Tempat Wisata

Informasi Wisata Candi Roro Jonggrang, HTM dan Rute/Lokasi

Setiap bangunan peninggalan masa lalu selalu memiliki cerita tersembunyi, seperti halnya Candi Roro Jonggrang. Nama yang terkenal dengan sejarahnya yang melegenda bersama Bandung Bondowoso ini kerap melekat di benak masyarakat.

Namun, apa hubungan antara candi tersebut dengan candi Prambanan? Apakah mereka sama Simak cerpen dan destinasi wisata berikut ini.

Kisah Roro Jonggrang

Pernah dengar cerita Roro Jonggrang Bandung meminta Bondowoso membangun seribu candi? Ya. Akhir dari legenda tidak memiliki akhir yang bahagia. Karena Bandung Bondowoso tidak bisa membangun seribu candi dalam semalam.

Namun setidaknya usaha Roro Jonggrang menggagalkan pembangunan candi Bandung Bondowoso berhasil. Meskipun hal ini menyebabkan kemarahan besar Bandung Bondowoso dan dia mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung.

Arca tersebut kemudian ditempatkan di salah satu ruangan candi terbesar untuk melengkapi candi yang dibangun oleh Bandung Bondowoso. Oleh karena itulah candi tersebut dinamakan Candi Roro Jonggrang hingga saat ini.

Jam buka dan biaya masuk kuil

Candi Roro Jongggrang terletak di kompleks yang sama dengan Candi Prambanan dan juga dianggap sebagai objek wisata. Destinasi wisata ini bisa Anda kunjungi setiap hari. Mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Harga tiketnya juga cukup terjangkau. Untuk anak-anak, harga untuk WNI Rp 12.500 sedangkan untuk anak WNA USD 9. Sedangkan untuk tiket dewasa, Anda hanya perlu membayar Rp 30.000 untuk WNI dan 18 USD untuk WNA.

Obyek wisata Candi Roro Jonggrang

Mengunjungi salah satu situs warisan budaya seperti Candi Prambanan atau Candi Roro Jongggrang adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Karena jika Anda mampir ke sana, Anda bisa melihat candi dari jarak yang cukup dekat.

Lihat setiap detail bangunannya, bayangkan legenda yang pernah terjadi, dan nikmati juga pesona keindahan candi yang menyatu dengan suasana alam Yogyakarta yang menenangkan.

Jadi apa yang bisa Anda nikmati di sana? Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan.

1. Wisata kompleks candi

Hal terpenting yang harus dilakukan saat berkunjung ke sini adalah melihat keseluruhan kompleks. Lihat lebih dekat jejak sejarah nusantara yang pernah ada.

Situs kompleks candi dengan luas 39,8 hektar ini tidak hanya ditempati oleh bangunan candi saja. Ada juga banyak tanaman dan pepohonan rindang di sekelilingnya.

Dengan berjalan-jalan dan sesekali mengamati, Anda akan terkagum-kagum dengan keindahan pahatan bangunan candi yang ada. Angin sepoi-sepoi yang berhembus tidak akan membuat Anda kepanasan atau gerah. Karena di sini pun pepohonan memiliki daun yang lebat.

2. Mempelajari sastra dan kesenian Hindu melalui bangunan relief

Setiap lekukan pahatan pada bangunan candi bukan sekedar hiasan yang dapat memperkaya bangunan. Namun di luar itu, patung-patung tersebut memuat cerita di balik pembangunan sebuah bangunan.

Begitu juga dengan Candi Roro Jongggrang atau Candi Prambanan. Semua pahatan menceritakan dari proses pembangunan hingga cerita dari kerajaan-kerajaan yang pernah ada.

Tentu saja, jika Anda mengunjungi sebuah kuil, Anda juga dapat mempelajari sastra dan seni Hindu. Kegiatan tersebut dapat Anda amati mulai dari bentuk bangunan candi, struktur penyusun bangunan, pahatan, hingga jumlah bangunan yang ada di sana.

