Berita Wisata

Inilah Deretan Situs Horor Di Yogyakarta – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. – Jogja/Sunartono setiap hari.

Solopos.com, JOGJA — Berbicara tentang tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Di provinsi ini banyak terdapat tempat wisata dengan nuansa alam, budaya, belanja, wisata buatan dan lain-lain. Ditambah lagi, ternyata ada beberapa destinasi wisata DIY yang punya nuansa horor juga lho.

Berikut ini adalah sederet tempat wisata bertema horor di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi.

Promosi Daihatsu Rocky, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

  1. kandang rusa

Tempat yang juga disebut Panggung Krapyak ini terletak di Desa Krapyak, Desa Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul. Bangunan bersejarah ini berbentuk ruangan seperti kubus. Pada masa Kesultanan Mataram, tempat ini digunakan oleh Raja-Raja Mataram sebagai tempat pengintaian untuk berburu binatang khususnya kijang atau kijang.

Tempat wisata ini juga terkenal dengan cerita mistisnya. Salah satu yang paling familiar di telinga banyak orang adalah penampakan seorang wanita yang bergelantungan di jendela.

Baca juga: Terbukti Korupsi Mantan Wali Kota Jogja, Pengusaha Divonis 2,5 Tahun Penjara

  1. Gereja Gotik Sayidan

Gereja Gotik Sayidan terletak di kecamatan Gondomanan kota Yogyakarta. Bangunan gereja ini memiliki arsitektur yang khas, sehingga selalu menarik perhatian masyarakat. Namun, bagi sebagian orang, gedung gereja sering dianggap mistis karena sudah lama kosong dan basementnya kurang terawat. Bangunan tersebut dimiliki oleh Esther Widyo Wanandyo, istri R. Petrus Haryono, seorang pengrajin batik yang memiliki koneksi ke Keraton Yogyakarta.

  1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg tentu sudah tidak asing lagi bagi wisatawan. Lokasinya berada di kawasan Malioboro, kota Yogyakarta. Kota jogjakota.go.id, benteng yang dibangun pada tahun 1760 ini merupakan benteng belanda. Pembangunan benteng ini selesai pada tahun 1787 di bawah Gubernur Johannes Sioeberg dan diresmikan sebagai benteng perusahaan dengan nama Rustenburgh yang berarti tempat peristirahatan. Setelah mengalami perkembangan yang cukup pesat, Yogyakarta mengalami gempa pada tahun 1867 sehingga benteng tersebut perlu diperbaiki. Setelah direstorasi oleh Daendels, nama Benteng Rustenburgh diubah menjadi Benteng Vredeburg yang berarti perdamaian.

Banyak orang mengatakan bahwa penampakan yang sering muncul adalah mengkudu belanda dengan separuh tubuhnya berbentuk kuda.

Baca Juga: Bus dengan 20 Penumpang Tabrak Truk di Bantul, 1 Tewas, 2 Luka-luka

  1. Pantai Parang Kusumo

Pantai Parangkusumo sering dikaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Oleh karena itu tidak heran jika pantai ini dikenal sebagai pintu gerbang utama atau jalan menuju keraton sakti laut selatan, yaitu kerajaan Nyi Roro Kidul.

  1. Pesanggrahan Sarjanawiyata

Tempat ini terasa di kawasan Kaliurang. Dikutip dari Solopos.com, bangunan ini merupakan rumah tua yang sudah tidak digunakan lagi. Lokasinya persis bersebelahan dengan kawasan wisata Kaliurang Goa Jepang.

Pesanggrahan Sarjanawiyata awalnya merupakan rumah megah sebelum terbengkalai akibat erupsi Gunung Merapi. Sejak itu, banyak cerita mistis muncul tentang rumah itu. Rumah tersebut kemudian menjadi inspirasi film tersebut Rumah Kaliurang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button