Berita Wisata

Informasi tiga tempat wisata di Temanggung yang indah dan mudah dijangkau

Tempat Wisata Mbeteng Sata (Foto temanggungkab.go.id)

SIGIJATENG.ID – Sebagai daerah yang berhawa segar, Temanggug tentunya juga memiliki banyak tempat wisata yang indah.

Bahkan ada tempat wisata di Temanggung yang menawarkan keindahan matahari terbit yang sangat eksotik.

Apalagi lokasi Temanggung tidak jauh dari kota Semarang dan Jogja, sehingga tidak akan sulit untuk datang ke Temanggung.

Yak! Jangan lewatkan keindahan alam ciptaan Allah Ta’ala di Temanggung. Banyak sekali tempat wisata yang indah di Temanggung, kali ini kami hanya akan memperkenalkan tiga tempat wisata di Temanggung.

  1. Mbeteng Sata

Mbeteng Sata merupakan destinasi wisata baru di Temanggung. Keberadaan Mbeteng Sata pergi

mampu melengkapi destinasi wisata sunrise di daerah Temanggung. Tak hanya dikenal sebagai tempat wisata sejarah, tempat ini pernah menjadi tempat pengungsian pada masa perang pemberantasan DI/TII puluhan tahun silam.

Mbenteng Sata juga memiliki sunrise yang sangat memukau. Dibangun di atas lahan seluas 35×30 meter persegi, wisatawan yang datang akan disuguhkan atraksi pemandangan keindahan alam 9 puncak gunung satu titik. Antara lain Gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, Merbabu, Andong, Prau, Ungaran, Muria dan Telomoyo.

Semuanya bisa dilihat dari satu titik, yakni Gedung Mbeteng Sata saat cuaca cerah. Belum lagi keindahan matahari terbit atau sunrise yang menyala jingga di hamparan langit di pagi hari. Tak puas sampai di situ, wisatawan malam hari juga menyaksikan kelap-kelip lampu termasuk pantai laut Weleri, Kabupaten Kendal dengan lampu kapal-kapal yang melintas sedang bersandar padanya. Yang paling menarik adalah panorama alam mulai dari matahari terbit di pagi hari, puncak gunung di hari yang cerah, kelap-kelip lampu kota Temanggung dan pelabuhan hingga lampu kapal di Weleri Kendal.

Dengan demikian, wisatawan bisa melihat gunung dan laut dari Mbeteng Sata. Alamat: Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Temanggung bisa bersaing dengan mereka.

  1. Posong Kledung

Obyek wisata Posong berada di kaki Gunung Sindoro. Tempat ini memiliki keindahan matahari terbit yang sangat eksotis. Jika cuaca sedang beruntung, pengunjung dapat menikmati keindahan Golden Sunrise yang menakjubkan.

Tak hanya itu, ada keistimewaan lain yakni pengunjung bisa melihat matahari terbit dengan latar belakang puncak 7 gunung, yakni Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Telomoyo, Ungaran, Muria, dan Merapi. Saat cuaca cerah, seringkali menjadi acuan bagi para pecinta fotografi untuk mengabadikan momen tersebut. Jangan biarkan momen ini berlalu. Harga tiket masuk: Rp 20.000 – Rp 30.000. Alamat: Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Temanggung, Jawa Tengah.

  1. Waduk Kledung

Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis, Embung Kledung juga menawarkan keindahan matahari terbit di atas air waduk yang memancarkan cahaya yang sangat memukau. Jika cuaca cerah dan mendukung, keindahan Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo dan Gunung Ungaran bisa dinikmati dari tempat ini. Tentu saja bagi pecinta fotografi, spot-spot yang ditawarkan tidak boleh dilewatkan. Jarak tempuh dari pusat Kabupaten Temanggung sekitar 21 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Embung Kledung buka 24 jam sehari. Namun, ada dua jenis jam buka yaitu untuk wisata reguler (tidak termasuk berkemah) dan untuk berkemah. Untuk wisata di Embung Kledung tanpa berkemah, jam bukanya adalah 05:30 WIB sampai 18:00 WIB. Harga tiket masuk untuk non camper juga berbeda dan lebih murah yaitu hanya Rp 7.000 per orang. Bagi yang ingin berkemah, tersedia tempat yang cukup aman dan nyaman.

Alamat Embung Kledung ada di Jalan Raya Parakan — Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. (asz)

Baca lebih banyak berita

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button