Berita Wisata

Ikut safety tour De Muara Takus, Satpol PP Pekanbaru Abaikan 80 Orang – Talk

PEKANBARU (BICARA) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru telah menurunkan puluhan personel untuk membantu mengamankan pelaksanaan Tour De Muara Takus Polda Riau.

Demikian disampaikan Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Iwan Simatupang, Jumat (4/11/2022). Dikatakannya, total personel yang akan dikerahkan sekitar 80 orang.

“Sesuai pertemuan yang kami selenggarakan beberapa waktu lalu, kami memang akan turut serta membantu dalam pengawasan dan pemantauan rute yang ditempuh peserta Muara Takus Tour,” kata Iwan Simatupang, Jumat (4/11/2022).

“Selain menjaga masalah keselamatan dan keamanan, juga melakukan pemantauan dan pemantauan terhadap jalan-jalan yang dilintasi. Terutama masalah-masalah yang dapat mengganggu keamanan kota,” imbuhnya.

Iwan mengatakan, sebelum pelaksanaan, pihaknya mulai menerjunkan personel untuk menertibkan pedagang. Terutama yang berdagang di Jalan Wisata Muara Takus Polda Riau.

“Jadi mulai Senin (11/7/2022) kita akan mulai menerjunkan personel,” ujarnya.

Maka untuk menjaga ketertiban menjelang Tour De Muara Takus, pihaknya mengimbau para pedagang untuk tidak berjualan di pinggir jalan. Terutama di sepanjang rute yang akan ditempuh oleh para peserta.

“Sebelumnya kita sudah mulai patroli tempat-tempat yang akan dilintasi peserta wisata muara takus. Seperti di jalan menuju Kaharuddin Nasution sudah kita garuk. Kita beri teguran kepada pedagang yang berjualan di pinggir jalan, ” dia berkata.

Ia berharap para pedagang yang berada dipinggir jalan bisa memesan dan berjualan di tempat-tempat yang telah ditentukan.

“Kami berharap pedagang bisa mendukung mereka, jangan berjualan di sembarang tempat. Tertib, berjualan di tempat yang sudah ditentukan,” imbaunya.

Sekadar informasi, Wisata Muara Takus dijadwalkan pada 12 November 2022 dengan menempuh jarak 125 km dimulai dari Mapolres Riau di Pekanbaru dan berakhir di Situs Cagar Budaya Candi Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

Ada tiga pit stop Tour Muara Takus 2022. Setelah peserta dilepas di depan Mapolres Riau dan melintasi beberapa ruas jalan di Pekanbaru, peserta akan bertemu di perbatasan Pekanbaru-Kampar di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang.

Pemberhentian pertama adalah di Istana Kesultanan Kampa yang akan disambut oleh ninik mamak dengan pakaian adat sekitar pukul 08:30 WIB. Selanjutnya pit stop kedua di Pendopo Bupati Kampar menyajikan jajanan dan hiburan Kampar sekitar pukul 10.30 WIB.

Dari Pendopo Bupati Kampar, perjalanan menuju pit stop ketiga Kecamatan Batubersurat XIII Koto Kampar yang menyediakan spot foto untuk peserta sepeda Tour Muara Takus.

Dari Batubersurat lomba dimulai dan diakhiri di Pura Muara Takus, titik terakhir kegiatan ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button