Berita Wisata

Isi bucket list 2023 dengan ide jalan-jalan di lima kota Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Bagi sebagian orang, tahun ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk menjelajahi destinasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya setelah membatasi perjalanan dalam waktu yang relatif lama akibat pandemi COVID-19.

Ada banyak tempat menarik di Indonesia yang bisa Anda pilih bepergian tahun ini, mulai dari destinasi alam hingga destinasi sejarah dan budaya. Berikut sederet ide liburan ala Pegipegi di lima kota favorit yang bisa dimasukkan daftar ember perjalanan tahun 2023:

 
Ilustrasi kawasan wisata Lombok (Pexels)


Lombok
Saat Anda ke Lombok, Pantai Kuta Lombok yang kerap dijuluki “Pantai Lada” karena tekstur pasirnya yang mirip lada bisa menjadi pilihan. Pantai pasir putih yang masih alami ini juga dikelilingi perbukitan yang indah.

Kemudian mengunjungi desa Sukarara untuk melihat kehidupan masyarakat desa yang begitu mahir dalam menghasilkan kerajinan tenun yang unik. Pastikan untuk mengunjungi Bukit Merese untuk melihat matahari terbit atau terbenam sambil menikmati panorama Pantai Tanjung Aan dan Batu Payung yang airnya begitu jernih dan dihiasi berbagai terumbu karang.

Mengunjungi Pura Batu Bolong di kawasan Pantai Senggigi juga bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya. Pasalnya, kawasan ini memiliki suasana yang khas seperti Tanah Lot Bali. Pura ini sudah berusia ratusan tahun, namun masih berdiri kokoh di tepi laut yang menyuguhkan panorama indah.

Perjalanan selanjutnya adalah menjelajahi puncak Pergasingan di desa Sembalun untuk mengagumi pemandangan sawah berwarna-warni milik masyarakat setempat.

Banyuwangi
Pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit di atas Pantai Watu Karung sambil memandangi batu-batu besar unik yang terletak di pinggir pantai.

Kemudian mengunjungi Taman Nasional Alas Purwo untuk menikmati paket wisata lengkap berupa kawasan savana, wisata budaya, hutan mangrove, gua purba dan deretan pantai. Ada juga sekitar 700 spesies flora, 50 spesies mamalia, 320 spesies burung, 15 spesies amfibi, dan 48 spesies reptilia.

Setelah itu, rasakan suasana negeri dongeng dengan mengunjungi kantor Benculuk yang menampilkan panorama Hutan Fangorn dalam film The Lord of the Rings.

Kemudian, nikmati sajian kuliner di berbagai lokasi menarik, seperti Sego Tempong Mbok Nah, Rantinem Spicy Chicken, Sego Cawuk Bu Mantih, Warung Mbak Sumi di Chinatown Street Food di kawasan klenteng Hoo Tong Bio. Selain itu, Anda bisa mengunjungi Kawah Ijen untuk melihat panorama Kawah Hijau yang megah, kehidupan penambang belerang yang ikonik, dan fenomena Blue Fire yang unik.

Terakhir, cobalah berkunjung ke Green Bay atau Teluk Hijau yang menawarkan pemandangan indah air berwarna hijau toska dengan pasir putih yang lembut dan hamparan pepohonan yang sejuk.

Medan
Mengunjungi Tjong A Fie Mansion untuk melihat peninggalan sejarah dan budaya Tionghoa di kota Medan menjadi pilihan yang menarik karena bangunannya yang unik dengan perpaduan arsitektur Tionghoa, Eropa, dan Melayu.

Setelah itu, Anda bisa menjelajahi Istana Maimun yang megah dengan perpaduan elemen desain interior Melayu, Islam, Spanyol, India, Belanda, dan Italia. Lalu, coba rasakan nuansa Eropa tempo dulu dengan menjelajahi Jalan Kesawan. Jalan ini memiliki berbagai macam spot foto dan background yang unik – salah satunya adalah Gedung London Sumatera -.

Segarkan jiwa dan raga Anda dengan menikmati kunjungan ke pemandian air panas Sipoholon, sambil mengagumi panorama megah deretan perbukitan kapur seindah salju dan air berwarna biru kehijauan yang memanjakan mata.

Selanjutnya coba kunjungi salah satu vihara terbesar di Indonesia yaitu Vihara Cemara Asri yang terletak di dekat danau kecil yang indah. Apalagi pengunjung bisa melihat pemandangan luar biasa dari air terjun Sipiso Piso yang terletak tidak jauh dari kawasan Danau Toba.

Bali
Bangunlah sepagi mungkin dan bersiaplah menuju Desa Pinggan, Kintamani untuk mengejar matahari terbit dengan efek kabut yang menakjubkan. Pemandangannya semakin indah berkat lanskap hijau desa Pinggan dengan latar belakang gunung yang megah.

Selain itu, coba saksikan kehidupan masyarakat Desa Trunyan, khususnya cara penguburan tradisionalnya. Di dekatnya, kunjungi Pura Pancing Jagat untuk melihat situs religi yang menampung patung setinggi 4 meter bernama Datonta, yang diyakini berasal dari zaman megalitikum. Kemudian lanjutkan rute melihat pemandangan indah Danau Batur

Keesokan harinya, cobalah ke Nusa Penida untuk menikmati berbagai tempat wisata populer, seperti menjelajahi rerumputan hijau yang terhampar indah di Bukit Teletubbies di pagi hari; lihat Angel’s Billabong Natural Pool yang jernih; snorkeling di Malibu Point untuk menikmati panorama terumbu karang yang indah; untuk berfoto di rumah pohon Batu Molenteng.

Akhiri perjalanan dengan mengunjungi wisata belanja oleh-oleh khas Krisna Bali, Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Kuta, Pasar Seni Ubud dan Bali Basket.

Palembang
Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke Palembang, kunjungi Masjid Cheng Ho untuk melihat kemegahan arsitektur masjid dengan perpaduan budaya Palembang, Tionghoa, dan Arab. Kemudian, piknik di Taman Wisata Alam Punti Kayu dan mencoba berbagai atraksi, seperti flying fox, kawasan pertanian, replika keajaiban dunia, dan lainnya.

Lalu coba jelajahi Jalan Sekanak, kota tua Palembang yang menyimpan banyak cerita sejarah. Jangan lupa mampir ke Sekanak Sidewalk untuk mencari foto di spot-spot warna-warni yang Instagrammable.

Selain itu, ada Pulau Kemaro yang pernah menjadi pusat kerajaan maritim terbesar. Di sini terdapat situs sejarah mulai dari pagoda 9 tingkat, klenteng Hok Tjing Rio, pohon cinta, hingga makam para wali pulau.

Perjalanan bisa ditutup dengan mengunjungi Jembatan Ampera di sore hari untuk melihat keindahan kota Palembang. Jangan lewatkan berburu kuliner di kawasan sekitar, seperti Restoran Mbok Sri Terapung, Restoran Riverside, Restoran Seafood Kampung Kapitan, Warung Terapung Cek Merry atau Pier Point.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ide traveling ke lima kota di Indonesia untuk mengisi bucket list 2023.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button