Berita Wisata

Inilah perbedaan antara tanggul Jakarta dan tanggul Jakarta untuk mengatasi banjir Rob

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Seksi Perencanaan Pengendalian Rob dan Pengembangan Sumber Daya Air Pesisir (SDA) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta (Pemprov) Putu Riska Komala menjelaskan perbedaan tanggul pantai dan tanggul laut buatan di pesisir Jakarta. Kedua tanggul tersebut merupakan bagian dari proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Riska menjelaskan, NCICD terbagi menjadi tiga fase, yakni Fase A, Fase B, dan Fase C. Sedangkan untuk konstruksi tanggul pantai Fase A berlokasi di Kamal Muara, Cengkareng Drain, Muara Angke, Pantai Mutiara, Muara Baru, Sunda. Kelapa, Kali Ancol Hilir, Kali Baru, Cakung Drain, Kali Blecong dan PLTU Muara Karang.

“Fase A sedang dilakukan oleh Pemprov DKI serta Kementerian PUPR,” kata Riska saat dihubungi, Selasa (3/1/2023).

Riska menjelaskan, dinamakan tanggul pantai karena letaknya di pinggir pantai dan berfungsi untuk melindungi daratan dari banjir rob.

Proyek Pembangunan Seawall di Muara Baru, Jakarta Utara – JIBI/Felix Jody Kinarwan

“Kita melakukannya karena di pinggir pantai kan? Jadi berhadapan langsung dengan pantai atau pemukiman,” ujarnya.

Sedangkan breakwater masuk dalam pembangunan NCICD Fase B dan Fase C. Fase ini menjorok ke laut dan tidak berbatasan langsung dengan pantai atau pantai. Ia juga menjelaskan, tanggul Fase B dan Fase C sering disebut sebagai tanggul raksasa.

“Tahap B dan C dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, jadi akan disusun perencanaannya [konsepnya]silahkan tanya ke PUPR,” kata Riska.

Tanggul pantai yang terbentang dari Muara Cakung hingga ujung New Priok Island Container Terminal One (NPCT) 1. – Bisnis.com/Deandra Syarizka BAGIKA

Dikutip dari situs SDA Service, proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) memberikan solusi terpadu untuk mengatasi tantangan banjir, sanitasi, dan peningkatan pasokan air.

Selain itu, konektivitas yang lebih baik dan pengembangan masyarakat yang berkelanjutan juga termasuk dalam pengembangan wilayah pesisir ibu kota.

Hal ini merupakan prasyarat bagi pembangunan ekonomi DKI Jakarta yang berkelanjutan. Proyek pembangunan tanggul NCICD merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta akan membangun tanggul di landasan tersebut jejak sesuai kewenangannya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button