Berita Wisata

Inilah 10 Wisata Magelang Yang Keren Selain Candi Borobudur

Bisnis.com, JAKARTA – Candi Borobudur merupakan salah satu wisata Magelang yang paling terkenal.

Namun selain candi Borobudur, ternyata ada berbagai tempat wisata menarik lainnya di Magelang. Berikut adalah beberapa rekomendasi khusus untuk Anda.

Pemandangan & Tengara di Magelang

Tempat wisata di Magelang didominasi oleh candi dan wisata alam. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Magelang yang layak untuk dikunjungi.

1. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno yang bentuk ujungnya menyerupai buah makala. Kawasan pura ini tidak banyak dikelilingi oleh pura lainnya. Namun pelataran candi ini cukup luas sehingga biasa digunakan sebagai tempat pertunjukan budaya Jawa pada malam Suro, malam Jum’at Kliwon, Selasa Kliwon dan waktu-waktu khusus penanggalan Jawa lainnya.

Alamat: Desa Candisari, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk: Rp 5.000

2. Candi Pawon

Destinasi wisata di Magelang lainnya adalah Candi Pawon. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno. Uniknya, di sini terdapat relief yang menggambarkan manusia berkepala burung yang disebut Kinara dan Kinari. Mirip dengan Candi Selogriyo, candi ini juga tidak terlalu besar. Meski begitu, terdapat fasilitas seperti toilet, area parkir, dan penjual makanan di sekitar candi.

Alamat: Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah 56553

Harga tiket masuk: Rp 10.000

3. Candi Mendut

Tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah Candi Mendut. Dinding candi ini dipenuhi dengan relief yang menggambarkan kehidupan di masa lalu. Terdapat fasilitas yang dapat digunakan pengunjung yaitu tempat parkir dan toilet.

Alamat: Jl.Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kec. Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56501

Harga tiket masuk: Rp 10.000

4. Pura Umbul

Pura Umbul sebenarnya bukan pura, melainkan situs sejarah dengan dua kolam, air dingin dan air panas. Tempat wisata populer di Magelang ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan.

Alamat: Jl.Candi Umbul, Perkebunan, Kartoharjo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah 56196

Harga tiket masuk: Rp 5.000

5. Punchuk Setumbu

Punthuk Setumbu berada di kawasan Bukit Menoreh. Berwisata ke sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah, terutama saat matahari terbenam.

Alamat: Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kec. Magelang, Jawa Tengah 56553

Harga tiket masuk: Rp 20.000

6. Curug Silawe

Tempat wisata Magelang ini menyuguhkan keindahan air terjun dari ketinggian yang mencapai 60 meter. Curug Silawe memang selalu indah, sangat layak untuk dikunjungi untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Alamat: Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah 56163

Harga tiket masuk: Rp 6.000

7. Hutan Pinus Kragilan

Destinasi wisata Magelang ini memiliki suasana yang nyaman dengan udara yang asri dan pemandangan alam. Tidak hanya hutan pinus, terdapat pula pos pengamatan yang biasa dijadikan spot foto bagi para pengunjung.

Alamat: Desa Pogalan, Kec. Pakistan, Kab. Magelang, Jawa Tengah 56193

Harga tiket masuk: Rp 10.000 – 12.000

8. Pemandangan langit Mangli

Di Mangli Sky View, Anda akan merasa seperti berada di langit karena Anda bisa melihat banyak keindahan alam. Disini terdapat area camping yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Alamat: Hutan/Sawah, Mangli, Kec. Kalangrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah 56153

Harga tiket masuk: Rp 5.000

9. Sudut Pandang Silancur

Di sini terdapat banyak spot foto dengan latar belakang pegunungan yang alami. Terdapat fasilitas seperti penginapan dan kafe yang menambah kenyamanan pengunjung.

Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kalangrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah 56163

Harga tiket masuk: Rp 5.000 – 10.000

10. Nepal Van Java

Tempat wisata di Magelang ini dinamakan Nepal Van Java karena menyuguhkan pemandangan rumah-rumah penduduk di lereng bukit yang terkesan ramai seperti di Nepal. Jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan bisa melihat keindahan Gunung Sumbing dari kejauhan.

Alamat : Dusun, Butuh, Temanggung, Kec. Kalangrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah 56153

Harga tiket masuk: Rp 15.000

Inilah 10 rekomendasi wisata Magelang yang paling menarik untuk dikunjungi. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa Candi Borobudur bukanlah satu-satunya tempat wisata di Magelang. Masih banyak wisata Magelang anyar lainnya yang juga layak untuk dikunjungi.

Lihat berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton videonya di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button