Berita Wisata

Itinerary Bali Fun 4 Hari 3 Malam untuk Liburan

Merencanakan liburan di pulau Bali tentu sangat menyenangkan. Namun, tidak jarang kita menjadi bingung untuk merencanakan perjalanan karena banyaknya tempat wisata dan aktivitas yang bisa kita lakukan.

Akhirnya waktu liburan di Bali tidak maksimal dan hanya mengunjungi tempat-tempat wisata yang mirip. Oleh karena itu, agar liburan dapat berjalan dengan baik, kita harus terlebih dahulu membuat itinerary.

Rute adalah rute terstruktur. Biasanya berisi daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi, jadwal kegiatan sehari-hari, transportasi yang digunakan, konsumsi, serta biaya pokok dan tambahan. Tujuannya, agar kita bisa memanfaatkan waktu dan anggaran dengan baik.

Membuat rute bukanlah hal yang mudah. Namun tidak perlu repot, detikcom telah menyediakan itinerary Bali 4 hari 3 malam yang bisa dijadikan sebagai rencana liburan.

Itinerary Bali yang menarik untuk dijelajahi

Pemerintah Republik Indonesia telah mulai memesan penerbangan internasional ke Bali yang akan berlaku efektif pada tanggal 4 Februari 2022, ditandai dengan mendaratnya penerbangan perdana pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Narita, Jepang, di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Denpasar.Foto ilustrasi: Kemenparekraf

Berwisata di Bali memang tidak ada habisnya. Tidak hanya wisata pantai dan bahari, Anda juga bisa datang ke tempat wisata lainnya seperti gunung, persawahan, danau hingga desa wisata. Mulai dari Bali selatan dengan pantai pasir putih yang indah, hingga Bali utara yang terkenal dengan wisata air terjunnya.

Bali Selatan sering menjadi pilihan utama wisatawan karena lokasinya yang tidak jauh dari bandara. Namun, bagian Bali lainnya juga memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik lho. Untuk lebih jelasnya simak deskripsi itinerary Bali di bawah ini ya.

Itinerary Bali 4 Hari 3 Malam Hari 1

Kehadiran monyet di sepanjang jalan di kawasan Hutan Cekik, Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Jembrana, Bali kerap menarik perhatian pengendara yang melintas.Foto: I Ketut Suardika/detikBali

1. Melihat satwa di Taman Nasional Bali Barat

Jika Anda berkunjung ke Bali, pastikan untuk mengunjungi Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Ada sekitar 160 satwa dan tumbuhan yang dilindungi, seperti banteng, rusa, ayam hutan, dan berbagai jenis burung.

2. Menyelam di Pulau Menjangan

Setelah melihat binatang, pastikan untuk berhenti di Pulau Menjangan yang dihuni oleh rusa roe liar atau chevreuils (kijang). Terletak tepat di timur laut Taman Nasional Bali Barat. Pulau ini merupakan salah satu tempat menyelam terindah di Bali dan melihat keindahan biota bawah lautnya.

3. Wisata Religi di Pura Pulaki dan Pura Melanting

Jika ke Bali, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi pura. Pura Agung Pulaki adalah salah satu pura terpenting di Bali yang terletak di Jl. Singaraja-Gilimanuk, Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Pura Melanting yang terkenal memiliki panorama yang indah. Perbukitan hijau dan pepohonan yang rimbun di sekitar pura ini membuat suasana menjadi sejuk dan membuat betah berlama-lama.

Itinerary Bali 4 hari 3 malam hari ke-2

Pecinta kopi, coba datang ke Desa Munduk di Kabupaten Buleleng, Bali.  Anda dapat menyesap kopi dengan bonus tambahan berupa pemandangan yang menakjubkan.Foto: Rifkianto Nugroho

1. Nikmati suasana desa Munduk

Desa Wisata Munduk, masih sangat sedikit diketahui wisatawan. Keindahan alam pedesaan, perkebunan teh, kopi dan cengkeh menjadi daya tarik utama desa ini. Uniknya, Anda juga bisa melihat penduduk setempat memanen dan mengolah hasil kebun.

