Tempat Wisata

Ini Daftar 10 Tempat Wisata Di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Indonesia merupakan negara yang alamnya menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Indonesia telah lama dikenal dengan banyak lokasi dan destinasi wisata eksotis yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Salah satu kota yang belum dilirik sebagai tujuan wisata adalah Purwakarta. Padahal, keindahan dan daya tarik alam Purwakarta tidak ada duanya di kota-kota lain. Penasaran? Simak saja berbagai tempat wisata menarik Purwakarta berikut ini. Kunjungi tempat wisata di Purwakarta berikut ini saat berlibur:

10 Daftar Tempat Wisata Purwakarta

Gunung Bungkuk

Tempat Wisata Gunung Bongkok PurwakartaGunung Bungkuk

Gunung ini merupakan gunung berbatu dengan pemandangan yang begitu memikat. Dibutuhkan perjalanan yang cukup sulit untuk mencapainya, namun suasana alam yang akan Anda temukan di sana sungguh tiada tara.

Pertama naik angkutan kota ke Pasar Plered kemudian dilanjutkan ke Cikandang dengan angkutan desa. Dari sini, Anda perlu berjalan kaki selama 15 hingga 30 menit ke lokasi. Memang perjalanannya tidak semudah itu, tapi coba saja jelajahi objek wisata di Purwakarta ini dan Anda tidak akan menyesal.

Gunung ini tidak terlalu tinggi, dengan ketinggian hanya 975 meter di atas permukaan laut. Namun jalur yang akan Anda tempuh cukup sulit dan curam. Tapi jangan khawatir, ada banyak tali pengaman yang akan membantu Anda di sepanjang jalan.

Dari puncak Gunung Bungkuk, Anda dapat melihat beberapa situs seperti Waduk Jatiluhur dan Puncak Batu Datar dari ketinggian. Anda dapat mulai mendaki Gunung Bungkuk pada hari Sabtu sore (berkemah semalaman) dan kemudian melanjutkan pendakian pada hari Minggu pagi.

Baca Juga: Wisata Small World Purwokerto, Gambar, Harga Tiket dan Lokasi

Gunung Parang

Gunung ParangGunung Parang

Ini adalah tempat wisata di Purwakarta yang mulai populer karena dikenal dengan aktivitas panjat tebingnya yang menantang. Menurut para peminat pendakian, tempat ini merupakan tempat pendakian terbesar kedua di Asia. Ketinggiannya mencapai 963 meter di atas permukaan laut dan terjepit di antara dua bendungan, yakni Cirata dan Jatiluhur.

Selain aktivitas pendakian, di sini Anda juga bisa mencoba aktivitas menantang lainnya seperti via ferrata (mendaki gunung dengan tangga besi) dan Tiroler Traverse (menyeberang dari satu tempat ke tempat lain dengan pemandangan yang ekstrim).

Bahkan, Anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit untuk merasakan dua pengalaman tersebut, yakni Rp 100.000 untuk via ferrata dan Rp 575.000 untuk jalur Tyrolean. Namun Anda tidak perlu ragu karena pengalaman yang akan Anda dapatkan sangat sebanding.

gunung sapi

gunung sapigunung sapi

Nama Gunung Lembu berasal dari bentuknya yang menyerupai lembu. Ini menjadi lebih jelas ketika Anda melihat papan informasi di pos keberangkatan, karena garis petanya juga menyerupai lembu.

Bahkan, Gunung Lembu terlihat seperti medan cahaya dari kejauhan karena berada 792 meter di atas permukaan laut. Namun jangan salah, tantangan di sini datang dari tanjakan yang mencapai 50 derajat. Karena itu, baik pendaki amatir maupun profesional merasa lelah saat mendaki gunung ini.

Tidak seperti gunung lain yang biasanya menawarkan pemandangan indah di puncak, Gunung Lembu memiliki pemandangan paling indah 50 meter sebelum mencapai puncak. Ciri khas tempat ini yang bisa Anda lihat di sini adalah batu berbentuk lembu. Nikmati pemandangan kota Purwakarta dari atas sini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Singapura

Pemandian Air Panas Ciracas

Pemandian Air Panas CiracasPemandian Air Panas Ciracas

Selama ini mungkin Anda hanya mengenal Ciater dan Cipanas sebagai sumber air panas. Ternyata, Purwakarta juga punya lokasi serupa, yakni Ciracas. Pemandian air panas ini terletak di desa Ciracas, Kiara Pedes, Ciracas. Jika Anda berkendara ke tempat ini dari Purwakarta, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun jangan takut bosan di perjalanan karena Anda bisa mengamati hamparan kebun teh yang indah.

