Berita Wisata

Ini Dia Daftar Makanan Khas Daerah Pati yang Bikin Nafsu Makan – Solopos.com

Solopos.com, PATI — Kabupaten Pati di Jawa Tengah (Jawa Tengah) tidak hanya memiliki tempat wisata berupa alam dan pantai. Kabupaten Pati juga kaya akan kuliner atau makanan khas yang menggugah selera dan kaya rasa.

Pati merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa atau merupakan wilayah pesisir utara. Pati memiliki luas wilayah kurang lebih 1.503,68 km² dengan jumlah penduduk 1,3 juta jiwa.

Promosi Daihatsu Rocky, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Kabupaten yang memiliki motto Pati Bumi Mina Tani ini kaya akan kuliner atau makanan khas daerah, mulai dari yang berkuah, pedas, dan lain-lain.

Kutipan dari halaman visitjawatengah.jatengprov.go.id, Selasa (8/11/2022), ada berbagai jenis kuliner di Pati. Namun, hanya sedikit yang sering menggambarkan karakteristik pati.

Berikut beberapa masakan khas Pati atau kuliner yang sayang untuk dilewatkan jika Anda berkunjung ke wilayah yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah ini.

Baca juga: Sego Paging, Makanan Khas Grobogan yang Punya Nama Unik Mirip Pecel

Apakah nasi disajikan dengan saus cokelat seperti rebusan atau kari. Nasi ini disajikan dengan potongan daging sapi.

Untuk lauknya, penjual biasanya menawarkan berbagai jenis seperti otak, hati, limpa dan lain-lain. Nasi gandul khas Pati biasanya disajikan dengan telur bacem dan kue.

Nasi Gandul bisa disantap pada malam hari atau saat cuaca dingin. Kuahnya yang pedas dan pedas akan menggugah selera orang-orang yang menghayatinya.

Sajian khas Pati lainnya yang cukup ikonik adalah Soto Kemiri. Soto Kemiri berasal dari wilayah Kemiri yang merupakan salah satu desa di Pati.

Soto Kemiri adalah soto ayam dengan kuah santan yang disajikan dengan irisan ayam. Anda bisa menemukan warung soto Kemiri di kota Pati.

Baca juga: Diam! 1 Dusun di Pati Hanya Ada 2 Rumah

Makanan atau masakan khas Kabupaten Pati lainnya adalah Sego Tewel. Makanan ini hampir mirip dengan nasi rim yang disajikan dengan sayuran berserat nangka dengan lauk tempe dan bakwan.

Nasi tewel biasanya disajikan dengan daun jati. Sego tewel banyak ditemukan di kawasan desa Tambakromo, kecamatan Tambakromo, Pati.

Lontong Balungan merupakan makanan atau kuliner khas Pati yang cukup melegenda. Makanan ini berupa lontong yang disajikan dengan kuah santan kental dan diberi topping tahu, tempe, dan potongan daging sapi yang masih menempel pada tulang atau balungan.

Lontong Balungan banyak ditemukan di kawasan Desa Kropak, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Makanan ini juga cukup terkenal di kalangan penduduk lokal Pati dan wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Baca juga: Perkenalkan Kuliner Nusantara, BRI Bawa Ikan Asap Demak ke Belanda

Makanan atau kuliner khas Pati lainnya adalah penganan berbahan dasar olahan bandeng yang banyak tersebar di Juwana.

Di Juwana terdapat berbagai industri pengolahan bandeng. Ikan air payau dimasak agar durinya menjadi lunak. Jadi jika ingin makan bandeng presto, tidak perlu khawatir menyisihkan durinya karena bisa langsung dimakan.

Selain diperas, bandeng juga bisa disulap menjadi bentuk lain seperti bandeng otak-otak dan bandeng tarik duri.

Daftar dan berlangganan Espos Lainnya sekarang. Cukup dengan Rp 99.000/tahun, Anda dapat menikmati berita lebih detail dan bebas iklan serta berkesempatan mendapatkan hadiah utama berupa mobil Daihatsu Rocky, motor NMax dan hadiah menarik lainnya. Bergabunglah dengan Espos Plus di sini.

Simak berita dan artikel lainnya di berita Google

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button