Tak Berkategori

Indahnya Air Terjun Juwuk Manis, air terjun kembar di Jembrana yang lagi hits

Temukan keindahan tersembunyi Air Terjun Juwuk Manis di Jembrana, dua air terjun yang menawarkan pesona alam menakjubkan dan menjadi destinasi populer para pecinta alam.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 08.00 – 20.00 WITA, Alamat: Manggissari, Kec. Pekutatan, Cab.Jembrana, Bali; Map: Periksa lokasinya

Bali tidak hanya dikenal sebagai pemilik pantai yang indah, namun juga memiliki beberapa tempat wisata berupa air terjun indah di Jembrana. Keindahannya bahkan bisa menggantikan pantai jika bosan dengan pemandangan laut.

Misalnya saja Air Terjun Juwuk Manis, tempat ini memiliki pesona alam yang menakjubkan dan beragam atraksi menarik.

Tidak banyak pengunjung karena tempatnya terpencil. Untuk mencapai tempat ini memerlukan perjalanan yang sulit dan cukup jauh.

Namun, selama perjalanan Anda akan disuguhi panorama yang menakjubkan berulang kali. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan alam yang terlihat begitu indah seolah jauh dari peradaban manusia.

Memang tidak terlalu tinggi namun justru menambah keindahannya. Air yang mengalir tidak hanya satu, melainkan dua.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Hal ini membuatnya tampak seperti dua air terjun yang begitu indah. Seperti di tempat lain, di Air Terjun Juwuk Manis terdapat kolam alami yang cukup besar. Airnya jernih dan sangat menyegarkan.

Daya Tarik Air Terjun Juwuk Manis

Daya Tarik Air Terjun Juwuk ManisFoto oleh Tony (Bali Explorer) di Google Maps

Daya tarik utama dari air terjun eksotik ini terletak pada pesona alamnya yang indah. Selain itu ciri khasnya juga sedikit berbeda dengan air terjun di Bali pada umumnya.

Sebelum berkunjung, penting untuk mengetahui beberapa hal menarik yang telah kami rangkum di bawah ini!

Pesona Indah Air Terjun Juwuk Manis

Luar biasa, itulah perasaan saat pertama kali menginjakkan kaki di sini. Bagaimana tidak, pesonanya mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain. Dua aliran air yang mengalir menjadi keindahan utama.

Tidak terlalu berat sehingga tampak tenang dan damai. Jarak kedua aliran sungai ini pun tidak jauh, hanya sekitar 1 meter.

Pesona wisata Air Terjun Juwuk Manis semakin terlihat dari bentuknya yang unik. Batuan tempat mengalirnya air ini tidak curam dengan sudut 90 derajat, melainkan landai. Kondisi ini menyebabkan air mengalir melalui kontur batuan.

Pemandangan alam tampak semakin eksotik, guratan-guratan bebatuan terlihat jelas karena sehari-hari terkikis oleh aliran air.

Suasana yang menyenangkan dan menenangkan

Kawasan tersebut berada di tengah hutan sehingga memerlukan upaya untuk mencapainya. Namun, apa yang Anda dapatkan akan sebanding dan bahkan jauh lebih menguntungkan. Saking asrinya suasana di sini, kerapatan hutan seolah menghalangi penetrasi panas matahari.

Nuansa hijau didapat dari berbagai jenis pohon yang tumbuh subur dan menambah kesegaran pemandangan. Pemandangan ini tidak hanya terlihat saat berkendara, tapi juga di air terjun Juwuk Manis di Jembrana.

Anda dapat dengan aman melihat tanaman tumbuh di antara singkapan batu. Ada juga semak belukar di sekelilingnya, menutupi sebagian situs. Suara gemericik air yang tidak begitu deras menciptakan suasana damai dan menenangkan.

Kolam alami yang menyegarkan

Tak jauh berbeda dengan keindahan air terjun di Bali pada umumnya, di sini juga terdapat kolam alami. Perbedaannya mungkin pada bentuk dan ukurannya, disini cukup lebar dan bentuknya memanjang.

Kolam ini berisi air yang sangat jernih, terkadang berwarna kebiruan. Terlihat bagian dasar tepi kolam yang terbuat dari bebatuan menandakan kejernihan airnya. Eksotisme air terjun Juwuk Manis di Jembrana semakin terlihat ketika kolamnya dihiasi bebatuan dengan ukuran berbeda-beda.

Batu ini juga memisahkan cekungan dari sungai. Beragam aktivitas bisa dilakukan pengunjung di sini, mulai dari berenang hingga bermain air. Namun tidak disarankan untuk menuju ke tengah karena arus airnya terkadang cukup deras dan kedalamannya cukup besar.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Juwuk ManisFoto oleh Clement di Google Maps

Telah dikatakan sebelumnya bahwa seseorang harus bersiap menjalani perjalanan yang tidak mudah untuk sampai ke air terjun indah ini. Jalan yang harus dilalui sedikit menanjak, terjal dan berkelok-kelok.