Ada 12 sumber air panas di tempat ini. Beberapa di antaranya berada di tengah persawahan milik warga. Sambil menikmati kenyamanan air panas, Anda juga bisa menikmati sejuknya udara karena lingkungan sekitar yang masih asri. Penduduk setempat percaya bahwa air dari mata air ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti jerawat, rematik dan nyeri.

Taman Sri Baduga Situ Buleud

Taman Sri Baduga Situ BuleudTaman Sri Baduga Situ Buleud

Tempat wisata di Purwakarta ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling menarik dan wajib dikunjungi saat anda berlibur di Purwakarta. Wisata Purwakarta 2018 tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat ini. Selain itu, lokasinya cukup mudah dijangkau karena berada di pusat kota.

Daya tarik utama di sini adalah air mancur yang tampak bercahaya warna-warni karena berada di pusat perhatian. Selain itu, air mancur ini juga bisa bergerak sambil menari. Meski tidak sebesar pertunjukan serupa di luar negeri, tentu hal ini patut dibanggakan karena Indonesia bisa menghadirkan hal yang sama.

Baca juga: Lokawisata Baturaden Banyumas

Waduk Jatiluhur

Waduk JatiluhurWaduk Jatiluhur

Dengan nilai sejarah yang tinggi karena merupakan waduk pertama di Indonesia, tentu sangat sayang jika Anda melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Waduk Jatiluhur. Waduk ini didirikan pada tahun 1957 dan mencakup area seluas 8.300 hektar. Waduk ini berfungsi sebagai pengairan sawah, budidaya ikan, sumber air bersih dan tentunya objek wisata.

Letak waduk ini berada di antara lembah dan perbukitan, sehingga udaranya terasa sejuk. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah memancing, berenang, dan tentunya hiking. Berbagai olahraga air seperti selancar, ski air, dan perahu layar dapat dilakukan.

Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta

Resort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa PurwakartaResort Giri Tirta Kahuripan Wanayasa Purwakarta

Jika Anda ingin bersantai tempat ini sangat cocok. Lokasinya berada di pegunungan, sehingga suasananya sangat sejuk dan asri. Selain itu, tersedia juga berbagai fasilitas menarik seperti sepeda air, lapangan futsal, bahkan ATV dan Skypool.

Fasilitas yang wajib dicoba di sini adalah Skypool. Skypool adalah kolam terbuka di atas bukit. Berenang di dalamnya serasa berenang di surga. Jangan bingung mau menginap dimana karena ada banyak villa dan hotel yang bisa dipilih. Resor ini terletak di Desa Taringgul Tonggol, Wanayasa, Purwakarta.

Waduk Cirata

Waduk CirataWaduk Cirata

Waduk Cirata kini menjadi salah satu tempat wisata Purwakarta yang terkenal karena merupakan waduk terbesar di Asia Tenggara. Tak tanggung-tanggung, waduk ini terbentang di tiga kabupaten yakni Cianjur, Bandung dan Purwakarta.

Sama halnya dengan Waduk Cirata, juga berfungsi sebagai pembangkit listrik untuk wilayah Jawa Barat. Sambil menikmati perjalanan di sini, Anda juga bisa menikmati kelezatan kuliner ikan bakar. Ikan di sini rasanya enak karena menggunakan bahan-bahan segar dari keramba masyarakat setempat.

Pusat keramik Plered

Pusat keramik PleredPusat keramik Plered

Purwakarta merupakan salah satu kota keramik terkenal di luar negeri. Daerah pembuatan gerabah di Purwakarta adalah Plered, tepatnya di desa Anjun.

Wisatawan dari berbagai daerah sering mengunjungi tempat ini. Tak heran, karena kerajinan tangan di sini berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat memilih kerajinan keramik favorit Anda di sini dan menggunakannya untuk menambah keindahan rumah Anda.

air terjun cipurut

air terjun cipurutair terjun cipurut

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Purwakarta yang sebagian besar masih alami. Hal ini tentu saja sangat menarik, terutama bagi para pecinta alam. Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bermain air, berfoto, bahkan ice skating.

Baca Juga : Daftar Lengkap 102 Tempat Wisata Di Bali

Itulah beberapa tempat wisata di Purwakarta yang bisa anda kunjungi pada liburan anda selanjutnya. Jangan lupa untuk merekam perjalanan Anda di sini dan menikmati keindahan alam Indonesia secara maksimal.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button