Berita Wisata

Ingin bepergian sambil tumbuh? Cobalah Desa Pentingsari, Jogja

Komunitas detikTravel

Jika ke sini, traveler bisa berlibur sambil mencoba bercocok tanam. Ini disebut desa wisata Pentingsari.

Desa wisata Pentingsari terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Desa Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata dengan konsep agrowisata ini menawarkan beberapa paket.

Salah satu wisata yang paling banyak diminati oleh pengunjung, terutama wisatawan mancanegara dan pelajar, adalah atraksi membajak sawah atau atraksi menanam padi. Paket pertanian ini dilakukan di sawah milik warga setempat yang siap dibajak.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Di sana sudah disiapkan sapi dan bajak yang bisa digunakan wisatawan untuk berlatih membajak sawah. Jika ingin mengikuti wisata menanam padi, bibit padi dan bahan-bahannya juga sudah disiapkan di sana.

Dengan demikian untuk kegiatan pertanian antara membajak sawah atau menanam padi tergantung permintaan langsung dari wisatawan. Saat melakukan kegiatan wisata tersebut, Anda akan didampingi langsung oleh pengelola yang merupakan warganya sendiri.

Jika ada tamu, aset Desa Wisata Importir akan diberdayakan. Misalnya, jika ada masa inap 5 hari dan mereka memiliki paket pertanian. Kemudian, mereka akan diajak pergi ke ladang dan meminjam ladang milik warga.

Dengan berbagai macam tempat wisata yang menarik, dari tahun ke tahun jumlah wisatawan yang berkunjung ke desa wisata Pentingsari terus meningkat.

Desa wisata Pentingsari juga menawarkan beberapa paket wisata alam lainnya yang tentunya tidak kalah seru antara lain memancing di sungai, hiking atau menyeberang sungai, sepak bola di lumpur, kunjungan ke gunung merapi, dll.

Ada juga paket atraksi seni budaya antara lain penyambutan atau punokawan atau cokekan, belajar gamelan, belajar tari tradisional, belajar membatik, kreasi kelapa, kreasi wayang suket, atraksi ronda malam, dll.

Desa wisata Pentingsari juga menawarkan paket makanan ringan dan sembako, atau jika ingin nongkrong sambil menikmati kopi, ada juga kafe Pentingsari Warung Simbok.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button