Tempat Wisata

Informasi Biaya Masuk Pantai Congot dan Lokasi Rute Saat Ini untuk 2023

Pantai Congot merupakan salah satu pantai di Kulon Progo, ujung ekstrim Yogyakarta yang berbatasan dengan Purworejo di Jawa Tengah.

Kawasan ini dikenal dengan keindahan matahari terbenamnya. Padahal, mengingat jarak tempuh dari kota Yogyakarta sangat jauh. Namun, pesonanya akan selalu dikenang.

Bagi wisatawan yang datang ke sini. Saya sangat setuju jika tempat ini merupakan tempat terindah di Yogyakarta. Juga dari November hingga Januari.

Posisi matahari berada di selatan. Pesona sunsetnya pasti jauh lebih bagus dari bulan-bulan sebelumnya.

Kenali Pantai Congot

Biaya masuk ke Pantai CongotFoto:

Sebagai pembatas wilayah, Pantai Congot memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah kawasan ini merupakan muara Sungai Bogowonto.

Nelayan Kulon Progo juga akan berlabuh di sini. Pemandangan yang tidak dimiliki oleh beberapa pantai di Kulon Progo.

Jadi wisatawan bisa membeli ikan segar di sini. Disarankan untuk membelinya saat nelayan datang. Karena harga yang dikutip masih bisa lebih murah dari yang dibeli wisatawan di pelelangan ikan.

Salah satu pengaruh muara Sungai Bogowonto di pantai ini adalah spesies ikan yang terdapat di sini juga beragam. Mulai dari ikan air asin, air payau hingga air tawar.

Nah, kondisi seperti itu lebih disukai oleh para pemancing. Maka jangan heran jika banyak pemancing yang datang ke kawasan ini dengan senjata yang sangat lengkap.

Jadi Anda bisa menikmati area ini. Dengan memancing ikan, dapatkan lalu makan bersama.

Sungguh pemandangan yang sangat menyenangkan melihat kebersamaan para pemancing yang sering datang di hari minggu. Wisatawan yang ingin ikut juga bisa membawa pancing dan umpan.

Baca Juga : Pantai Angsana

Panorama yang tak terlupakan

Rute menuju Pantai CongotFoto:

Mari kita lupakan para pemancing di atas. Saatnya kita explore keindahan Pantai Congot di Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan ini secara berkelompok dan tidak lupa membawa kamera.

Karena setiap momen yang ada disini pasti diabadikan dalam memori yang tak terlupakan.

Ombak biru dan pasir putih menjadi sajian utama yang akan dinikmati wisatawan. Dipasangkan dengan beberapa karang yang menakjubkan.

Selain itu, pantainya cukup luas sehingga wisatawan bisa melakukan segalanya di sini. Hanya saja, waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada pagi atau sore hari.

Saat matahari tidak terlalu terik. Di sini wisatawan bisa bermain sepuasnya. Anda bisa bermain sepak bola atau voli pantai, bermain di pasir, atau bermain di air dengan menahan ombak.

Apa pun mungkin terjadi di area ini. Hanya saja jika sudah pernah ke sini sebelumnya akan terasa kurang jika tidak mengunjungi daerah yang saat ini terdampak.

Kawasan ini menjadi ikon baru bagi Pantai Congot. Karena dari beberapa pantai di Yogyakarta, hutan bakau yang sejuk hanya ada di kawasan ini. Tempatnya teduh dan memiliki banyak tempat bagus. Wisatawan yang suka berfoto tidak boleh melewatkan kawasan hutan mangrove.

Hutan Mangrove Pantai Congot

Hutan Mangrove Pantai CongotFoto:

Bisa dibilang, di sinilah letak keindahan Pantai Congot. Hutan yang memiliki manfaat alam dan wisata.

Pada awal pembentukannya, hutan ini hanya berfungsi untuk melindungi pantai dari abrasi yang cukup kuat untuk menyerang. Namun, dengan waktu. Banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini dan merasa nyaman dengannya.

