Berita Wisata

Inilah Sepuluh Besar Event Jateng 2023, Perhatikan!

Inilah Sepuluh Besar Event Jateng 2023, Perhatikan!Foto: Logo Visit Jawa Tengah (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Murianews, Kudus – Banyak even pariwisata unggulan yang akan digelar di Jateng sepanjang tahun 2023. Sedikitnya ada 10 even unggulan yang disiapkan Pemprov Jateng melalui Kemenpora tahun ini.

Event flagship ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas wisatawan pada tahun 2023. Berikut 10 flagship event di Jawa Tengah 2023, dilansir dari laman Visitjawatengah, Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: 8,7 Juta Orang Berkunjung ke Jateng Saat Liburan Nataru, Sekda: Siapkan Tempat Wisata

Festival Budaya Dieng

Dijadwalkan pada 25-27 Agustus 2023 di Kompleks Candi Arjuna, Kabupaten Banjarnegara, ini merupakan festival elegan yang memadukan keindahan alam dengan keunikan budaya dan tradisi Dataran Tinggi Dieng. Festival Budaya Dieng menampilkan pertunjukan jazz di atas awan di tengah suhu dingin, lampion terbang, kembang api, pameran UMKM, berbagai kesenian tradisional, dan puncaknya adalah Ritual Cukur Gimbal Gimbal Dieng.

Festival Payung Indonesia

Pelaksanaannya dijadwalkan pada 8-10 September 2023 di Candi Mangkunegaran Kota Surakarta. Festival Payung Indonesia menampilkan segudang kreasi dan aneka payung dari Indonesia dan mancanegara.

Tidak hanya menikmati keindahan ribuan payung, tetapi juga menyaksikan pameran, pentas seni dan berbelanja di pasar kreatif yang menawarkan produk fashion, kerajinan tangan dan kuliner.

Festival Kota Lama Semarang

Pelaksanaannya dijadwalkan pada 7-17 September 2023 di Kota Lama Semarang, Kota Semarang. Festival Kota Lama merupakan event tahunan yang diadakan sejak tahun 2012 dengan tema Old, Now, Later.

Pengunjung dapat menikmati nostalgia Pasar Sentiling dengan pameran makanan legendaris. Apalagi Festival Kota Lama dimeriahkan dengan hiburan musik, peragaan busana, pameran klitik, dan lainnya.

Seni Pertunjukan Solo Internasional (SIPA)

Pelaksanaannya dijadwalkan mulai 31 Agustus hingga 2 September 2023 di Benteng Vastenburg Kota Surakarta. Solo International Performing Arts atau SIPA adalah karya seni pertunjukan yang terdiri dari musik, tari, drama, dll. Acara spektakuler ini mempertemukan seniman dari dalam dan luar negeri. SIPA ada sejak 2013.

Festival Keroncong Solo

Pelaksanaannya dijadwalkan pada 22-23 Juli 2023 di Pamedan Mangkunegaran Kota Surakarta. Kota Solo dikenal dengan penciptaan lagu-lagu keroncong oleh pujangga daerah.

Festival Keroncong Solo telah hadir sejak tahun 2009, semakin mengokohkan kota Solo sebagai kota Keroncong. Di tahun 2023, SKF hadir dengan tema “Keroncong Murni Selalu di Hati”. Nantikan penampilan musisi keroncong dari dalam dan luar negeri.

Festival Parade Cheng Ho

Pelaksanaannya dijadwalkan pada 22-23 Juli 2023 di Kelenteng Sam Poo Kong Kota Semarang. Festival ini merupakan bentuk peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho di Semarang 618 tahun silam.

Acara dimulai dengan karnaval membawa patung dewa kuil Tay Kak Sie ke kuil Sam Poo Kong. Festival ini juga dimeriahkan oleh pertunjukan kesenian tradisional, perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa.

Dugderan

Pelaksanaan dijadwalkan pada 17 Maret 2023 di Kota Semarang. Dugderan sudah menjadi tradisi menjelang Ramadhan di kota Semarang sejak tahun 1881. Istilah Dugderan berasal dari bunyi kendang dan dentuman meriam. Saat ini, Dugderan dihadirkan dalam bentuk karnaval yang dianimasikan dengan pertunjukan seni budaya.

tarian tunggal

Pelaksanaan dijadwalkan pada 29 April 2023 di Balai Kota Surakarta, Kota Surakarta. Solo Menari 2023 diselenggarakan dalam rangka Hari Tari Sedunia yang telah berlangsung sejak tahun 2009. Acara ini menampilkan pertunjukan tari oleh koreografer nasional dan internasional.

Atraksi Balon Udara Jawa

Pelaksanaannya dijadwalkan pada 26-27 Agustus 2023 di Taman Rekreasi Kalianget, Kabupaten Wonosobo. Tradisi balon udara tradisional berukuran besar dengan corak yang bervariasi dan berwarna-warni.

Balon terbang secara bergantian atau bersamaan. Acara ini juga dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya, bazaar umkm serta lomba budaya dan kreatif.

MoroBorobudur

Pelaksanaannya dijadwalkan pada 18-19 Agustus 2023 di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Moro Borobudur merupakan festival seni musik kontemporer, musik pop Jawa dan Indonesia sejak tahun 2020. Moro Borobudur berarti “Datang ke Borobudur” mengajak wisatawan untuk menikmati seni dan tradisi di sekitar Borobudur serta didukung dengan hiburan musik yang mempesona.

Pengarang: Daniel Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button