Berita Wisata

Ikan gajah raksasa di gurun Saudi yang ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW

Al Ula Arab Saudi

Kawasan Al-Ula Arab Saudi kembali hidup setelah muncul formasi bebatuan mirip ikan raksasa yang berenang di lautan pasir keemasan.

Kawasan Al-Ula memang terkenal dengan fenomena padang pasir yang terkadang tidak masuk akal. Dengan luas 22.500 kilometer persegi, Al-Ula adalah salah satu lanskap gurun paling spektakuler di dunia.

Secara historis, suku Nabataean kuno mendirikan kota utama mereka di selatan tepat di utara Lembah Al-Ula dan menggali makam batu Mada’in Saleh yang spektakuler. Mada’in Saleh sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Suku Nabataean adalah orang Arab pra-Islam yang juga membangun situs Petra di Yordania.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Selain bebatuan dengan formasi mirip hiu raksasa, di Al-Ula terdapat bebatuan yang juga menyerupai hewan lain, yakni gajah. Dinamakan Jabal Al Fil atau Gunung Gajah, batu ini berada di lokasi terpencil.

Jabal Al Fil adalah bagian dari kota Al-Ula, di provinsi Madinah, Arab Saudi. Lokasi persisnya berada di dekat Mada’in Saleh, gugusan bebatuan yang diyakini sebagai pemukiman kaum Thamud dari abad ke-1 SM hingga 74 Masehi. Jarak antara Jabal Al Feel dan Madain Saleh sekitar 10 kilometer.

Batu mirip gajah di Al Ula, Arab SaudiBatu mirip gajah di Al Ula, Arab Saudi Foto: (iStock)

Jabal berarti gunung, sedangkan Al Fil dalam bahasa Arab berarti gajah. Benarkah batu purba terlihat seperti gajah? Melihat objek atau foto di atas, setiap orang bisa memiliki sudut pandang masing-masing. Beberapa mengatakan hal yang sama, yang lain tidak.

Nah soal ukuran, hampir pasti semua dengan satu suara. Jabal Al Feel benar-benar raksasa. Jika Anda menyebutnya gunung, itu jelas besar.

Biasanya mereka yang mengunjungi Madain Saleh dalam rombongan kecil menyempatkan diri untuk mengunjungi Jabal Al Feel. Untuk foto, kawasan ini memang menarik. Bukan hanya gajahnya, tapi juga hamparan pasir keemasan dan keindahan bebatuan purba yang terlukis oleh alam.

Hegra atau Madain SalehHegra atau Madain Saleh, makam kuno Al-Ula Foto: Royal Commission for Al-Ula

Meski terpencil, Jabal Al Fil cukup mudah dijangkau. Jalan beraspal halus. Kota Al Ula, lokasi Jabal Al Feel, berjarak 4-5 jam berkendara dari Madinah. Di kota ini, selain kota kuno Madain Saleh dan Jabal Al Feel, juga terdapat banyak situs alam lainnya.

Daerah yang dihindari Nabi Muhammad SAW

Beberapa waktu lalu, Mada’in Saleh dan Al Ula di Arab Saudi menjadi sorotan publik. Dua nama ini merupakan nama kawasan wisata yang pasti dihindari oleh warga Saudi. Bahkan, kedua daerah itu disebut-sebut dihindari oleh Nabi Muhammad.

Al Ula merupakan salah satu kota yang dibangun sebagai tujuan wisata. Namun, kota ini dikenal sebagai tempat yang “berhantu”.

Tonton Video “Unik dan Indah! Kapal Pesiar Penyu Akan Dibangun di Arab Saudi”
[Gambas:Video 20detik]
(dd/wsw)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button