Bisa dibilang hutan ini cukup unik. Karena saat wisatawan datang, tidak ada pohon bakau yang berdiri. Pinuslah yang menciptakan rasa esoterik dengan sendirinya.

Namun, setelah wisatawan mencoba masuk lebih dalam, mereka akan melihat hamparan hutan bakau yang sangat indah.

Hutan mangrove di Pantai Congot ini memiliki beberapa fasilitas menarik. Fasilitas tersebut memastikan wisatawan betah berlama-lama di sini.

Selain itu, angin sepoi-sepoi yang tiada henti memastikan kesegaran alami. Selain itu, saat terik matahari bersinar, angin sepoi-sepoi ini dapat dimanfaatkan sebagai air di padang pasir.

Baca juga: Pantai Amed Karangasem

Spot di Pantai Congot

Tempatkan di pantai CongotFoto:

Seperti yang telah kita bahas di atas, hutan mangrove ini memiliki area genetik spot. Salah satunya adalah Jembatan API Api yang menjadi tujuan utama wisatawan saat datang ke sini. Namanya yang unik membuat sebagian besar wisatawan penasaran seperti apa sebenarnya jembatan api-api ini.

Jembatan ini sebenarnya adalah jembatan biasa. Tidak istimewa, terbuat dari kayu, tidak terbuat dari api atau dapat mengeluarkan api.

Nama Api-Apai kembali ke spesies mangrove Api-Api. Karenanya jembatan ini disebut API-API. Jembatan ini berdiri di atas Sungai Bogowonto. Jadi selama wisatawan berada di sini, mereka bisa melihat sungai ini mengalir ke arah pantai.

Nah, di kawasan ini wisatawan juga bisa melihat tempat ini dan menjadikannya sebagai background yang menarik. Ada menara Eiffel dari bambu.

Bentuknya hampir menyerupai Menara Eiffel. Kawasan ini menjadi spot populer dan ikon baru hutan bakau. Jadi jangan sampai terlambat.

Juga, di Jembatan Api-api, ada tempat bagus lainnya untuk naik perahu yang disediakan. Kapal ini dirancang khusus untuk wisatawan yang ingin menjelajahi kawasan hutan bakau.

Sangat menarik untuk menjelajahi setiap sudut mangrove. Selain itu, angin yang berhembus membawa kesegaran tersendiri.

alamat dan lokasi rute

Alamat Pantai CongotFoto:

Alamat pantai ini adalah Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute pertama yang harus ditempuh wisatawan dari Yogyakarta adalah Jalan Wates. Kemudian kemudikan kendaraan hingga mencapai patung Nyi Ageng Serang.

Dari sini, arahkan kendaraan menuju Purworejo dan lewati stasiun KA Wates. Kemudian temukan jalur yang berbentuk seperti huruf Y.

Ambil jalan ke kiri hingga menemukan Jembatan Pantai Congot. Setelah itu, ikuti beberapa rambu yang mengarahkan wisatawan ke Pantai Congot.

Baca juga: Pantai Alam Indah

Biaya masuk

Biaya masuk ke Pantai CongotFoto:

Tiket masuk Pantai Congot seharga 3.000 rupiah. Terkait dengan biaya parkir sebesar 5.000 rupiah untuk mobil dan 3.000 rupiah untuk sepeda motor.

Jika wisatawan ingin masuk ke hutan mangrove akan dikenakan biaya lagi. 3.000 rupiah untuk hutan bakau. Dan 4.000 rupiah masuk ke jembatan api

Jika wisatawan ingin naik kapal dan berkeliling dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah. Bagi wisatawan yang ingin menginap di kawasan ini, jangan takut.

Congot Beach Inn sangat ramah. Menawarkan berbagai pilihan untuk dipilih. Ada host family dan juga hotel dengan harga mulai 200.000 rupiah.

Bagaimana kalau menjelajahi Pantai Congot? Semua yang tertulis di atas akan jauh berbanding terbalik dengan apa yang Anda lihat.

Artinya semuanya menjadi lebih indah, lebih seru dan lebih menarik. Penasaran kan? Ayo ke Pantai Congot, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dijamin puas saat Anda berkunjung ke sini.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button