Berita Wisata

Informasi Air Terjun Coban Lanang : Rute, Wahana, Harga Tiket

Kota Batu merupakan salah satu tujuan wisata terbesar di Jawa Timur. Berada di dataran tinggi, Kota Batu memiliki pemandangan alam yang indah dan suasana yang sejuk, sehingga tak heran jika banyak terdapat tempat wisata menarik, baik yang alami maupun buatan.

Salah satu tempat wisata alam yang menarik di Kota Batu adalah Wisata Coban Lanang yang menampilkan pesona air terjun dengan debit air yang cukup besar. Nah, jika Anda berencana mengunjungi air terjun ini, yuk coba baca ulasan menarik tentang Wisata Coban Lanang berikut ini.

1. Sekilas tentang Air Terjun Coban Lanang

Informasi Air Terjun Coban Lanang : Rute, Wahana, Harga Tiket & TipsPengunjung berfoto di Air Terjun Coban Lanang. (Instagram.com/amazingmalang)

Nama Air Terjun Coban Lanang diambil dari nama sungai yang melintasi air terjun ini, yaitu Kali Lanang atau Sungai Lanang. Sungai ini merupakan cabang dari Sungai Brantas yang mengalir ke timur.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 hingga 20 meter dengan debit air yang cukup besar. Apalagi airnya yang bersih dan jernih berpadu dengan pemandangan alam yang asri menjadi panorama alam yang keindahannya tak tertandingi.

Wisata Coban Lanang sebenarnya merupakan wisata lama yang berdiri pada tahun 2017. Namun pada awalnya tempat ini belum begitu dikenal hingga dilakukan renovasi di berbagai tempat dan kini Wisata Coban Lanang tampil dengan wajah baru yang menarik.

Baca Juga: 5 Penginapan Bergaya Vintage di Kota Batu, Nostalgia!

2. Lokasi, harga tiket, jam buka

Informasi Air Terjun Coban Lanang : Rute, Wahana, Harga Tiket & TipsKeindahan Air Terjun Coban Lanang bisa dilihat dari bawah. (Instagram.com/explore_batu)

Kantor pusat administrasi Wisata Coban Lanang berada di Pandanrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Tiket masuknya dibandrol dengan harga Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk anak di bawah 4,5 tahun, bisa masuk tanpa tiket alias gratis.

3. Itinerary Wisata Coban Lanang

Informasi Air Terjun Coban Lanang : Rute, Wahana, Harga Tiket & TipsSuasana kafe semi outdoor di Wisata Coban Lanang. (YouTube.com/nizalchanel)

Akses menuju Wisata Coban Lanang cukup mudah karena lokasinya tidak jauh dari Alun-Alun Batu, dan dekat dengan pinggir jalan.

Jika Anda berkendara dari Alun-Alun Kota Batu, Anda hanya perlu berkendara sejauh 4,8 km atau sekitar 10 menit. Untuk menuju tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari Alun-alun Kota Batu, arahkan ke barat menuju Jl. Brantas. Saat Anda sampai di Kwan Im Tong (Guan Yi Dang), belok kanan lalu jalan lurus.
Sampai di pertigaan Wisata Kembang Sidomulyo, belok kanan ke Jl. Raya Dieng lalu lurus terus sejauh 2,7 km.

Tiba di pertigaan setelah gereja Pantekosta, belok kanan sejauh 80 m. Kemudian belok kiri hingga mentok dan belok kanan sejauh 70m dan sampailah di tempat parkir kendaraan Wisata Coban Lanang.

4. Fasilitas dan wahana

Informasi Air Terjun Coban Lanang : Rute, Wahana, Harga Tiket & TipsPengunjung melakukan panjat tebing di Air Terjun Coban Lanang. (Instagram.com/wisatacobanlanang)

Pihak pengelola wisata Coban Lanang telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjung yang datang, seperti tempat parkir yang luas, toilet, mushola, dan gazebo yang bisa Anda gunakan untuk duduk, bersantai, atau bersantap.

Anda juga bisa mencoba spot foto yang instagramable. Sebuah kafe dengan menu yang berbeda juga tersedia di sini. Tak hanya itu, Coban Lanang juga memiliki taman yang dipenuhi pepohonan dan bunga serta tempat duduk ala kafe.

Pengunjung juga bisa bermain air di kolam renang yang disediakan pengelola. Untuk mencapai kawasan air terjun Coban Lanang, Anda harus berjalan kaki selama 5 menit dan melintasi jembatan kayu yang estetik.

5. Tips untuk berkunjung

Informasi Air Terjun Coban Lanang : Rute, Wahana, Harga Tiket & TipsSalah satu spot foto Wisata Coban Lanang. (YouTube.com/nizalchanel)

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Anda selama berkunjung ke Wisata Coban Lanang, ada baiknya Anda mengikuti tips berikut ini!

  • Kenakan pakaian yang sederhana dan nyaman karena Anda harus menaiki beberapa anak tangga untuk sampai ke air terjun.
  • Jika Anda berencana untuk bermain di air, ingatlah untuk membawa baju ganti.
  • Gunakan sepatu yang nyaman, karena jalur pendakian bisa jadi licin.
  • Pastikan Anda tidak datang saat atau setelah hujan karena kawasan Coban Lanang akan licin.
  • Jika Anda memiliki anak kecil, selalu awasi mereka dan jangan tinggalkan mereka sendiri atau ditinggal sendirian.
  • Tidak perlu membawa makanan dari rumah, karena di kawasan Coban Lanang sudah terdapat kafe-kafe yang menawarkan berbagai macam makanan.
  • Berhati-hatilah saat ingin berfoto di dekat Air Terjun Coban Lanang.
  • Selalu jaga kebersihan di tempat wisata air terjun Coban Lanang.

Wisata Coban Lanang merupakan salah satu Coban yang ada di Kota Batu. Tempatnya masih sangat asri dan teduh. Keindahan alamnya juga sangat mempesona, jadi jangan lupa mampir ke tempat ini saat liburan di Batu!

Baca Juga: Info Tentang 5 Agrowisata Petik Apel di Kota Batu, Makan Sepuasnya!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button