Berita Wisata

Ini yang bisa dilakukan di Pulau Nusakambagan

Jaringan Probolinggo Jawa Timur – Nusakambangan adalah sebuah pulau yang terpisah dari pulau Jawa, termasuk dalam wilayah Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Pulau yang terletak di selatan pulau Jawa ini sebagian ditempati oleh Lembaga Pemasyarakatan (LP) alias Lapas.

Warga, sebagian besar dihukum dalam kasus profil tinggi. Pulau ini pernah ditempati penjara, sejak zaman penjajahan Belanda hingga saat ini. Ternyata Pulau Nusakambagan sudah ditetapkan sebagai cagar alam yang bisa dikunjungi wisatawan.

Di pulau ini tumbuh banyak bunga, termasuk bunga Wijayakusuma. Oleh karena itu, pulau ini dinamakan Nusakambangan yang berarti “pulau bunga”. Selain bunga, masih banyak tumbuhan lain seperti perdu, nipah dan plahlar yang kualitas kayunya sebanding dengan meranti Kalimantan.

Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke pulau ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, hanya ada satu pintu masuk yang tidak memerlukan izin, yakni Pantai Teluk Penyu yang terbuka untuk umum.

Untuk menuju ke sana, dari pelabuhan Cilacap naik perahu nelayan. Ongkosnya cukup nyaman di kantong, sekitar Rp30.000 untuk sekali jalan dan Rp50.000 untuk keliling Pulau Nusakambagan.

Sebuah perahu membawa 4 hingga 6 orang dan penyeberangan memakan waktu sekitar 15 menit. Sesampainya di Nusakambagan, ada 3 aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan antara lain:

1. Berjemur dan bersantai di pantai

Wisatawan bisa memilih pergi ke pantai mana saja untuk menikmati suasana Pulau Nusakambangan”> Nusakambangan. Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melepas penat dengan berjemur atau mandi di pinggir pantai.

Diantaranya adalah Pantai Karangempak, Pantai Pasir Putih, Pantai Karang Pandan, Pantai Permisan dan Pantai Lipat. Seluruh pantai menawarkan keindahan pemandangan alam yang menakjubkan dan eksotik. Maka dari itu tidak rugi dan sia-sia saja wisatawan berkunjung ke pulau Nusakambagan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button