Tak Berkategori

Indahnya Air Terjun Dolo, air terjun legendaris yang berada di lereng Gunung Wilis Kediri

Temukan keindahan Air Terjun Dolo yang tersembunyi di lereng Gunung Wilis Kediri, tempat penuh legenda dan mitos yang memikat setiap pengunjung dengan pesona alamnya.

Harga tiket: Rp8.000, Jam beroperasi: 07.00-17.30 WIB, Alamat: Yugo, distrik. Mojo, Kab.Kediri, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Mengunjungi Air Terjun Dolo bisa menjadi ide bagus saat berlibur ke Kediri. Tersembunyi di dalam hutan Gunung Wilis, air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang masih asri dan belum terjamah.

Oleh karena itu, sangat cocok dikunjungi saat liburan, sehingga memungkinkan Anda untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kemacetan lalu lintas perkotaan.

Selain itu, pengunjung harus mendaki terlebih dahulu untuk menikmati keindahan air terjun, sehingga perjalanan semakin menantang.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Dolo

Daya Tarik Air Terjun DoloFoto: Google Maps/Doraemon Kita

Dikelilingi oleh alam yang sejuk

Terletak di lereng Gunung Wilis, kawasan sekitar air terjun ini dikelilingi suasana alam yang menyegarkan. Apalagi letaknya yang berada di tengah hutan, sehingga tak heran jika sejauh mata memandang kita bisa menemukan panorama hijau asri yang menyegarkan mata.

Air terjunnya sendiri pun tak kalah indahnya. Air terjun ini menjulang dari ketinggian sekitar 125 meter dan memiliki beberapa anak tangga sehingga arusnya tidak begitu deras. Airnya yang jernih dan segar mengalir ke kolam dan sungai di bawahnya. Biasanya banyak orang yang bermain air.

Masuk ke kawasan wisata Besuki

Air Terjun Dolo Kediri merupakan bagian dari Kawasan Wisata Besuki yang mencakup beberapa tempat wisata terkenal di Kediri. Selain air terjun ini, Anda juga bisa menemukan destinasi wisata menarik lainnya di dekatnya.

Seperti Air Terjun Irenggolo, Sky Park, Gazebo Wilis, Kelok Sembilan dan Jembatan Jomblo. Menariknya, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk untuk memasuki beberapa tempat wisata tersebut. Jadi murah kan?

Mitos air terjun

Memang menarik sekali menyimak mitos dan legenda yang mengiringi wisata alam. Begitu pula dengan mitos mengenai wisata Air Terjun Dolo di Kediri. Menurut mitosnya, ada sebuah benda yang digantung di pohon dekat air terjun.

Anehnya, benda-benda tersebut terkadang tidak terlihat dan terkadang terlihat. Nama Dolo sendiri memiliki arti menggantung dan mengacu pada benda yang ada di pohon. Mengikuti mitos tersebut, ada sejumlah batasan bagi pengunjung.

Dimana pengunjung tidak diperbolehkan bertepuk tangan, bersiul atau berperilaku normal di air terjun. Tidak ada salahnya untuk menghormati keyakinan masyarakat ini, meski sekarang sudah zaman modern.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun DoloFoto: Google Maps/Om Elbis

Wisata Air Terjun Dolo terletak di kawasan Besuki Kediri yang terkenal. Letaknya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, di kaki Gunung Wilis. Jarak dari pusat kota sekitar 29 kilometer atau waktu perjalanan sekitar satu jam.

Dari kota Kediri, Anda dapat mengambil jalur Kediri-Tulungagung untuk menuju kawasan wisata Besuki. Nanti setelah melewati SPBU Branggahan, Anda akan menemukan pertigaan besar. Lanjutkan berkendara dengan belok kanan menuju Jalan Merak.

Ada banyak penunjuk arah yang bisa Anda ikuti untuk menuju air terjun. Sambungan jalan baik dan dapat digunakan oleh berbagai kendaraan baik roda dua maupun empat.

Setelah memarkir kendaraan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Tur trekking melibatkan menaiki ratusan anak tangga sejauh satu kilometer. Jalannya juga berkelok-kelok seperti di kawasan Pegunungan Wilis, namun lebih lebar dan mulus.

Biaya masuk wisata alam

Jika Anda sedang mencari destinasi liburan hemat di Kediri, Air Terjun Dolo adalah solusinya. Sebab untuk memasuki kawasan wisata Besuki, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 100.000. 8.000 per orang.