Anda juga tidak bisa berkendara langsung menuju lokasi dengan kendaraan. Dari tempat parkir, wisatawan harus berjalan kaki untuk menikmati segala pesonanya.

Kawasan Wisata Air Terjun Juwuk Manis terletak di Manggissari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

Objek wisata ini dapat diakses dari mana saja tergantung dari mana Anda berasal. Bagi yang berangkat dari pusat kota, gunakan Alun-alun Kota Negara sebagai rujukan utama. Jaraknya sekitar 34 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu lebih dari satu jam.

Agar lebih cepat, Anda bisa menggunakan jalur Tol Denpasar – Gilimanuk. Pengunjung dari Denpasar juga bisa melalui jalur ini.

Namun waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama karena jaraknya 74 kilometer. Pesona dan keindahan air terjun ini hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor.

Tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan setiap pesonanya karena tiket masuk Air Terjun Juwuk Manis di Jembrana masih gratis.

Jika Anda ingin berdonasi, silakan masukkan pada kolom yang tersedia. Biaya yang harus dibayarkan berkaitan dengan parkir kendaraan. Tidak terlalu mahal karena umumnya identik dengan tempat wisata di Bali.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Air Terjun Juwuk ManisFoto oleh Shawn Mokricky di Google Maps

Bukan hanya daya tariknya saja yang menjadikan objek wisata ini populer untuk dikunjungi. Bukan karena gratis dan tidak memerlukan biaya banyak.

Selain itu, alasan lainnya adalah banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya sudah kami rangkum, simak dibawah ini untuk referensi Anda!

1. Pendakian yang menantang ke air terjun Juwuk Manis

Dari tempat parkir kendaraan, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk sampai ke Air Terjun Juwuk Manis di Jembrana. Sekitar 1 kilometer melewati perkebunan kopi dan teh.

Meski jauh, keindahan alam menemani setiap langkah. Karena suasananya yang asri dan hijau, Anda tidak akan merasakan jalanan berkelok-kelok, turunan, dan tanjakan terjal.

2. Menikmati keindahan alam yang masih asri

Beberapa wisatawan bahkan menganggap perjalanan jauh ini cukup mengasyikkan. Tak hanya itu saja, keindahan yang tiada duanya akan Anda rasakan saat berada di Air Terjun Juwuk Manis.

Meski berukuran besar, pesona alam air terjun ini patut dinikmati. Suasananya begitu asri dan menyegarkan berkat beragam vegetasi yang tumbuh melimpah.

3. Berenang dan bermain air

Aktivitas menarik selanjutnya di Air Terjun Juwuk Manis adalah berenang. Air kolamnya sangat jernih sehingga semua orang ingin merasakan kesegarannya. Lumayan seru, apalagi kalau datang bersama rombongan.

Namun, Anda harus berhati-hati karena licin. Jika Anda belum pandai berenang, bermain air di tepi kolam pun tak kalah menariknya.

4. Bersantai di tepi kolam renang

Untuk menikmati keindahan alam di sini, Anda bisa melakukan apa saja. Misalnya untuk bersantai, silakan gunakan batu-batu yang berserakan di pinggir kolam.

Karena batu ini berukuran cukup besar, sangat memungkinkan untuk duduk di atasnya dengan santai. Ditemani suara air dan tempia yang menyegarkan, aktivitas ini semakin membuat rileks.

5. Carilah spot foto panorama alam

Jangan lupa abadikan momen liburan ketika anda berkunjung ke objek wisata Air Terjun Juwuk Manis. Bukan tanpa alasan, karena semua yang Anda lakukan di sini bisa jadi masuk akal.

Selain itu keindahan alamnya membuatnya cocok dijadikan tempat berfoto. Tak perlu banyak pose untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik, karena pemandangan saja sudah cukup sebagai background.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Juwuk ManisFoto oleh Jovicson Custodio di Google Maps

Bicara fasilitas, hampir tidak ada di kawasan air terjun ini. Fasilitas hanya tersedia di tempat parkir mobil, mulai dari toilet hingga warung makan.

Terdapat juga toilet untuk wisatawan yang berenang atau bermain air. Sebelum berangkat wisata, sebaiknya membawa perbekalan secukupnya, termasuk pakaian hangat.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata alam di Bali ini. Dari ulasan di atas, Air Terjun Juwuk Manis Jembrana masih layak dijadikan pilihan utama.

Keindahannya mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain, mengingat setiap varietas memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Fasilitas juga tersedia meski jauh dari lokasi utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button