3. Berburu foto

Tidak jarang banyak fotografer datang ke sini untuk memotret bangunan candi dan suasana di sekitar Prambanan. Beberapa orang bahkan sering menggunakan area ini sebagai tempat pre-wedding. Anda bisa memulai hunting foto di pagi, sore atau bahkan malam hari.

4. Lihat pertunjukan balet

Jika beruntung Anda juga bisa melihat pertunjukan balet yang biasa diadakan di kawasan ini. Seperti Sendratari Ramayana. Pertunjukan yang menggabungkan tarian dan drama tanpa dialog.

Anda akan disuguhkan kisah Ramayana yang ditampilkan sangat dekat dengan Candi Prambanan. Memungkinkan pengunjung untuk merasakan secara langsung suasana hari dimana legenda itu terjadi.

5. Perburuan suvenir

Setiap tempat wisata selalu membawa cerita tersendiri bagi pengunjungnya. Biasanya seseorang bisa menikmati kembali ceritanya dengan melihat foto atau barang yang berhubungan dengan tempat yang dikunjungi.

Nah, sebelum pulang, luangkan waktu sejenak untuk berbelanja oleh-oleh. Ada banyak barang kerajinan hasil karya pengrajin Jogja yang bisa memenangkan hati Anda. Mulai dari gantungan kunci, tas, topi, table top display dan masih banyak lagi.

Fasilitas Candi Roro Jonggrang

Tentunya karena kawasan wisata ini berada di tempat yang sama dengan Candi Prambanan, maka sangat terawat dan memiliki beberapa fasilitas untuk memberikan kemudahan bagi para pengunjung.

1. Tempat parkir

Destinasi wisata ini memiliki tempat parkir yang luas. Memungkinkan puluhan kendaraan untuk memarkir kendaraan mereka dengan aman. Tempat parkir juga dilengkapi dengan juru parkir yang dapat menemani dan menjaga kendaraan Anda selama berwisata.

Oleh karena itu, Anda dapat berkeliling dengan nyaman tanpa khawatir akan kendaraan masing-masing.

2. Toilet

Tak ketinggalan: tersedia juga toilet yang cukup dan bersih, sehingga Anda tidak perlu lagi mencari toilet di luar kawasan wisata.

3. Masjid

Pengunjung muslim juga bisa sholat lima waktu dalam sehari di mushola yang disediakan. Dengan ruangan yang cukup luas serta tersedianya mukenah dan sajadah, Anda bisa sholat dengan tenang dan nyaman.

4. Pemandu wisata

Wisatawan mancanegara maupun lokal juga dapat menghubungi tour guide di tempat wisata Candi Prambanan. Nantinya, pemandu bisa menjelaskan sejarah dan keistimewaan bangunan candi.

Biasanya, fasilitas ini paling banyak digunakan saat mengunjungi siswa dari beberapa sekolah di Indonesia. Tujuannya agar para siswa tidak hanya pergi berlibur, tetapi juga untuk mendapatkan pengetahuan tentang tempat-tempat yang telah mereka kunjungi.

5. Kereta golf

Kereta golf yang disediakan juga bisa disewa untuk keluarga dengan anak kecil atau orang tua. Fasilitas ini tentunya akan memudahkan Anda untuk berkeliling candi.

Situs Candi Roro Jonggrang

Arca Roro Jonggrang saat ini diketahui berada di kompleks tempat dibangunnya Candi Prambanan. Berlokasi di Jalan Raya Solo-Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, destinasi wisata Candi Prambanan sangat mudah ditemukan.

Untuk menuju ke sana Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus Trans Jogja 1A dari Jalan Malioboro, Yogyakarta menuju Candi Prambanan.

Jaraknya tidak begitu jauh. Hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke tujuan wisata Candi Prambanan.

Menutup

Bagaimana? Destinasi wisata Candi Roro Jonggrang sangat menarik bukan? Tidak hanya di sekitar candi, di Yogyakarta Anda juga bisa berwisata kuliner hingga berbelanja. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah merencanakan liburan Anda bersama keluarga di Yogyakarta sekarang!

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button