2. Berhenti di Danau Tamblingan yang indah

Jika Anda berkunjung ke Desa Munduk, jangan lupa untuk mengunjungi Danau Tamblingan. Daya tarik utama danau ini adalah fungsinya yang sering digunakan untuk keperluan keagamaan, tak heran jika di kawasan danau ini masih banyak terdapat pura, seperti Pura Gubug, Pura Tirta Mengening, Pura Naga Loka dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Kunjungi 3 tempat air terjun

Di desa Munduk terdapat 3 air terjun cantik yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Air Terjun Melanting, Air Terjun Karang Merah dan Air Terjun Lembah Emas. Air terjun ini terletak berdekatan satu sama lain di tengah perkebunan cengkeh dan kopi. Oleh karena itu, suasananya selalu sejuk, khas suasana pedesaan.

Itinerary Bali 4 hari 3 malam hari ke 3

Lumba-lumba di Pantai LovinaFoto: Rifkianto Nugroho/detikcom

1. Melihat lumba-lumba di Pantai Lovina

Pantai Lovina adalah salah satu pantai pasir hitam paling terkenal di Bali. Di pantai ini Anda bisa mencoba snorkeling, berenang atau sekedar bersantai. Daya tarik Lovina adalah ratusan lumba-lumba yang muncul ke permukaan setiap pukul 6-8 pagi. Tentu saja, Anda harus datang sebelum fajar untuk bisa melihat pertunjukan lumba-lumba.

2. Berenang di Kolam Air Sanih

Setelah lelah berjalan-jalan di pantai, berenang bisa menjadi solusi terbaik untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Setelah pergi ke pantai Lovina, Anda harus mencoba berenang di kolam Air Sanih. Sumber air untuk kolam ini adalah dari air sungai bawah tanah, tanpa kandungan klorin atau klorin. Selain itu, sumber air ini juga biasa digunakan untuk upacara keagamaan. Sambil berenang Anda bisa menikmati pemandangan pantai Lovina.

3. Warisan Budaya Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun telah dibangun sejak tahun 1930. Nama “Taman Ayun” berarti “taman yang indah”. Memang benar bahwa pura ini adalah salah satu yang terindah di Bali. Kompleks Pura Taman Ayun terdiri dari 3 bagian yang dihiasi dengan ukiran dan patung dewa. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Museum Manusa Yadnya. Jika ingin mengunjungi candi ini, sebaiknya pada sore hari agar tidak terlalu panas.

Itinerary Bali 4 hari 3 malam Hari 4

Air Terjun Gitgit terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.  Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang terkenal di wilayah utara Bali.Foto: Rifkianto Nugroho

1. Bermain air di Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit adalah air terjun berjenjang yang terletak di Jl. Raya Bedugul, Singaraja. Daya tarik air terjun ini adalah kawasannya yang masih dikelilingi pepohonan rimbun. Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan, mulai dari berburu spot foto, berenang, bermain air atau sekedar menikmati pemandangan. Meski jalan menuju air terjun ini masih sulit untuk dilalui, justru di sinilah letak keseruannya.

2. Menikmati pemandangan Air Terjun Mekalangan

Jika Anda pernah mengunjungi Air Terjun Gitgit, pastikan untuk mampir ke air terjun di sekitarnya, seperti Air Terjun Mekalangan. Air terjun ini tidak kalah indahnya dengan Gitgit, namun letaknya lebih tersembunyi. Air terjun ini sangat cocok untuk mandi dan berendam, karena airnya yang jernih.

3. Mandi air panas di Pemandian Air Panas Gitgit

Pemandangan di Pemandian Air Panas Gitgit sangat menakjubkan. Kolam renang ini selalu dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Meski kolamnya umum, airnya sangat jernih. Anda juga hanya perlu membayar dengan tulus untuk mandi. Sangat keren, bukan?

Ini adalah Itinerary Bali 4 Hari 3 Malam yang bisa Anda gunakan jika sedang berkunjung ke Bali khususnya Bali Utara. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membuat liburan Anda semakin seru, ya!

Saksikan Video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Kuliner Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button