Tak Berkategori

Indahnya Air Terjun Cilengkrang, surga alam tersembunyi di kaki Gunung Manglayang Bandung

Curug Cilengkrang Bandung merupakan surga alam tersembunyi di kaki Gunung Manglayang yang menyuguhkan pemandangan air terjun eksotis serta rumah bagi kera dan lutung.

Harga tiket: Rp7.500, Jam beroperasi: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Desa Cilengkrang, Kecamatan. Cilengkrang, Cab.Bandung, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Cilengkrang merupakan salah satu objek wisata alam berbentuk air terjun yang populer di kota bandung. Terletak di kaki Gunung Manglayang, air terjun ini memiliki keindahan alam yang membuatnya sangat menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata alam ini menawarkan penyegaran berupa air terjun yang menyegarkan dan memanjakan mata.

Fasilitas dan aktivitas yang ada di tempat ini juga sangat menarik dan menunjang wisata ini. Penasaran dengan destinasi wisata alam di Bandung yang satu ini? Simak artikel di bawah ini!

Objek wisata yang ditawarkan Curug Cilengkrang

Daya tarik Air Terjun CilengkrangFoto: Google Maps/Frenky Francisco

Keindahan air terjun di hutan

Terletak di dalam hutan, Air Terjun Cilengkrang merupakan kawasan hutan dengan pepohonan yang menjulang tinggi dan indah. Dalam perjalanan menuju tempat ini anda akan melewati hutan. Pepohonan yang terhampar luas juga membuat rasa lelah tidak berkurang karena menyegarkan.

Tempat wisata alam ini memiliki sekitar 6 air terjun dengan ketinggian berbeda-beda. Ketinggiannya ada yang 3 meter hingga 10 meter. Air di air terjun ini berasal dari Gunung Manglayang.

Habitat monyet dan lutung

Pada wisata Curug Cilengkrang di hutan ini masih banyak terdapat binatang seperti kera dan lutung. Bahkan di kawasan air terjun sering terdapat kera dan lutung.

Gunung Manglayang juga ternyata merupakan hutan yang menjadi habitat alami satwa seperti kera dan lutung.

Air terjun ini juga bisa Anda manfaatkan untuk tujuan edukasi dan melihat langsung satwa-satwa tersebut. Namun kamu harus berhati-hati karena kedua hewan ini kerap mengincar dan mencuri barang milikmu.

lapangan olahraga

Daya tarik yang tidak kalah menarik dari Curug Cilengkrang di Bandung adalah adanya venue olah raga yang sangat seru dan menantang. Lapangan olah raga ini cocok bagi Anda yang malas berolahraga dan juga ingin jalan-jalan serta berolahraga.

Berjalan-jalan di hutan atau berjalan di jalan setapak yang tidak mulus akan membuat liburan Anda lebih bisa dihabiskan.

Pengunjung disuguhkan jalanan terjal dengan berbagai rintangan berbatu serta satwa seperti kera dan lutung.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun CilengkrangFoto: Google Maps/Adhitya Adjie Putra Nugraha

Air Terjun Cilengkrang terletak di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kota Bandung, Jawa Barat. Jarak yang perlu ditempuh jika berada di pusat kota bandung adalah sekitar 15 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Jika Anda berada di dekat Alun-alun Bandung, Anda bisa melewati Jalan Gatot Subroto, lalu melewati Jalan Ibrahim Adjie dan masuk ke Jalan Nasional III hingga Anda berada di Jalan Cipadung dan tiba di Jalan Cilengkrang.

Setelah sampai di desa ini, akses dengan mobil cukup sulit karena jalan perlahan semakin menyempit. Padahal, jalan ini hanya bisa dilalui mobil. Oleh karena itu, tidak cocok untuk kendaraan besar seperti minibus atau bus.

Biaya masuk wisata alam

Berlibur ke Curug Cilengkrang Bandung merupakan pilihan yang sangat hemat. Pasalnya, harga tiket yang dibayarkan hanya 10.000 rupiah. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya lainnya karena di tempat ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk dan biaya parkir.

Biaya parkir juga seperti biasa yaitu 2.000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Tempat wisata ini juga cukup fleksibel karena buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore.

Selain itu, tiket masuknya yang murah membuat tur ini populer dan Anda bisa menikmati alam meski dengan budget terbatas.

