Berita Wisata

Inilah 9 surga tersembunyi di Bandung Barat yang wajib banget kamu kunjungi!

BandungKita.id, TRAVEL – Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Tentunya yang paling terkenal adalah kawasan Lembang dengan banyak tempat kerennya. Namun, Bandung Barat juga memiliki banyak surga tersembunyi yang tidak kalah megahnya. Berikut BandungKita.id merangkumnya:

1. Kesejukan dan romansa di Puncak Eurad Pingping

Puncak Eurad Pingping Lembang berada di kawasan perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. Lokasinya yang berada di atas bukit, menawarkan udara segar dan pemandangan hijau yang asri menjadi daya tarik tempat wisata ini.

Video yang berhubungan:

Untuk menuju tempat ini, Anda akan melewati perkebunan teh dan hutan pinus. Semuanya indah dan fotogenik. Tempat ini sudah memiliki beberapa spot yang dilengkapi peralatan khusus untuk berfoto. Puncak Eurad juga sangat romantis untuk pasangan. Ada banyak tempat yang bisa Anda gunakan untuk membuat kenangan indah bersama.

Lokasi: Jalan Cibodas – Ciater, Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Gratis

2. ngarai hijauBandung BaratnyaSungai Cikahuripan”

Hal yang paling menarik di kawasan Sungai Cikahuripan adalah adanya tebing-tebing terjal di tepian sungai. Banyak yang menyamakan lanskap Cikahuripan dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Aliran Sungai Cikahuripan terbentuk dari anak sungai Citarum Purba. Aliran air mengikis bebatuan hingga membentuk ngarai terjal yang sangat instagenic. Airnya berwarna hijau kebiruan, dengan laju aliran yang bervariasi. Ada yang setenang kolam, ada yang mengalir deras di antara bebatuan. Anda juga bisa bermain air di sini karena airnya bersih.

Lokasi: Desa Panyupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Rp 10.000

BACA JUGA:

Ayo Wisata! di desa Mukapayung Cililin menikmati kunjungan Gunung Putri Curugan

Berikut 5 tempat wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi di masa new normal

3. Sang Hyang Heuleout dan legenda mandi malaikat

Banyak daerah di Indonesia memiliki legenda tentang bidadari yang turun dari surga dan kemudian mandi di danau. Di Bandung Barat, danau ini disebut Sanghyang Heuleut. Danau kecil yang dikelilingi bebatuan raksasa ini terlihat sangat unik. Secara geologis, Sanghyang Heuleut tercipta akibat letusan Gunung Purba Sunda. Sumber air yang mengalir ke danau ini juga berasal dari Sungai Citarum Purba.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan di sini adalah menikmati keindahan danau air berwarna biru kehijauan. Puas memanjakan mata, letakkan kembali kamera Anda di tengah aksi, jepret foto cantik maksimal. Apalagi Anda bisa bermain air sesuka Anda. Selami sejuknya air Sanghyang Heuleut, tapi selalu perhatikan keselamatan diri sendiri ya.

Lokasi: Desa Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Rp 10.000

4. Niagara dari Bandung BaratAir Terjun Malela

Garis besar Kabupaten Bandung Barat beragam antara lain daerah pegunungan dan perbukitan. Di daerah seperti ini, biasanya terdapat banyak air terjun yang indah. Di Bandung Barat. Air terjun terbesar yang bisa Anda temukan adalah Curug Malela. Air terjun ini bahkan mendapat julukan Air Terjun Bandung Barat karena ukurannya yang luar biasa, meski tidak sebesar Air Terjun asli tentunya.

Air terjun ini lebarnya 50 meter, dengan ketinggian 70 meter! Aliran airnya juga relatif stabil dengan air yang jernih di musim kemarau. Butuh sedikit perjuangan dan tenaga, karena jalan hanya bisa dilalui dengan sepeda motor dan berjalan kaki. Namun, pemandangan indah di sepanjang jalan bisa menjadi obat lelah Anda sebelum tiba dan mengagumi kemegahannya Niagara Kecil ini.

Lokasi: Desa Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Rp 10.000

5. Padalarang memiliki taman batu di atas bukittaman batu”

Kembali ke atas bukit, kali ini kita melakukan perjalanan di Cipatat. Di sini Anda akan menemukan bebatuan yang tersebar secara alami namun tetap memiliki tampilan yang artistik. Disebut juga Stone Garden alias Taman Batu, tentunya banyak formasi bebatuan yang bisa kamu temukan di sini. Batu-batu itu disusun secara acak dan tersebar di tanah.

