Berita Wisata

Inovasi KKN UBB Wisata Bukit Pinteir

PANGKALANBARU, BABEL BERITA – Bukit Pinteir merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di desa Kampung Dul, Kabupaten Bangka Tengah.

Destinasi wisata bukit yang menawarkan keindahan pesona alam ini memiliki kekayaan keanekaragaman flora dan fauna yang masih terjaga dengan cukup baik.

Dalam rangka menjaga kekayaan alam yang dimiliki dan mengembangkan destinasi wisata Bukit Pinteir, KKN Universitas Bangka Belitung mengembangkan produk wisata melalui inovasi berkelanjutan yang menarik wisatawan.

Berbagai program kegiatan mulai dari gotong royong tempat wisata di Bukit Pinteir, pendataan flora dan fauna di lingkungan, penelitian geosite atau batuan sebagai informasi serta edukasi bagi wisatawan dan pembuatan website Bukit Pinteir yang menjadi akses bagi wisatawan untuk melihat secara langsung produk wisata yang ditawarkan.

Program inovasi pengembangan produk wisata yang dilakukan bertujuan agar pengelolaan wisata Bukit Pinteir berkelanjutan, tetap eksis sehingga menjadi destinasi wisata unggulan yang menarik wisatawan.

“Kami sedang melakukan program kerja pengembangan pariwisata di Bukit Pinteir karena pariwisata yang dikelola oleh Pokdarwis setempat cukup aktif, dan di sini kami ingin lebih mengembangkan dan mengemas potensi wisata, baik dari segi fasilitas, kenyamanan, tata letak website daripada pariwisata. produk agar lebih menarik bagi wisatawan,” kata Direktur UBB Bukit Pinteir KKN Keken Abimarwan, Selasa (8/11).

Dikatakannya, dalam program kerja yang sedang berjalan, pihaknya juga telah menghasilkan buku berisi data sejarah Bukit Pinteir, adat istiadat, keanekaragaman flora dan fauna dan lain-lain yang menjadi panduan bagi wisatawan selama berkunjung.

“Selama ini program KKN yang kami jalankan sudah berkurang hampir 80%, dan masih ada beberapa produk yang juga akan kami luncurkan nanti,” ujarnya.

Keken berharap melalui program kerja nyata yang telah dilakukan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Bukit Pinteir.

“Memang sasaran pariwisata di sini adalah kalangan menengah atau banyak kalangan atau masyarakat yang mengunjunginya sehingga dengan adanya inovasi dan produk wisata ini menjadi menarik dan dapat bermanfaat bagi pembangunan pariwisata yang berkelanjutan di Bukit Pinteir”, demikian ungkapnya. . (t3)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button