Dan air terjun ini beserta beberapa tempat wisata lainnya terletak di kawasan wisata ini. Selain tiket masuk, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 4.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Jam buka loket tiket adalah setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.30 WIB. Jadi pastikan Anda datang di antara waktu-waktu tersebut meskipun Anda berencana untuk bermalam atau berkemah di lokasi.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Air Terjun DoloFoto: Google Maps/Mohamad Ansori Nurdin

1. Bermain air

Melihat air terjun dengan aliran air yang jernih, siapa yang tidak tergoda untuk bermain air di bawahnya? Selanjutnya Air Terjun Dolo Kediri memiliki ketinggian sekitar 125 meter dan bertingkat, dengan tingkat pertama tertinggi 90 meter.

Seiring bertambahnya ketinggian air terjun, arusnya menjadi kurang kuat saat mencapai kolam di bawahnya. Sungai di air terjun ini tidak terlalu dalam sehingga cukup aman untuk bermain air di sana.

Namun, saat berkunjung, periksa dulu cuacanya. Tentunya saat musim hujan jumlah airnya lebih banyak sehingga Anda tetap perlu berhati-hati sebelum memutuskan untuk masuk ke kolam di bawah air terjun.

2. Petik stroberi di sekitar Air Terjun Dolo

Berada di ketinggian sekitar 1.800 mdpl di kaki Gunung Wilis, air terjun ini menawarkan suasana sejuk nyaris dingin. Suhu tersebut sangat cocok untuk menanam tanaman perkebunan, termasuk stroberi.

Tidak jauh dari air terjun Dolo terdapat kebun strawberry yang cukup luas. Saat musim panen, pengunjung diperbolehkan merasakan wisata petik buah di sana.

Dengan biaya tertentu, Anda bahkan bisa membawa pulang buah yang Anda petik sebagai oleh-oleh.

3. Berkemah

Bagi pecinta alam, berkemah di kawasan wisata Air Terjun Dolo pasti bisa menjadi kegiatan liburan yang menyenangkan. Jangan khawatir, Anda bisa melakukannya di sini. Ada tempat perkemahan yang cukup besar untuk mendirikan beberapa tenda sekaligus.

Namun, Anda harus membawa perlengkapan berkemah sendiri dari rumah. Karena di lokasi tidak ada persewaan tenda atau berbagai perlengkapan.

4. Kunjungi destinasi lain di Wisata Besuki

Kawasan wisata Besuki mempunyai banyak hal menarik yang ditawarkan selain Air Terjun Dolo. Tempat wisata terdekat antara lain Air Terjun Irenggolo, Sky Park, Gazebo Wilis, Kelok Sembilan, dan Jembatan Jomblo.

Lokasinya dekat meja masuk sehingga tidak boleh dilewatkan.

Jika Anda masih punya waktu, kunjungilah beberapa tempat wisata ini sebelum Anda memutuskan untuk pulang. Dijamin Anda tidak akan rugi apa-apa dengan keindahan dan keseruan yang ditawarkan. Bahkan tersedia spot foto Instagram-ready di setiap destinasi, sehingga Anda bisa mengumpulkan banyak konten.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun DoloFoto: Google Maps/Bintang Kehidupan

Beberapa fasilitas penunjang termasuk Air Terjun Dolo Kediri telah disediakan di Kawasan Wisata Besuki untuk memanjakan pengunjung. Setelah melewati loket masuk, Anda akan menemukan deretan lapak wisata yang jumlahnya puluhan unit.

Agar Anda tidak perlu khawatir untuk mengisi ulang, Anda dapat membelinya secara lokal kapan saja. Selain itu, fasilitas standar seperti tempat parkir, toilet, dan musala tentunya tersedia bagi pengunjung.

Terdapat juga taman bermain untuk anak-anak, area hiking, jogging track untuk senam pagi, dan tempat perkemahan. Jika tidak ingin bermalam di tenda, Anda bisa menginap di homestay sekitar tempat wisata.

Ayo masukkan Air Terjun Dolo ke dalam daftar kunjunganmu selama berlibur di Kediri. Terletak di kawasan wisata Besuki, ada lebih dari satu destinasi wisata yang bisa Anda nikmati di sini. Dengan cara ini Anda bisa menggandakan kesenangan liburan. Tertarik?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button