Berita Wisata

Inilah deretan tempat wisata perbukitan di jogja yang mana favoritmu?

Harianjogja.com, JOGJA—Melihat Jogja dari sudut yang berbeda memang selalu menarik. Selain itu, nikmati pemandangan dari atas.

Jogja memiliki beberapa bukit yang layak dikunjungi untuk melihat pemandangan eksotik dari ketinggian. Meski rata-rata lokasinya jauh dari pusat kota, pemandangan bak negeri surga akan membayar penat selama perjalanan.

Berikut rekomendasi tempat wisata lereng bukit yang menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Jogja. Jangan lupa untuk menilai lokasi!

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon adalah tempat yang tepat untuk menikmati pantai selatan Jogja. Lokasinya di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Dari sini Anda bisa menyaksikan deburan ombak yang menerjang bebatuan gugusan pantai Gunungkidul, antara lain pantai Wediombo dan Watu Lumbung serta pantai Banyunibo dan Siung di sebelah barat.

Meski aksesnya cukup melelahkan, rasa lelah akan terbayar dengan keindahan bukit yang luar biasa. Rerumputan tumbuh subur di sana, membuatnya tampak seperti pegunungan menghijau yang selalu berhasil menyegarkan mata. Saat musim kemarau, rerumputan mengering dan mengubah perbukitan hijau menjadi sabana.

Di sana, wisatawan juga bisa mendirikan tenda dan kemah. Fasilitas penunjang di kawasan wisata Bukit Pengilon sudah mulai memadai seperti area camping, tempat ibadah, toilet, warung, area parkir dan spot foto yang banyak.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu puncak tertinggi di gugusan Pegunungan Menoreh dengan ketinggian sekitar 1.019 mdpl.Lokasi tepatnya berada di Keceme, Gerbosari, Samigaluh, Kulonprogo.

Untuk mencapai puncak, pengunjung harus menaiki 286 anak tangga yang terjal. Namun, segarnya udara pegunungan mampu mengusir rasa penat yang menghampiri.

Sesampainya di puncak, pemandangan indah di titik perbatasan provinsi DIY dan Jawa Tengah. Wisatawan dapat mengagumi deretan gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro bahkan Candi Borobudur di sisi utara. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat pemandangan kota Jogja dan Samudera Hindia dari sisi selatan.

Di Puncak Suroloyo juga terdapat kolam dari mata air bernama Sendang Kawidodaren. Sumber ini digunakan masyarakat untuk upacara adat setiap peringatan Satu Malam Suro atau awal bulan pertama tahun baru Jawa. Pada masa ini pusaka pemberian Kraton Yogyakarta diwujudkan berupa tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Manggolo Dewo.

Bukit Klangon

Bukit ini merupakan bukit terdekat dengan Gunung Merapi yang terletak di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Ketinggiannya yang sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut membuat kondisinya sejuk dan dingin.

Waktu yang disarankan untuk mengunjungi Bukit Klangon adalah di pagi hari, karena selain sejuk, pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Merapi yang indah. Jika siang hari, kabut akan turun dan menghalangi pandangan.

Tidak perlu mendaki gunung jika ingin melihat jelas puncak Gunung Merapi. Dari sejumlah titik pandang di Bukit Klangon, terlihat jelas puncak gunung berapi yang disebut Puncak Garuda.

Selain menyegarkan, Bukit Klangon juga cocok bagi Anda yang menyukai wisata ekstrem. Pengelola sudah menyediakan sirkuit downhill yang memungkinkan pengunjung naik turun jalur terjal yang menguji adrenalin.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button