Berita Wisata

Index Tour Raung Banyuwangi, Panorama air terjun yang dikelilingi tiga gunung

Kunjungan menandakan gemuruhnya Banyuwangi – Air Terjun Telunjuk Raung merupakan tempat wisata alam di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sebuah tempat wisata yang menawarkan air terjun alami yang indah. Dikelilingi kawasan alam yang asri, terletak di lereng timur Gunung Roung.

Dinamakan Indeks pada air terjun ini karena memiliki bentuk tegak lurus seperti indeks. Sedangkan nama Raung karena lokasi air terjun tersebut berada di lereng Gunung Raung.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Padang, Keindahannya Selalu Mengingatkanmu

Air terjun ini memiliki air yang cukup jernih, segar dan dingin. Aliran airnya berasal dari mata air pegunungan alami. Di ketinggian sekitar 40 meter dengan arus air yang tidak terlalu deras. Cukup aman bagi pengunjung untuk menikmati air dalam jarak yang cukup dekat.

Suasana alam sekitar sangat sejuk dengan kondisi alam yang masih alami. Pepohonan rindang yang asri dengan udara pegunungan yang segar. Tak jauh dari lokasi air terjun terdapat sebuah kolam alami. Biasanya digunakan pengunjung untuk mandi dan bermain air.

Lokasi Air Terjun Telunjuk Raung

Desa Sumberarum, Dusun Mangaran, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Buka setiap hari. Jam buka Air Terjun Telunjuk Raung mulai pukul 06:00 – 18:00 WIB. Obyek wisata Air Terjun Telunjuk Raung berjarak sekitar 40 km dari kota Banyuwangi. Waktu tempuh menggunakan kendaraan roda dua kurang lebih 1,5 jam.

Dari kota Banyuwangi: ke arah Rogojampi – perempatan pos belok kanan atau barat ke arah Songgon – lurus setelah pasar Songgon kemudian ke arah Sragi – di perempatan Sragi belok kanan setelah Dusun Pasar – Air Terjun Temcor – di pertigaan T- Di perempatan, ikuti rambu ke Air Terjun Telunjuk Raung.

Dari area parkir, pengunjung harus berjalan kaki menuju lokasi wisata. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan dan suasana alam yang asri dan masih alami.

Transportasi menuju Air Terjun Telunjuk Raung

Jarak kota Banyuwangi dengan air terjun Telunjuk Raung sekitar 40 km. Waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam menggunakan kendaraan roda dua.

Untuk menuju lokasi wisata belum tersedia angkutan umum. Wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Atau Anda bisa menggunakan jasa rental mobil atau ojek.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Telunjuk Raung

Tidak ada tiket masuk yang dibebankan ke objek wisata ini. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan.

  • Parkir Mobil Rp.5.000,-
  • Parkir motor Rp.2.000,-

Apa saja yang ada di Air Terjun Telunjuk Raung

Air Terjun Telunjuk Raung merupakan tempat wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Raung. Suasananya sangat sejuk dikelilingi oleh ruang alam yang asri dan alami.

Menikmati kesejukan air terjun

Air terjun Telunjuk Raung memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Airnya berasal dari mata air pegunungan alami. Airnya cukup jernih, segar dan dingin. Arus airnya tidak terlalu deras, sehingga cukup aman bagi pengunjung untuk menikmati air dari dekat.

Di dekat air terjun terdapat kolam alami. Aliran air dari kolam ini cukup besar karena terdapat air terjun kecil dengan ketinggian sekitar setengah meter. Warna air kolam terlihat kebiruan dan sangat sejuk. Biasanya kolam tersebut digunakan pengunjung untuk berenang, berendam atau bermain air.

Menikmati panorama alam sekitar

Air Terjun Telunjuk Raung dikelilingi kawasan hutan alami dan masih terjaga keindahannya. Suasananya sangat sejuk dengan udara pegunungan yang dingin.

Ada juga gardu pandang di sini. Pengunjung dapat menikmati panorama alam dari ketinggian dengan menaiki pos pengamatan.

mengambil selfie

Selain berfoto selfie di bawah air terjun, Anda juga bisa berswafoto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah di sekitar Anda. Atau berfoto selfie dari ketinggian dengan memanjat dek observasi.

Memasang Air Terjun Telunjuk Raung

Berikut beberapa fasilitas dan fasilitas yang ada di objek wisata air terjun Telunjuk Raung.

  • Kamar mandi
  • Musholla
  • Kantin / Warung
  • Taman kecil

Air Terjun Telunjuk Raung merupakan salah satu objek wisata alam Kabupaten Banyuwangi. Menawarkan keindahan air terjun dari ketinggian sekitar 40 meter. Dikelilingi kawasan alam yang asri, terletak di lereng timur Gunung Raung.

Suasana kawasan wisata ini sangat sejuk dengan kondisi alam yang masih alami terjaga. Air Terjun Telunjuk Raung cocok untuk segala usia. Resor dengan suasana tenang dan alami jauh dari hiruk pikuk kota.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button