Berita Wisata

Ingin Tahun Baru di Prigen? Waspadai sejumlah objek wisata yang rawan bencana

Pasuruan

Prigen, Kabupaten Pasuruan memiliki destinasi wisata yang beragam. Kawasan ini juga dijadikan sebagai tempat menghabiskan malam pergantian tahun, udara pegunungan yang sejuk serta kelap kelip lampu rumah penduduk di malam hari menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Prigen.

Saat liburan tahun baru, Prigen harus dipadati turis dari dalam dan luar kota. Kendati demikian, wisatawan dan operator tur diimbau untuk tetap waspada terhadap bencana alam selama berlibur. Prigen yang berada di lereng Gunung Arjuno memiliki potensi bencana alam saat kondisi cuaca ekstrim.

“Potensi bencana di kawasan Prigen dan sekitarnya antara lain tanah longsor, banjir bandang, dan angin puting beliung. Kami mengimbau wisatawan untuk menghindari titik panas ketika ada peringatan dini dari BMKG tentang cuaca buruk melalui media sosial dan grup WA BPBD,” kata juru masak. dari Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Ridwan Haris, Kamis (29/12/2022).

Ridwan mengatakan, titik rawan yang dimaksud adalah air terjun dan tebing yang diindikasikan memicu banjir bandang dan tanah longsor.

“Kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi potensi bencana saat kondisi cuaca ekstrem, kami meminta pengelola pariwisata menyiapkan sumber daya untuk mengantisipasi cuaca buruk dan peningkatan jumlah pengunjung, karena siapa yang tahu persis kondisi pariwisata bertanggung jawab, ” jelasnya. .

Antisipasi juga telah disiapkan pada jalur rekayasa lalu lintas alternatif ketika arus kendaraan menumpuk.

“Kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memperhatikan aspek keselamatan. Saat hujan deras harus mewaspadai jalur rawan longsor,” jelas Haris.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD akan siaga 24 jam sehari.

“Kami juga berkoordinasi dengan tim relawan,” kata Haris.

Tempat Wisata di Prigen Pasuruan yang Diperkirakan Ramai Saat Libur Tahun Baru 2023 :

1. Mengunjungi air terjun

Dua wisata air terjun di Prigen, Air Terjun Kakek Bodo dan Air Terjun Putuk Truno menjanjikan pemandangan yang indah dan menyenangkan. Namun, wisatawan harus selalu mewaspadai potensi banjir bandang dan tanah longsor yang memicu terjadinya longsor.

Pengelola disarankan menyiapkan tim khusus baik untuk melakukan panggilan ke wisatawan,update perkembangan meteorologi dan untuk reaksi cepat untuk mengantisipasi bencana.

2. Wisata Taman Bermain

Wisata Pintu Langit dan Cimory Dairy Land diperkirakan akan ramai saat musim liburan. Tempat ini memiliki berbagai macam wahana, spot selfie, ke kuliner.

Kedua daerah rawan angin kencang dan tornado. Pengelola juga disarankan untuk menyiapkan tim khusus baik untuk melakukan panggilan ke wisatawan,update evolusi meteorologi dan reaksi untuk mengantisipasi bencana.

Ikuti berita menarik lainnya di berita Google.

Simak Video “Soal Cuaca Ekstrem Jokowi: Ikuti Semua Kata BMKG”
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button