Berita Wisata

Informasi HTM, Fasilitas, Lokasi

Gunung Putri Lembang merupakan sebuah wisata alam yang menjadi objek wisata dengan pemandangan lautan awan yang menawan. Gugusan puncak gunung yang terlihat di kejauhan dengan siraman sinar matahari saat senja dan fajar begitu memanjakan mata. Tidak hanya di siang hari, tempat ini juga tetap menyuguhkan keindahannya di malam hari dengan pemandangan lampu kota. Perpaduan dengan udara Bandung yang sejuk menciptakan kehangatan romantis alam yang menentramkan.

Gunung yang berdekatan dengan Gunung Tangkuban Parahu ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba mendaki. Bagi pemula, mendaki gunung tentu akan terasa berat, apalagi dengan medan yang terkadang sulit. Namun gunung ini berbeda karena ketinggiannya yang hanya mencapai 1.580 meter di atas permukaan laut dan jalurnya mudah dilalui pengunjung.

Baca Juga: Pasar Terapung Lembang, Tempat Wisata Terlengkap

Ingin menyembuhkan diri sendiri di ketinggian tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mendaki? Gunung Putri Lembang mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Cek dulu informasinya sebagai referensi sebelum ke sana, ya!

Tempat Wisata Gunung Putri Lembang

Berlibur adalah sesuatu yang akan dilakukan banyak orang karena liburan semester akan segera tiba. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, suasana alam yang sejuk dengan pemandangan yang indah sepertinya menjadi tujuan. Salah satu tempat yang memamerkan keindahan alam tersebut adalah Gunung Putri Lembang yang terletak di Bandung Barat. Tempat ini bahkan menjadi tempat perkemahan favorit para wisatawan.

Apalagi gunung ini juga merupakan salah satu tempat sunrise dan sunset terbaik di Bandung. Saat pagi tiba, lautan awan dan kabut akan menggantung, dihiasi puncak gunung yang mengelilinginya di kejauhan. Suasana sejuk akan sungguh berganti saat sinar mentari menyapa setiap jengkal alam. Pun saat senja, wisatawan tentunya tidak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan potret mereka dengan lensa kamera.

Selain pemandangan pegunungan dan lautan awan, Gunung Putri Lembang juga memiliki tempat wisata lain yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah hutan pinus yang eksotis dengan pohon-pohon tinggi yang melilit. Tempat ini juga menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto. Bersantai dan menikmati hembusan angin di bawah naungan pohon pinus dengan hammock akan menjadi pengalaman penyembuhan yang luar biasa.

Pesona di malam hari tak kalah indahnya dengan siang hari. Berkemahlah di sana dan saksikan bentangan kota dan kelap-kelip lampu perumahan. Lampu berwarna, yang lebih kita kenal sebagai lampu kota, menambah kesan tenteram pada alam. Namun, pastikan untuk datang pada hari yang cerah agar pemandangan lampu kota tidak tertutup kabut.

Pendakian yang cukup mudah

Bagi sebagian orang, mendaki merupakan hal yang sulit dan tidak semua orang bisa mencapai puncak. Namun berbeda dengan Gunung Putri Lembang yang menawarkan pengalaman mendaki gunung tanpa harus khawatir. Memang, jalur pendakian yang tersedia diaspal dengan bebatuan. Meski menanjak, jalurnya tetap aman karena terlihat seperti tangga.

Inilah kenapa objek wisata ini cocok untuk para pemula yang ingin mencoba mendaki gunung secara langsung. Perjalanan menuju lokasi dari tempat parkir tidak lama, hanya sekitar 10-30 menit perjalanan. Usahakan untuk tidak mendaki pada siang hari karena matahari akan sangat terik. Bepergianlah pada pagi atau sore hari pada hari yang cerah, agar pemandangan yang Anda dapatkan tidak terhalang oleh kabut.

Berkemah

Gunung Putri Lembang menyediakan area untuk mendirikan tenda yaitu berkemah. Rasakan sensasi bermalam di puncak gunung dan di tengah rimbunnya hutan pinus. Anda bisa menyewa tenda di sana, namun wisatawan harus membawa peralatan masak dan lampu sendiri.

HTM Gunung Putri Lembang

Harga tiket hiking untuk masuk ke objek wisata ini hanya Rp 10.000 per orang. Lalu, untuk tiket kemping dikenakan Rp 22.000 per orang. Bagi Anda yang membawa kendaraan, akan dikenakan biaya parkir tambahan. Yakni Rp 6.000 untuk sepeda motor touring dan Rp 10.000 untuk sepeda motor camping.

Bagi Anda yang membawa mobil dan kemping, tambahan biaya parkir Rp 10.000 untuk hiking saja. Selama ini, kendaraan yang menginap disana harus membayar Rp 20.00. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola tour. Hubungi nomor 082117598382 untuk informasi lebih lanjut dan informasi terbaru ya!

Fasilitas dan jam buka

Beberapa fasilitas Gunung Putri Lembang belum tersedia. Namun fasilitas seperti mushola, toilet, penangkal petir dan warung makan sudah tersedia. Selebihnya adalah wisatawan yang harus membawa keperluan sendiri dari rumah. Jam buka adalah 24 jam sehari.

Lokasi Gunung Putri Lembang

Tempat wisata ini berada di Jl.Princess Mountain No. 184, Desa Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Akses jalan menuju lokasi menanjak dan berkelok-kelok, jadi selalu berhati-hati saat bepergian.

Berikut beberapa informasi tentang Gunung Putri Lembang yang erat hubungannya dengan Gunung Tangkuban Parahu. Konon gunung ini merupakan tempat pelarian Dayang Sumbi dan menjadi tempat Sangkuriang menendang perahunya. Betapapun benarnya legenda tersebut, tidak mengubah fakta bahwa tempat ini memiliki sejuta pesona. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan, ya! (Ris/Djavatoday)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button