Jika anda berada di tempat ini pastikan datang pada pagi hari agar bisa menikmati keindahan alam dan tidak terburu-buru karena hari sudah gelap.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Air Terjun CilengkrangFoto: Google Maps/Joe

1. Menjelajahi Wisata Curug

Air terjun yang disebut juga air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut dan dikelola oleh Perhutani PH Unit 3 Bandung Utara dan pemerintah kota. Air Terjun Cilengkrang cukup luas dan bisa dijelajahi dengan leluasa.

Air terjun dengan ketinggian berbeda-beda bisa membuat penjelajahan wisata ini semakin seru.

Selain itu keindahan alamnya pun tak kalah menarik, suara gemericik air terjun menciptakan aliran air yang sejuk dan cukup dingin.

2. Berfoto lebih estetik dan Instagrammable di Air Terjun Cilengkrang

Wisata Curug Cilengkrang, setiap sudutnya sangat istimewa dan indah. Mulai dari air terjun, ruas pepohonan hijau hingga bebatuan besar yang menyerupai ciri khas bebatuan sungai, semuanya bisa dijadikan spot foto yang estetik dan tak kalah Instagrammable dengan tempat wisata alam lainnya.

Kebanyakan pengunjung memilih spot foto di depan air terjun dengan cipratan air yang tampak aduhai.

Anda tidak akan menemukan spot foto yang mengecewakan atau tidak sesuai dengan keinginan Anda. Karena setiap pemandangan yang ada di tempat wisata alam ini membuat anda takjub dan cocok dijadikan sebagai latar foto anda.

3. Trekking

Melewati jalur setapak di hutan pegunungan ini akan membuat pendakian Anda semakin memacu adrenalin. Pendakian ini akan sangat melelahkan karena Anda harus melewati setiap rintangan hingga mencapai Air Terjun Cilengkrang di Bandung.

Jalan setapak yang ada di hutan ini juga tidak rata dan tidak jarang ditemui sungai-sungai yang harus diseberangi.

Hal ini akan membuat perjalanan Anda licin dan tidak nyaman. Oleh karena itu, pastikan Anda mengenakan sepatu atau sandal yang nyaman dan cocok untuk trekking.

4. Berenang

Air Terjun Cilengkrang tidak terlalu dalam dan Anda bisa menikmatinya sambil berenang di tepian kolam. Anda juga bisa merasakan derasnya air yang jatuh ke dalam kolam dan sangat dingin.

Jangan lupa, Anda perlu berhati-hati saat berenang langsung di bawah air terjun. Air terjun ini bisa menyebabkan aliran air tiba-tiba meningkat tajam.

5. Rendam

Jika tidak ingin berenang di Air Terjun Cilengkrang, Anda cukup duduk di beberapa bebatuan yang cukup besar di pinggir kolam. Saat berendam, Anda bisa merasakan segarnya air terjun yang mempesona ini.

Berendam juga membuat Anda bisa merasakan daya tarik utamanya yaitu wisata air. Bahkan beberapa mitos mengatakan bahwa berendam di air ini akan membuat Anda semakin diberkati, terutama bagi para pengantin baru.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas di kawasan CurugFoto: Google Maps/Faridah Dewi Khansa

Kawasan wisata Curug Cilengkrang merupakan destinasi wisata dengan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut terbilang cukup memadai jika dibandingkan dengan tempat wisata alam lainnya yang tetap menjaga kealamiannya.

Mulai dari toilet umum yang menjadi bagian penting dalam membangun sebuah objek wisata. Di air terjun ini Anda akan menemukan toilet yang bisa digunakan untuk buang air kecil maupun siram. Toilet ini memiliki fitur air yang berasal langsung dari air pegunungan.

Fasilitas lainnya berupa warung makan yang menjual berbagai jenis makanan, mulai dari jajanan hingga makanan berat. Makanan khas Bandung juga banyak dijual di warung tersebut.

Tempat perkemahannya cukup luas dan memiliki area outdoor yang akan membuat liburan anda di kawasan air terjun ini semakin nyaman dan lama.

Dari uraian di atas, Anda bisa membuktikan langsung keindahan Air Terjun Cilengkrang di Bandung. Informasi diatas merupakan informasi wisata yang sedang tren saat ini.

Jangan lupa, objek wisata ini masih menjaga kealamiannya. Jadi buanglah sampah pada tempatnya agar tidak merusak pemandangan alam. Selamat berakhir pekan!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button