Berita Wisata

Itinerary Satu Hari di dekat Stasiun Gondangdia di Jakarta

KOMPAS.com – Stasiun Gondangdia di Jakarta Pusat kerap dijadikan tempat pemberhentian KRL commuter line. Namun jika diperhatikan dengan seksama, ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan di sekitar stasiun ini.

Wisatawan bisa berwisata sejarah sekaligus jajanan kaki lima di sekitar stasiun Gondangdia pada malam hari. Selain itu, kamu juga bisa makan jajanan ringan di sekitar stasiun Gondangdia di pagi hari!

Baca juga :

“(Pedagang) di sini ada yang pagi, ada juga yang sore, kalau buka sore biasanya buka dari jam tiga sore,” kata pegawai Dimsum Rapnesia, Tendi, kepada Kompas.comJumat (2/12/2022).

Sebagai informasi, berdasarkan pantauan Kompas.comPada hari Jumat terdapat gerai makanan di kedua sisi stasiun, yaitu Pintu Keluar Utara dan Pintu Keluar Selatan.

Apalagi berikut ini Kompas.com merangkum hal-hal menarik yang bisa kamu lakukan seharian di sekitar stasiun Gondangdia dari pagi hingga malam hari.

Day Trip Mengelilingi Stasiun Gondangdia Jakarta Pusat

Wisata Sejarah di Gedung Joang 45

Kondisi Museum Joang 45 saat ini, Gedung ini terletak di Jalan Menteng Raya No. 31, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Status Museum Joang 45 Saat Ini Gedung ini terletak di Jalan Menteng Raya 31, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Di pagi hari, Anda bisa berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Gondangdia menuju Gedung Joang 45 di Jalan Menteng Raya Nomor 31, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Jaraknya sekitar 600 meter dari stasiun.

Gedung yang dulunya bernama gedung Menteng Raya 31 ini menyimpan artefak sejarah yang berkaitan dengan perjuangan rakyat Indonesia meraih kemerdekaan.

Di dalam gedung, Anda bisa menemukan berbagai arsip sejarah kemerdekaan, mobil REP 1 dengan merek Buick yang menjadi mobil kepresidenan Republik Indonesia (RI) pertama, dan mobil REP 2 yang digunakan oleh Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia. Indonesia, Moh. hatta.

Baca Juga: 14 Tempat Bersejarah Di Jakarta Pusat, Ada Museum Dan Taman

Selain itu juga terdapat patung-patung prajurit wanita Indonesia, koleksi senjata, lukisan, perpustakaan dan ruang khusus anak-anak.

Bagi pengunjung yang ingin datang, Gedung Joang 45 dibuka pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Pada hari Senin ditutup untuk pemeliharaan terjadwal.

Foto di depan Kantor Pos Cikini

Kantor Pos Indonesia di Cikini, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG Kantor Pos Indonesia di Cikini, Jakarta Pusat.

Didirikan pada tahun 1920, Tjikini Post Kantoor dibangun untuk melayani jasa pengiriman dan menjamin keamanan surat dan barang bagi warga, khususnya bagi para pedagang yang datang dari luar Jawa saat itu.

Alamatnya Jalan Cikini Raya Nomor 2, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, sekitar 170 meter jalan kaki dari Gedung Joang 45.

Baca Juga: 5 Tempat Jadul di Cikini, Jakarta Pusat Seperti Dulu

Keunikan arsitektur bergaya kolonial yang masih sangat kental membuat gedung ini berbeda dengan kantor pos lainnya. Secara operasional, Tjikini Post Kantoor saat ini memiliki fungsi yang sama dengan kantor pos pada umumnya, mulai dari pelayanan hingga pengiriman surat dan barang.

Kota Kompas.comSenin (26/12/2021), sejak tahun 2014, kantor pos Cikini beroperasi 24 jam sehari untuk melayani pelanggan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button