 2019

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian Tempat Wisata, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Ambil selfie

Ada banyak spot foto menarik seperti pemandangan alam, pegunungan, hutan pinus hingga sunrise, tentu sayang untuk dilewatkan. Selain itu, semuanya sangat instagramable dan cocok untuk diunggah ke semua media sosial.

Wisatawan bisa berswafoto, selfie atau bersama dengan orang tersayang. Bahkan lebih baik dalam kabut tipis. Hasil fotonya akan membuat setiap orang yang melihatnya tertarik untuk mengunjungi hutan pinus asri ini.

2. Lihat matahari terbit

Matahari terbit atau sunrise, bagi sebagian orang merupakan hal yang biasa terjadi. Namun jika dilihat lebih dalam, jika dilihat dari ketinggian, penampakan benda bulat di timur ini menjadi sangat indah.

Apalagi bagi mereka yang ingin mencari inspirasi, baik itu mencari jalan keluar dari suatu masalah, mengerjakan skripsi, makalah atau proyek lainnya, menikmati matahari terbit adalah pilihan yang tepat.

3. Lihat rumah SpongeBob

Menurut kabar, ada tempat baru di tempat wisata alam ini, yaitu rumah tokoh kartun favorit anak-anak, Spongebob. Tapi bukan bentuk aslinya ya, hanya replika saja.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Hutan Pinus AsriKredit Foto: Google Maps Ethan Connor155

Jangan khawatir dengan fasilitasnya. Meski lokasinya berada di tengah hutan dan kebun buah-buahan, namun sarana dan prasarana telah disediakan oleh pemerintah untuk memastikan pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan nyaman dan aman. Berikut beberapa di antaranya:

  • Paviliun tempat wisatawan bersantai, berkumpul dan menyantap bekal yang dibawa dari rumah.
  • Duduk menikmati spot foto yang instagramable.
  • Penginapan bagi mereka yang datang dari luar dan tetap ingin menginap di tempat wisata.
  • Tempat ibadah adalah mushola.
  • Tempat sampah secukupnya.
  • Membersihkan toilet umum.

Demikian gambaran lengkap kawasan wisata Hutan Pinus Asri di Bantul. Tidak ingin pergi ke sana? Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat keindahan alam di sini!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button