Berita Wisata

Imlek sebentar lagi, ini dia 7 destinasi wisata di Banyuwangi yang cocok untuk liburan

Liputan6.com, Banyuwangi – Liburan Imlek 2023 bisa menjadi pendorong liburan. Apakah Anda sudah memiliki ide ke mana harus pergi berlibur?

Kabupaten Banyuwangi bisa menjadi alternatif utama untuk menghabiskan liburan Tahun Baru Imlek tahun ini. Memang kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini memiliki segudang tempat wisata yang indah dan patut dikunjungi saat liburan Imlek kali ini.

Di antara puluhan destinasi wisata di Banyuwangi, Liputan6.com mencoba merekomendasikan 7 tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi dan patut menjadi destinasi liburan keluarga.

1. Kawah Ijen

Siapa yang tidak mengenal taman wisata alam Kawah Ijen? Kawah yang memiliki danau terluas di dunia ini terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso di Jawa Timur.

Kawah Ijen tidak hanya terkenal dengan api birunya yang mempesona dan danau kawah yang berwarna hijau toska. Tapi Kawah Ijen juga memamerkan operasi penambangan belerang yang ikonik.

Fenomena api biru atau Blue Fire ini merupakan hasil pembakaran gas belerang yang keluar dari rekahan Gunung Ijen yang bersuhu hingga 600 derajat Celcius. Api biru kawah Ijen adalah yang terbesar di dunia. Sedangkan tempat lain di dunia yang memiliki fenomena pesona api biru hanya terdapat di Gunung Dall di Ethiopia.

Pendakian ke kawah Gunung Ijen sendiri hanya berjarak 3 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam. Untuk menuju Kawah Ijen dari pusat kota Banyuwangi membutuhkan waktu 1 jam, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua.

Dari kota Banyuwangi anda menuju ke kecamatan Licin, kemudian menuju ke daerah Paltuding yang merupakan pos pendakian pertama menuju kawah Ijen.

Jika ingin melihat pesona blue fire, disarankan untuk mendaki kawah Ijen mulai pukul 02:00 WIB pagi. Namun karena aktivitas Gunung Ijen semakin meningkat, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur baru akan membuka pendakian pada pukul 04:00 WIB. Karena mendaki pada malam hari saat ini cukup berbahaya, karena berpotensi mengeluarkan gas beracun.

“Saat ini kegiatan pendakian baru dibuka pada pukul 04.00 WIB, mengingat status Gunung Ijen yang berubah dari level I atau normal menjadi level II dalam keadaan siaga tinggi. Demikian demi keselamatan wisatawan yang melakukan pendakian ke Ijen. Kawah yang dibuka pukul 04.00 WIB, kami harap wisatawan patuh,” kata Kepala Pos Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Sigit Hariwibowo.

Jadi bagi anda yang ingin mendaki kawah Ijen harus mempersiapkan segala sesuatunya dan mematuhi peringatan yang dikeluarkan oleh pihak yang berwajib.

Di Bondowoso, ada pesona sebuah bukit yang menyegarkan mata dan pikiran sejenak, yaitu Kawah Wurung. Untuk memasuki Kawah Wurung, pengunjung cukup membayar tiket seharga Rp 5.000. Kawah Wurung berada di atas ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button