Berita Wisata

Inilah 3 tempat wisata alam di Malaysia yang patut untuk dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Biasanya orang Indonesia yang ingin berlibur pergi ke negara-negara di benua Eropa atau di Asia Timur. Namun tak perlu jauh-jauh, ternyata negara tetangga kita yaitu Malaysia memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah indahnya dengan negara lain.

Mengutip dari halaman resmi MalaysiaTravelBerikut beberapa destinasi wisata menarik di Malaysia:

1. Hutan Berlumut

Mossy Forest adalah permata tersembunyi di Pahang yang akan memberikan perasaan baru bagi wisatawan yang berkunjung. Seperti namanya, Mossy Forest merupakan hutan lebat yang diselimuti lapisan lumut. Selain itu, tempat ini juga dikenal sebagai Hutan Hujan Awan karena kabut yang selalu muncul di tempat ini, menciptakan suasana mimpi yang indah.

Hutan berlumut yang diselimuti kabut misterius dan diselimuti suasana megah ini terletak di ketinggian 2.032 mdpl. Hutan yang terletak di Cameron Highlands alias Little England ini luasnya kurang lebih 900 hektar di dekat puncak Gunung Brinchangnya.

Hutan berlumut juga merupakan habitat yang sangat baik untuk berbagai spesies gunung, termasuk serangga, ular, burung, dan mamalia yang unik di lingkungan yang sangat dingin ini. Ada juga spesies lumut yang menutupi akar dan menempel di pohon. Lokasi ini juga mewakili dunia nyata, seperti Hutan Fangorn dari The Lord of the Rings.

2.Langkawi

Langkawi merupakan kepulauan dari 99 pulau di Laut Andaman dan merupakan Geopark Global pertama yang diakui UNESCO di Asia Tenggara sejak 2007. Pulau ini terdiri dari lanskap karst yang terbentuk akibat erosi dan formasi bebatuan sejak berusia 550 juta tahun. Sedangkan keanekaragaman hayati yang besar di pulau ini terdiri dari hutan kapur, hutan batu pasir, hutan granit dan hutan bakau.

Selain itu, wisatawan juga dapat berjalan-jalan di atas Sky Bridge sepanjang 125 meter, yang merupakan jembatan bentang jernih melengkung terpanjang di dunia. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Langkawi adalah mengunjungi SkyRex, Oriental Village, 6D Cinemotion dan 3D Art Langkawi.

3. Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara. Terletak di distrik Ranau, divisi pantai barat Sabah, gunung ini berada di ketinggian 4.095 meter di atas permukaan laut, terkenal di kalangan pendaki gunung.

Gunung Kinabalu juga merupakan rumah bagi beberapa flora dan fauna paling eksotis, menjanjikan pengalaman satwa liar yang sehat bagi semua pecinta alam. Antara 5.000 dan 6.000 spesies tumbuhan telah diidentifikasi di sana. Juga, ada sekitar 326 spesies burung dan lebih dari 100 spesies mamalia. Ini menjadikannya salah satu situs keanekaragaman hayati terpenting di dunia.

Mencapai puncak Gunung Kinabalu tentu merupakan prestasi yang mengasyikkan bagi semua pendaki. Kembali dari puncak masih bisa menjadi pengalaman yang memacu adrenalin, karena turun dengan cepat dapat membuat lutut tegang. Selain itu, jalur turunnya juga sering licin karena biasanya turun hujan di pagi hari.

MUHAMAD SYAIFULLOH

Baca juga : Malaysia membuka pariwisata Langkawi mulai besok

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button