Berita Wisata

Inilah 7 Rekomendasi Wisata NTB yang Indah dan Hits

Bisnis.com, JAKARTA – Nusa Tenggara Barat merupakan sebuah provinsi di kawasan timur Indonesia yang terletak di antara provinsi Bali dan Nusa Tenggara Timur. Jika mendengar NTB, yang terlintas di pikiran pasti pulau Lombok yang eksotik. Tempat wisata di Nusa Tenggara Barat selalu menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata.

Tempat wisata Nusa Tenggara Barat semakin menonjol selama digelarnya MotoGP Mandalika 2022. Memang banyak wisatawan mancanegara maupun wisatawan Indonesia yang terkagum-kagum dengan daya tarik wisata NTB usai balapan internasional tersebut.

Berikut beberapa wisata Nusa Tenggara Barat yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Bukit Pergasingan

Bukit ini tidak jauh dari Gunung Rinjani. Ketinggian bukit ini mencapai 1.670 mdpl. Bukit ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Salah satunya keindahan Gunung Rinjani yang kokoh di depan bukit. Wisatawan yang menyukai aktivitas ekstrim bisa melakukan paralayang dan bersepeda downhill di bukit ini.

2. Desa Wisata Sade

Tidak hanya wisata alam, wisata budaya juga menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung ke tempat ini. misalnya saat berkunjung ke desa wisata Sade, wisatawan akan melihat secara langsung rumah adat suku asli NTB yaitu suku Sasak.

Ciri khas rumah adat suku Sasak adalah atap jerami dan alang-alang. Menariknya, atap tersebut tidak akan tembus air hujan. Daya tarik lainnya adalah pondasi rumah terbuat dari tanah liat yang dicampur dengan sekam padi.

3. Gua Prabu Bangkang

Gua ini terbilang unik karena adanya kumpulan kelelawar dari subordo Microchiroptera. Padahal, ada ratusan ribu kelelawar. Saking banyaknya kelelawar yang bergelantungan, membuat langit-langit goa serba hitam.

4. Gili Trawangan

Di tempat ini, Anda tidak hanya bisa melihat keindahan terumbu karang dan ikan berwarna-warni, tetapi juga fenomena alam. Gili Trawangan memiliki tempat untuk melihat sunset terindah yaitu pantai Gili Trawangan. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat sunset.

5. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi menampilkan pasir pantai dan gradasi warna hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih dan juga bersih. Ada banyak alasan mengapa pantai ini menjadi tempat wisata bagi wisatawan yang suka berwisata ke luar negeri.

6. Desa Wisata Sukarara

Desa ini dikenal sebagai desa para pengrajin kain tenun Lombok. Proses pembuatan kain tenun masih menggunakan cara tradisional dan berbeda dengan proses pembuatan kain tenun lainnya. Selain itu motif kain tenun Lombok sangat asli seperti motif Keker, Nanas, Subanala. Wisatawan juga bisa langsung mengunjungi cara membuat kain tenun khas Lombok saat berkunjung langsung ke desa Sukarara.

7. Danau Segara Anak

Danau ini memiliki kedalaman sekitar 230 meter. Danau ini berada di ketinggian 2.008 m tepatnya di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, desa Sembalun Lawang. Meski berada di ketinggian, pengunjung bisa memancing, berenang, atau mandi air panas. Daya tarik danau ini adalah pesona Gunung Baru yang bisa dilihat di seberang Danau Segara Anak.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Nusa Tenggara Barat yang wajib anda kunjungi.

Lihat berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton videonya di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button