Yang membuatnya istimewa, tentu saja, taman batu itu berada di atas bukit. Jadi, selain tamannya sendiri, landscape di background juga cantik. Jadi jika Anda datang ke sini, bersiaplah untuk fisik yang prima serta memori kamera yang besar. Anda dapat mengambil gambar dengan konteks pemandangannya menakjubkan, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Rp 10.000.

BACA JUGA:

Empat desa wisata Indonesia masuk dalam 100 besar destinasi berkelanjutan dunia

Kemenpar Dorong Pengembangan Wisata Halal di Bandung Barat

6. Gunung Bendera Padalarang, Keinginan bertemu di puncak bukit

Melanjutkan tema gunung dan pendakian, Gunung Bendera Padalarang menjadi destinasi selanjutnya. Flag Mountain adalah tempat yang ramah bagi semua pendaki, termasuk pemula. Jalurnya tidak terlalu berat dan perjalanannya tidak memakan waktu lama, sekitar satu jam. Perjalanannya menyenangkan dan puncaknya juga luas dengan rerumputan hijau yang membuat betah.

Meski tingginya “hanya” 1403 mdpl, puncak Gunung Bendera Padalarang menawarkan pemandangan yang luar biasa. Anda bisa berkemah di puncak sambil melihat pemandangan.

Puncak Gunung Bendera disebut Puncak Rindu dan merupakan tempat populer untuk berkemah. Selain hamparan hijaunya, pemandangan malam Kabupaten Bandung Barat juga tak kalah indah. Bahkan pada hari berawan Anda akan berada di atas awan.

Lokasi: Desa Pojok Desa, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat
Harga tiket: Rp5.000.

7. Mari terbang di atas keindahan Bukit Cililin Gantole

Seperti namanya, bukit ini memang menjadi lintasan untuk olahraga ekstrim paralayang. Tidak hanya untuk tujuan wisata, tempat ini juga menjadi tempat paralayang resmi PON XIX 2017 Jawa Barat. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencoba sensasi paralayang.

Anda bisa terbang secara tandem ditemani oleh pilot berpengalaman. Anda hanya perlu menikmati terbang sambil merekam keseruan, pilot akan memastikan pengalaman terbang Anda menyenangkan. Jika tidak ingin terbang, Anda bisa berfoto dengan pemandangan yang indah di sini. Pihak pengelola telah menyediakan berbagai spot foto buatan agar hasil jepretan Anda terlihat lebih keren.

Lokasi: Kampung Pasir Panjang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Rp 15.000

8. Batu coklat dan gua kuno di Sanghyang Kenit

Tempat ini tempat tersembunyi dari sungai Citarum Purba yang letaknya dekat dengan PLTA Saguling. Sanghyang Kenit pada dasarnya adalah sungai yang dipenuhi bebatuan berwarna coklat. Aliran air yang tenang menciptakan banyak kolam alami yang menyegarkan di mana Anda bisa menyelam dan bermain air. Tempat ini dikelola oleh penduduk setempat, sehingga relatif teratur dan nyaman untuk dikunjungi.

Di kiri dan kanan sungai terdapat tebing bebatuan yang ditumbuhi pepohonan. Di salah satu sudut, Anda bisa menemukan sebuah gua kuno dengan sungai kecil yang mengalir di atas lantainya. Anda dapat menjelajahi gua dengan dipandu oleh memandu bereksperimen. Harus diakui, tempat wisata di Bandung Barat ini sangat eksotik dan akan menghasilkan banyak foto keren.

Lokasi: Desa Cisameng, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Rp5.000.

9. melakukan perjalanan seru di Gunung Putri

Satu lagi gunung yang bisa kamu taklukkan di Bandung Barat. Gunung Putri memiliki ketinggian 1.587 mdpl, menjadikannya lokasi ideal bagi pendaki pemula. Waktu pendakian yang dibutuhkan untuk mencapai puncak juga sangat singkat, sekitar 30 menit. Tapi namanya wisata, tidak perlu dipaksakan. Berjalanlah sesuai kemampuan fisik Anda sambil mengagumi keindahan pemandangan di sepanjang jalan setapak!

Nah, jika sudah mencapai puncak, Anda bisa menikmati hasil perjuangan Anda. Pemandangan indah terbentang di mana-mana mata memandang. Ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan berfoto. Selain itu, Anda juga bisa berkemah di sini, jadi bawalah tenda bagi yang berminat. Bermalam di sini, Anda akan berkesempatan untuk menyaksikan matahari terbit yang spektakuler.

Lokasi: Jalan Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Rp 17.000.

Tertarik liburan dan wisata di Kabupaten Bandung Barat? Ayo tunggu apa lagi!? Mulailah petualangan Anda!

Editor: Azmy Yanuar Muttaqien

Sumber: tripzilla.id

Tampilan postingan: 2.832

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button