Berita Wisata

Informasi lokasi, harga, dan tip

Gunungkidul menawarkan berbagai destinasi wisata alam menawan yang layak untuk dikunjungi. Kawasan Gunungkidul memiliki banyak surga tersembunyi berupa deretan bukit yang menjulang tinggi, gunung, taman, gua dan pantai yang indah.

Ada pantai yang indah dan tersembunyi, yaitu pantai Peyuyon. Pantai ini masih tenang dan kekinian melihat indah dan eksotis yang cocok untuk resort. Berikut informasi mengenai pantai Peyuyon yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menghabiskan liburanmu di sini, yuk simak!

1. Lokasi Pantai Peyuyon, Jam Buka dan Harga Tiket

Pantai Peyuyon Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Peyuyon (Instagram.com/gunungkidul.scenery)

Lokasi: Desa Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Jam operasional: buka 24 jam

Harga tiket: Rp5 ribu

  • Parkir motor: Rp 2.000
  • Parkir: Rp 5.000

2. Rute Menuju Lokasi

Dari kota Yogyakarta, Anda bisa menuju ke Jalan Wonosari (Jalan lingkar Ketandan) – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading (lapangan terbang) – Pertigaan Gading belok kanan menuju Playen – Pasar Playen – menuju Paliyan – Pasar Paliyan selatan – sampai Puslatpur TNI lurus terus ke selatan – Saptosari – Pasar Trowono – ikuti petunjuk ke Pantai Ngrenehan – sebelum sampai di Ngrenehan bisa ambil arah menuju Pantai Widodaren – ikuti terus petunjuk arah menuju Pantai Peyuyon.

Dari pantai Ngrenehan Anda akan melewati jalan akses dengan medan berbentuk batu kapur yang cukup terjal dengan deretan hutan jati di kanan kiri jalan. Setelah sampai di tempat parkir mobil Pantai Peyuyon, Anda masih harus berjalan kaki sekitar 500m untuk sampai ke Pantai Peyuyon.

Sesampainya di pantai Peyuyon, Anda harus menuruni tebing setinggi sekitar 4 m melalui tangga kayu sederhana. Setelah itu Anda akan langsung berada di bibir pantai Peyuyon.

Baca Juga: Pantai Torohudan Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga Tiket & Tips

3. Fasilitas yang tersedia untuk wisatawan

Pantai Peyuyon Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Peyuyon (Instagram.com/visitdiy)

Meskipun itu adalah tujuan wisata permata tersembunyi, Pantai Peyuyon telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk digunakan pengunjung selama menginap, antara lain:

  • Tempat parkir untuk kendaraan
  • Toilet
  • Tempat peristirahatan
  • warung makan
  • daerah memancing
  • Daerah berkemah

Namun, joran atau lokasi persewaan lainnya belum tersedia. Jadi jika ingin memancing, usahakan siapkan peralatannya terlebih dahulu dari rumah, ya!

4. Pesona Keindahan Pantai Peyuyon

Pantai Peyuyon Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Peyuyon (Instagram.com/kotawonosari)

Pantai Peyuyon merupakan destinasi wisata tersembunyi yang terletak dekat dengan pantai Widodaren. Tepatnya di sebelah timur pantai Widodaren atau antara pantai Widodaren dan pantai Mboyo. Pantai Peyuyon memiliki keindahan alam yang sangat menawan.

Pesona Pantai Peyuyon tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di deretan Gunungkidul yang dulu populer. Apalagi pantai ini juga diapit oleh pegunungan khas Gunungkidul yang membuat pantai ini tersembunyi dan indah. permata tersembunyi apa yang menarik. Setiap pantai dihiasi dengan rimbunnya pandan dan pepohonan yang membuat kawasan Pantai Peyuyon semakin asri dan segar meski di siang hari.

Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki dua tebing yang menjulang tinggi di kedua sisi pantainya yang tak kalah eksotis. Lokasi ini sering digunakan sebagai tempat foto-foto menarik oleh wisatawan. Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di pantai ini adalah adanya gua kolam di tebing sebelah barat pantai. Tempat ini biasanya juga digunakan sebagai area camping oleh wisatawan saat berkunjung ke pantai Peyuyon lho!

5. Tips liburan yang menyenangkan

Pantai Peyuyon Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Peyuyon (Instagram.com/ridwannur234)

Buat kamu yang ingin ke Pantai Peyuyon, berikut ini beberapa tips agar aktivitas liburanmu semakin seru dan menyenangkan!

  • Datanglah saat cuaca bagus di pagi atau sore hari. Hindari datang dalam cuaca mendung atau hujan karena akses jalan akan cukup sulit.
  • Terus menggunakan krim surya luar untuk menghindari panas terik matahari.
  • Siapkan baju ganti jika ingin bermain air dan pasir di pantai.
  • Jangan lupa untuk mengabadikan momen seru di Pantai Peyuyon.
  • Agar aktivitas liburanmu semakin berkesan, ajak teman dan keluarga terdekatmu!

Menghabiskan waktu berlibur di tempat yang menyenangkan pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Semoga informasi Pantai Peyuyon diatas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin berlibur.

Baca juga: Potrobayan River Camp, Sensasi Camping di Tepi Sungai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button