Berita Wisata

Indahnya Nepal van Java hingga Magelang, tak perlu jauh-jauh ke Himalaya

TEMPO.CO, Jakarta – Area pegunungan tidak hanya menyajikan udara segar tetapi juga pemandangan yang menyegarkan mata. Bahkan di kawasan pegunungan ini, panoramanya mirip di luar negeri. Tempat ini adalah Dusun Need di Kecamatan Kalianggrik, Kabupaten Magelang yang dikenal dengan Nepal van Java.

Bukan tanpa alasan julukan itu diberikan. Dusun yang terletak di kaki Gunung Sumbing ini memiliki pemandangan yang mirip dengan pemukiman penduduk di Himalaya Nepal. Rumah-rumah di desa juga dibangun dengan penataan yang rapi.

Saat berkesempatan ke Magelang, tak ada salahnya mampir ke tempat ini dan menikmati wisata gunung yang menyegarkan. Berikut informasi bagi wisatawan yang ingin singgah di Nepal van Java:

Rute lokasi

Nepal van Java terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dari Yogyakarta, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor. Setelah sampai di kota Magelang, ikuti jalan menuju pasar Kaliangkrik sejauh 12 kilometer, ikuti saja jalan menuju SD di desa Temanggung, lalu menuju base camp Gunung Sumbing. Nepal van Java terletak 400-500 meter sebelum base camp. Struktur jalan cukup curam dan menanjak jadi berhati-hatilah saat berkendara.

Harga tiket

Pengunjung hanya perlu membayar tiket sekitar 10.000 rupee per orang. Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Tarif parkir untuk sepeda motor akan dikenakan biaya Rp 2.000 sedangkan untuk mobil Rp 5.000.

Aktivitas

Tempat ini sangat ideal untuk liburan dan menikmati pemandangan pegunungan. Ketika Anda datang ke sana, pastikan untuk berfoto dengan latar belakang rumah pedesaan yang dicat warna-warni ditambah dengan pemandangan alam pegunungan di belakangnya. Berjalan-jalan santai melewati pedesaan dataran tinggi sambil menikmati udara sejuk, asri, segar juga akan menyenangkan.

Jangan khawatir jika Anda harus tinggal. Karena ada homestay yang dikelola masyarakat yang tersedia dengan harga murah dan fasilitas lengkap. Pengunjung bisa menunggu momen indahnya matahari terbit atau terbenam di Nepal van Java.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga sempat singgah di desa tersebut pada April 2021. Ia mengaku sangat terkesan dengan Nepal van Java. “Begitu saya bangun di pagi hari saya tidak menyesal tinggal di sini karena pemandangannya epik, Anda bisa merasakan suasananya yang indah” megah Suasana yang sangat eksotis. Dan ini adalah pengalaman pertama dalam hidup saya tinggal di desa wisata,” ujarnya.

JESSYCA GAZELLA

Baca juga: Malam puncak penghargaan desa wisata Indonesia 2022, masyarakat bisa memilih

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik Update Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button