Tempat Wisata

Istana Kepresidenan Cipanas: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Apakah Anda sedang berlibur di akhir pekan dan selalu bingung harus pergi ke mana? Liburan kali ini bisa Anda habiskan di salah satu tempat wisata terbaik di Jawa Barat ini. Wilayah barat Pulau Jawa memiliki sederet tempat wisata, sayang sekali jika melewatkan keindahan seperti yang ada di Istana Cipanas.

Pada umumnya masyarakat setempat memanfaatkan tempat tersebut sebagai taman edukasi dan menghabiskan waktu luangnya di sana pada akhir pekan atau hari libur lainnya. Istana ini juga tak henti-hentinya dikunjungi pengunjung tidak hanya dari masyarakat setempat, namun sejumlah wisatawan dari luar kota bahkan mancanegara pun turut hadir untuk mengagumi keindahan lokasi Istana Kepresidenan di Cipanas.

Istana Kepresidenan Cipanas merupakan salah satu dari enam istana kepresidenan Republik Indonesia yang digunakan sebagai tempat pertemuan, kunjungan tamu, atau acara keluarga presiden. Bangunan istana ini sudah ada sejak tahun 1740 dan hingga saat ini bangunan tersebut masih kokoh dan menjadi saksi sejarah perjalanan Presiden Indonesia dari masa ke masa.

Fasilitas di Istana Kepresidenan Cipanas

Tentu saja, sebagai salah satu tempat pertemuan yang kini dibuka sebagai tempat wisata di Jawa Barat, tersedia berbagai fasilitas lengkap. Bangunan induk keraton terdiri dari enam pendopo, yang masing-masing ruangan mempunyai fungsi tersendiri.

Terdapat fasilitas penunjang seperti toilet umum yang bersih dan rapi, musala, tangki air panas, mushola besar dan lahan seluas hingga 26 hektar yang bisa dijadikan area bermain atau berfoto.

Di bagian dalam keraton juga terbagi menjadi beberapa ruangan dengan fungsinya masing-masing, seperti ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, ruang belajar, dan teras belakang. Selain itu juga terdapat beberapa ornamen sejarah RI yang sangat mendidik.

Sejarah Istana Kepresidenan Cipanas

Nama Cipanas yang berasal dari kata “cai” yang berarti air dan panas dikaitkan dengan lokasi istana ini karena suatu alasan. Sebelumnya, di lokasi ini terdapat sumber air panas belerang yang berada tepat di kompleks sekitar istana.

Istana Cipanas Bogor pertama kali dibangun pada tahun 1740 oleh seorang bangsawan Belanda bernama Van Heots. Karena suasananya yang menyenangkan, tempat ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Namun pada tahun 1958, pada masa Presiden Soekarno, bangunan istana direnovasi, dengan ruangan-ruangan dilengkapi dengan fungsinya masing-masing. Sekitar tahun 1971 istana ini digunakan untuk menyambut Ratu Belanda ke Indonesia. Dan pada tahun 1993, Istana Kepresidenan Cipanas RI digunakan untuk pertemuan Fraksi Filipina pada masa Presiden Soeharto.

Hingga saat ini fungsi keraton tetap terjaga dan dirawat, bahkan dibuka untuk masyarakat umum yang ingin menikmati atau menyaksikan sejarah dan keindahan di balik kokohnya tembok keraton yang telah berdiri lebih dari satu abad.

Berburu foto di Istana Kepresidenan Cipanas

Bagi Anda yang ingin mengambil foto terbaik dengan latar berbeda, kunjungan ke Istana Kepresidenan Cipana di Cianjur adalah solusinya. Tempat ini juga cocok untuk berburu foto terbaik bagi Anda yang suka mencari momen di berbagai tempat.

Berbagai tempat indah bisa Anda dapatkan, mulai dari halaman istana, ruang utama dengan ciri khas enam bangunan pendopo, atau juga di dalam istana (saat terbuka). Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai background terbaik untuk foto yang lebih indah dan tentunya Instagram juga.

Biaya masuk Istana Kepresidenan Cipanas

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Sebelum mengunjungi Wisata Istana Kepresidenan, perlu diketahui bahwa Anda dapat mengikuti secara berkelompok, bukan secara individu. Selain itu, untuk masuk ke Istana Kepresidenan Cipanas, diperlukan registrasi terlebih dahulu karena sudah menjadi aturan.

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Istana Kepresidenan Cipanas

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore

Lokasi Akses ke Istana Kepresidenan Cipanas

Lokasi Istana Kepresidenan Cipanas berada di kaki Gunung Gede, Jawa Barat, tepatnya di Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Cianjur. Tepatnya sekitar 103 km dari Jakarta – Bandung melalui jalur jalan raya menuju Puncak.

Untuk mencapai lokasi keraton cukup sederhana. Tinggal ambil jalur ke Cianjur dan cari tahu arah ke Sindangjaya. Letaknya yang berada di pinggir jalan tol juga memudahkan jangkauan wisatawan dari luar negeri atau dari luar negeri. Selain itu, sudah ada plang jalan menuju lokasi Istana Kepresidenan Cipanas Cianjur.

Tips berlibur di Istana Kepresidenan Cipanas

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga, sahabat atau kerabat, ada tips yang bisa dilakukan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk menuju lokasi keraton. Namun akan lebih mudah jika hanya menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi pengunjung yang membawa anak dibawah usia lima tahun, sebaiknya membawa perlengkapan tambahan seperti baju ganti, makanan, snack, minuman, tisu dan lainnya. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan Istana Kepresidenan Indonesia ini.

Demikianlah gambaran tempat wisata Istana Kepresidenan Cipanas di Cianjur, Jawa Barat. Karena merupakan tempat wisata yang dibuka untuk umum, tak ada salahnya menikmati liburan di sana. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui lebih jauh tentang sejarah istana kepresidenan Indonesia, Cipanas.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button