Tempat Wisata

Indahnya Danau Tolire, wisata alam di Ternate penuh legenda

Terletak di kaki Gunung Gamalama di Ternate, Danau Tolire memikat pengunjung dengan pemandangan alamnya yang mempesona serta legenda lokal yang penuh mitos dan keindahan.

Harga tiket: Rp2.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Takome, Distrik. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara; Map: Periksa lokasinya

Berkunjung ke Maluku Utara akan semakin menarik apalagi jika Anda berkunjung ke Danau Tolire. Sebuah lembah di kaki Gunung Gamalama yang menawarkan keindahan mempesona dan menyejukkan mata.

Tempat wisata alam di Ternate ini sudah banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Karena berbentuk panci besar dengan luas 5 hektar, danau ini menawarkan panorama unik dengan keindahan dan keistimewaan yang jarang ditemukan di tempat lain.

Di musim panas, danau ini berwarna hijau. Belum lagi, keindahan ini bisa berubah warna menjadi coklat saat musim hujan. Siapa pun yang mengunjungi objek wisata ini pasti akan langsung terpesona dengan keindahannya.

Daya Tarik Danau Tolire

Daya Tarik Danau TolireFoto oleh Samuel Pakpahan di Google Maps

Danau kawah ini membuat setiap pengunjung yang mengunjunginya terpesona. Pemandangan dari kawah ini sungguh menakjubkan ditambah dengan berbagai atraksi lainnya yang menambah keindahannya.

Legenda Buaya Putih

Di balik keindahan danau yang mempesona, ternyata juga terdapat legenda mistis di balik Danau Tolire-Ternate. Penduduk setempat percaya bahwa kawasan ini adalah rumah bagi buaya berkepala putih yang merupakan raja di kawasan ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Konon buaya ini merupakan jelmaan seorang sesepuh daerah tersebut. Karena suatu kesalahan, desanya dikutuk dan diubah menjadi danau. Selain itu, danau ini masih menjadi habitat buaya liar.

Keindahan Puncak Gamalama

Gunung Gamalama, salah satu gunung terkenal di Maluku Utara, menjadi simbol kebanggaan warga Ternate. Meski termasuk gunung berapi aktif, namun keindahan alamnya tetap memukau dan aman untuk dikunjungi.

Keindahan telaga ini juga dipengaruhi oleh pesona kemegahan puncak Gamalama dan kerucutnya yang mempesona sehingga cocok dijadikan spot foto alam yang mempesona bagi para wisatawan.

Mitos melempar batu ke danau

Tidak ada habisnya membahas keajaiban alam danau ini. Namun ada hal lain yang menarik perhatian, yakni mitos pelemparan batu ke danau.

Saat pengunjung melempar batu, seringkali mereka terkejut karena tidak melihat batu tersebut jatuh atau bahkan mendengar suaranya. Menurut mitos, batu tidak akan pernah sampai ke dasar danau, sekeras apa pun Anda melemparkannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Danau TolireFoto oleh Saifullah Fatah di Google Maps

Jika anda tertarik untuk mengikuti wisata Danau Tolire, maka pastikan anda melakukan perjalanan dari pusat kota Ternate, Maluku. Jaraknya sekitar 10 km, jadi perlu bersabar untuk mencapai danau cantik ini.

Jika menggunakan kendaraan, perjalanan kesana mungkin memakan waktu kurang lebih 36 menit. Lokasinya sendiri terbilang dekat dengan Bandara Sultan Babullah dengan jarak tempuh sekitar 12,6 menit sehingga perjalanan hanya memakan waktu sekitar 24 menit saja.

Lokasinya juga tidak jauh dari jalan raya utama. Pastinya semakin mudah untuk menemukan tempat wisata alam menakjubkan ini hanya dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Selain itu, akses jalan menuju lokasi sudah beraspal dan dalam kondisi baik.

Biaya masuk dan jam buka

Tempat wisata alam ini tidak mematok harga mahal kepada wisatawan yang ingin menikmati keindahannya. Pasalnya, tarif masuk yang ditawarkan untuk setiap pengunjung hanya berkisar antara Rp 2.000 hingga 5.000.

Apalagi Danau Tolire yang selalu buka setiap hari dan terletak di Kota Ternate, Pulau Ternate, Maluku Utara. Kawasan danau bahkan dikelilingi tebing andesit yang tinggi dan curam. Tak heran keindahannya tak tertandingi.

Karena biaya masuknya yang terjangkau, tidak ada alasan untuk tidak menjadikannya tujuan liburan Anda saat musim liburan. Air danau ini berwarna hijau jernih dan luasnya mencapai 5 hektar. Pemandangan yang ditawarkan pun searah dengan danau.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Danau Tolirefoto dari IG:@Lingkar Indonesia di Twitter

Saat berada di Kota Ternate, Danau Tolire kerap menjadi destinasi pilihan utama bagi mereka yang mencari pemandangan alam yang mempesona.

Kawasan ini masih dianggap salah satu yang terindah dibandingkan tempat wisata lain di kawasan tersebut. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana:

Berjalan-jalan dan jelajahi danau

Aktivitas seru yang sayang untuk dilewatkan adalah menjelajahi Danau Tolire di Ternate. Anda bisa berjalan-jalan mengelilingi seluruh area danau, termasuk danau kecil di sebelahnya. Pasalnya jarak keduanya hanya berkisar 250 meter.

Tentunya pengunjung akan mendapatkan pengalaman baru saat menikmati keindahan telaga ini. Menurut legenda setempat, danau yang lebih besar adalah tempat tenggelamnya seorang ayah yang terkutuk, sedangkan danau yang lebih kecil adalah tempat tenggelamnya putranya.

Berfoto dan melempar batu di Danau Tolire

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, wisatawan disuguhi pemandangan danau hijau yang menakjubkan, bentuknya menyerupai loyang raksasa. Hal ini tentu menjadi pemandangan yang unik dan patut diabadikan.

Meski begitu, Anda mungkin bertanya-tanya apakah mitos bahwa Anda melempar batu ke danau dan tidak pernah mencapai dasar danau itu benar. Anda bisa mencobanya sendiri dan merasakan sensasi melempar batu ke danau indah ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Danau Tolirefoto dari Perjalanan Detik di Twitter

Saat Anda mengunjungi objek wisata alam ini, Anda akan disuguhi berbagai fasilitas yang tersedia. Fasilitas tersebut antara lain toilet, tempat parkir, kabin, paviliun, dan restoran yang menyajikan berbagai hidangan lokal yang lezat.

Sayangnya, cukup sulit mencari penginapan di kawasan ini. Meski begitu, pengunjung bisa memanfaatkan Kota Ternate jika ingin bermalam di sekitar danau.

Fasilitas lain yang bisa Anda temukan adalah musala yang bisa digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Islam. Pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner, dengan banyaknya kios yang menjual makanan dan minuman.

Danau Tolire di Ternate mempunyai pesona alam yang sangat indah dan menarik untuk dilihat secara langsung. Pemandangan alam di sekitarnya begitu menarik sehingga wisatawan pasti ingin mengunjunginya beberapa kali.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button