Berita Wisata

Inilah 7 Danau Menakjubkan di Indonesia

Tribratanews.polri.go.id – Indonesia memiliki keanekaragaman bentang alam, pegunungan, dan perairan. Selain itu, Indonesia memiliki sumber daya alam, seperti danau yang luar biasa. Kali ini kami akan merangkum beberapa danau terindah di Indonesia seperti dikutip dari travel.okezone.com, Rabu (9/11/22).

Baca Juga: Keindahan 4 Desa yang Disebut Negeri Di Atas Awan di Indonesia Luar Biasa

1. Danau Habema, Pegunungan Jayawijaya
Jayawijaya adalah gunung tertinggi di Indonesia dan satu-satunya daerah yang tertutup salju di Nusantara. Gunung ini juga memiliki danau yang indah, Danau Habema dengan nama asli Yuginopa. Jadi danau tertinggi di Indonesia. Lokasinya berhimpitan di kawasan Taman Nasional Lorentz Papua Barat pada ketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

2. Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru
Bagi para pendaki tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama Gunung Semere yang juga dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini dicirikan dengan keberadaan Ranu Kumbolo di atasnya.
Karena keindahannya, Danau Ranu Kumbolo menjadi salah satu destinasi para pemanjat tebing selain Puncak Mahameru. Danau ini berada di ketinggian 2.389 meter di atas permukaan laut.

3. Danau Segara Anak, Gunung Rinjani
Danau ini terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan luas 1.100 ha dengan kedalaman 230 meter. Danau ini berada di ketinggian 2010 m. Pemandangan danau ini benar-benar memesona.

4. Danau Toba
Danau ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Danau ini memiliki panjang 100 km, lebar 30 km, dan kedalaman 508 meter.

5. Danau Sentani
Danau ini termasuk salah satu destinasi wisata alam yang terkenal, bahkan jika Anda pergi ke Papua tanpa mengunjungi danau ini. Danau Sentani terletak di bawah lereng gunung Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas kurang lebih 245.000 hektar.

Danau ini membentang di antara kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua, menjadikannya danau terbesar di Papua.

6. Danau Begu Ganjang
Danau Toba merupakan bagian dari destinasi super prioritas. Namun, danau ini menyimpan mitos yang berbicara tentang ikan mas raksasa. Kemudian mitos tersebut ramai diperbincangkan pasca tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun pada tahun 2018.

7. Danau Rombebai
Danau ini terletak di tepi Sungai Mamberamo atau tepatnya di Kecamatan Mamberamo Hilir, Kabupaten Mamberamo Raya, Provinsi Papua.

Danau ini memiliki luas 13.749 ha, dan merupakan danau terbesar dan terbesar kedua setelah Danau Sentani. Rombebai berbatasan dengan Sungai Mamberamo dan berjarak 20 km dari Samudra Pasifik.

(ek/hn/um)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button