Tempat Wisata

Istana Damnah: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Adakah di antara Anda yang memang ingin berlibur dan menambah wawasan? Terutama pengetahuan tentang tempat-tempat bersejarah. Jika jawabannya ya, selamat! Anda sedang membaca artikel yang tepat.

Tempat wisata yang direkomendasikan adalah: Istana Sialan Inilah salah satu tempat wisata Kepulauan Riau yang paling terkenal dan bernilai sejarah. Lebih spesifiknya, istana ini terletak di hutan belantara di Desa Damnah, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Pesona Istana Damnah

Istana ini dulunya dianggap sangat megah. Tentu saja karena ini akan menjadi kediaman seorang Sultan. Namun yang tersisa hanyalah kenangan, karena yang tersisa dan dapat dilihat pengunjung saat ini hanyalah bagian depan tangga dan beberapa tiang pagar yang bahannya terbuat dari batu bata.

Sejarah Istana Damnah

Istana ini dibangun oleh Raja Muhammad Yulus Al-Ahmadi, Yang Dipertuan Muda Riau, di Istana Kota Baru.

Nama istana ini sendiri diambil dari nama desa Damnah, tempat istana bersejarah ini juga dibangun. Dari sinilah terciptalah istana bernama sama yaitu Damnah yang dahulu pernah menjadi kediaman Sultan Sulaiman Badrul Alam Syah II dan kini dijadikan sebagai situs cagar budaya.

Fasilitas di Istana Damnah

Selain letaknya yang berada di pedesaan dan terbilang pedalaman atau terpencil, hal ini berarti Anda tidak akan banyak menemukan fasilitas pendukung yang tersebar di sekitar atau di sekitar situs peninggalan sejarah ini.

Berburu foto di tur ini

Jika ingin mengabadikan tempat bersejarah ini, Anda bisa mengambil foto bagian depan tangga dan dinding di sekelilingnya sebagai kenang-kenangan. Tidak banyak noda atau latar belakang lain yang dapat ditangkap dengan potret kamera. Selain karena istananya sudah tidak lagi megah dan utuh seperti dulu, pengunjung juga tidak bisa berharap banyak dalam hal fotografi karena lokasinya yang berada di desa.

Baca Juga: Gunung Daik, Ekspedisi Puncak Tiga Cabang Kepri

Tips berwisata ke Istana Damnah

Alangkah baiknya jika ada tujuan yang lebih bermakna bagi Anda untuk datang ke tempat ini, bukan sekedar menghabiskan waktu luang. Paling tidak, Anda perlu memperluas pengetahuan Anda setelah pulang ke rumah. Akan jauh lebih baik jika Anda berinisiatif untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai istana ini untuk kepentingan akademis.

Jika anda merasa kesulitan, anda bisa mendapatkan bantuan dari para ahli baik itu dosen, peneliti sendiri atau para arkeolog yang tentunya dengan senang hati akan mendukung tujuan baik anda, karena itulah tugas utama mereka terutama meneliti tempat-tempat bersejarah seperti: Istana Sialan.

Akses ke Istana Damnah

Karena banyaknya peneliti dan arkeolog yang datang dengan tujuan untuk mengumpulkan data penelitian dan penelitian terhadap bangunan bersejarah ini, maka pemerintah Kepulauan Riau memutuskan untuk membangun lagi replika bangunan istana ini. Namun perlu diingat bahwa replika tersebut tidak 100% identik.

Jika berencana melihat replika selengkapnya, lokasinya berada di Kota Daik, ibu kota Kabupaten Lingga. Satu-satunya cara menuju kota Daik saat banjir adalah dengan naik perahu melewati sungai. Kenapa harus air pasang?

Karena akan sulit menjangkau tempat tersebut ketika air sedang surut atau tidak ada air pasang. Logikanya, ketika air surut, otomatis sungai menjadi kering dan tentu saja kapal semakin sulit mencapai kota Daik. Istana Sialan.

Kemudian jika Anda juga tertarik untuk melihat keraton versi aslinya, lokasinya tidak jauh dari tempat dibangunnya replika keraton tersebut. Anda hanya perlu berjalan kaki dengan nyaman selama beberapa menit karena jaraknya kurang dari satu kilometer.

Peta situs Istana Damnah

Jam buka dan biaya masuk Istana Damnah

Tidak ada aturan khusus mengenai jam buka, terutama mengenai biaya masuk yang harus dibayarkan untuk mengunjungi istana ini. Namun, izin dari tokoh masyarakat setempat masih diperlukan untuk masuk.

Anda akan dipandu oleh orang-orang yang tinggal di sana dan akan bercerita lebih banyak tentang istana pada zaman dahulu dan peninggalannya saat ini. Meski belum ada aturan jam buka, namun umumnya pengunjung datang pada waktu-waktu yang diyakini tidak mengganggu aktivitas utama warga, yakni antara pukul 10.00 hingga 17.00.

Demikian penjelasan mengenai informasi disekitarnya Istana Sialan. Semoga setelah kunjungan Anda, Anda dapat memperluas wawasan Anda tentang tempat-tempat bersejarah yang berharga dan mengambil pelajaran penting darinya.

Galeri Foto Istana Damnah

Selamat datang di Istana Damnah
Potret bangunan Istana Damnah
Potret halaman kastil
Keindahan Istana Damnah
Potret kolam di belakang istana

Potret seorang pengunjung di Istana Damnah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button