Tempat Wisata

Itinerary, snorkeling & tiket masuk

Obyek wisata pantai di Jogja memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. Jika ingin menikmati sederet pantai dengan ombak yang besar, di Jogja kita bisa mengarahkan tujuan kita ke kawasan Gunung Kidul.

Kawasan Gunungkidul yang terletak di bagian selatan Jogjakarta memiliki pantai dengan ombak yang besar dan tinggi. Banyak orang mengatakan bahwa kita tidak bisa sembarangan di pantai seperti itu menjatuhkan berenang karena berbahaya bagi keselamatan kita.

Ya. Itu benar. Namun jika Anda berniat mengunjungi salah satu pantai di Gunung Kidul untuk berenang, sebenarnya ada Pantai Nglambor cukup aman untuk kegiatan ini.

Pantai-nglambor-yogyakarta

Padahal, di Pantai Nglambor kita tidak hanya bisa berenang tapi juga berenangsnorkel ria menikmati kekayaan bawah lautnya yang dipenuhi berbagai spesies ikan dan biota laut.

aktivitas snorkel Padahal, inilah aktivitas utama dan terpopuler yang sering dilakukan wisatawan saat berwisata Pantai Nglambor.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai pantai Gunung Kidul ini, berikut kami berikan ulasannya untuk Anda.

Pantai Nglambor

Seperti pantai lainnya di Gunung Kidul, pantai ini menghadap Samudera Hindia.

Jika melihat fakta ini, Pantai Nglambor seharusnya memiliki ombak yang besar seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Namun keunikan dari pantai ini adalah adanya dua gundukan karang besar di kedua sisinya.

Bukit karang inilah yang menahan gelombang besar, sehingga gelombang yang mencapai pantai menjadi lebih kecil.

pantai-nglambor-gunung-kidulmelalui instagram.com/pantai_nglambo

Pantai ini diapit oleh dua pantai lainnya yakni Pantai Siung dan Pantai Jogan. Dibandingkan keduanya, Pantai Nglambor terbilang masih baru karena baru dikenal sebagai tempat wisata pada tahun 2013 lalu.

Bahkan, sejak tahun 2010 infrastruktur telah dikembangkan untuk memudahkan wisatawan mengunjungi pantai ini.

Namun entah kenapa pantai ini masih belum dilirik oleh wisatawan, sehingga pengunjung masih tenang saat itu.

Baru setelah foto-fotonya beredar di media sosial, Pantai Nglambor perlahan menjadi populer dan sejak tahun 2013 hingga kini selalu mendapat kunjungan wisatawan yang cukup banyak.

Kegiatan wisata di pantai Nglambor

Seperti yang kami tulis di awal, aktivitas utama yang paling cocok di Pantai Nglambor dan banyak diminati wisatawan snorkel. Selain itu, di pantai ini kita juga bisa melakukan aktivitas lain yang sangat menarik.

Faktanya, tidak ada fitur air seperti itu di pantai ini perahu pisang atau wahana kano seperti yang bisa kita mainkan saat berkunjung ke Pantai Sadranan.

Meskipun begitu, kita bisa melakukan beberapa aktivitas lain di Pantai Nglambor yang tidak kalah seru.

Di bawah ini rekomendasi aktivitas wisata di Pantai Nglambor:

1. Santai

pantai-nglambor-wonosarimelalui instagram.com/kusukaaid

Meski rutin dikunjungi wisatawan, kealamian dan keindahan pantai ini tetap terjaga hingga saat ini.

Jadi, jika Anda malas beraktivitas, Anda tetap bisa menikmati liburan yang menyenangkan dengan bersantai di pantai ini.

Apalagi jika kebetulan kita datang saat sepi pengunjung. Suasana santai pun akan terasa sangat nyaman karena minim gangguan.

Selain itu, pantai ini juga sangat teduh. Kita bahkan bisa menikmati jam-jam santai hingga siang hari tanpa kepanasan.

Pantai ini memiliki tebing tinggi yang menghalangi sinar matahari. Jadi kita masih bisa duduk atau rebahan dengan sangat nyaman di pasir sampai jam 1 siang.

2. Berenang

Ombaknya yang cukup tenang menjadikan pantai ini tempat untuk berenang. Selain itu, airnya juga bersih dan suhunya cukup dingin sehingga sangat menyegarkan tubuh Anda.

Namun di pantai ini terdapat banyak bebatuan yang berbatu dan tajam.

Jadi tetap waspada saat berenang dan hati-hati jangan sampai terbentur batu.

Baca juga: Keunikan Pantai Ngobaran Jogjas

3. Snorkling

Snorkeling Pantai Glambormelalui instagram.com/tata.dhyta

Banyak wisatawan yang datang dengan tujuan Pantai Nglambor snorkeling dan berburu foto di bawah air.

Meski tak seindah Raja Ampat atau Bunaken Wakatobi, suasana bawah laut pantai ini juga sangat memanjakan mata.

gigi snorkel Kita bisa menyewa langsung di pantai ini dengan harga sewa sekitar 50.000 rupiah. Bersamaan dengan kamera jika Anda mau di bawah airKami harus membayar sekitar 70.000 rupiah.

Kedua turis yang sudah pintar snorkel atau tidak mendapatkan peralatan snorkel dan juga untuk memimpin.

Juga, ini adalah panduan bagi mereka yang belum fasih snorkelBagian untuk memimpin Ini juga akan membantu wisatawan jika ingin mengambil foto di dalam air.

Baca juga: Pantai Timang

4. Berburu foto

gambar-pantai-nglambormelalui instagram.com/pantai_nglambor

Di sebelah berburu Foto di dalam air, wisatawan yang memiliki hobi fotografi juga bisa melakukannyamengeksplorasi berbagai jenis Pekerjaan Foto di sekitar pantai.

Satu dari Pekerjaan yang bisa dicoba adalah di pulau karang, untuk menuju kesana kita harus melewati jembatan gantung.

Pekerjaan Foto-foto di pulau karang tersebut sangat indah dan beberapa wisatawan mengakui keindahannya.

Di pulau karang yang bisa kita foto-foto Latar Belakang Samudra Pasifik yang luas dengan air yang tampak biru.

Baca juga: Pantai Wediombo Jogja

5. Matahari terbit dan terbenam

artikel-pantai-nglambormelalui instagram.com/ditadityasp

matahari terbit dan matahari terbenam adalah dua momen indah yang bisa kita nikmati ketika kita mengunjungi Pantai Nglambor. Kita bisa membuat keindahan itu seperti Latar Belakang gambar yang sangat bagus.

Tentunya untuk bisa merasakan kedua momen tersebut, kita harus datang pagi-pagi sekali dan juga menginap di pantai hingga sore hari.

Untuk itu, jika kita memang memiliki liburan yang lebih panjang, sebaiknya kita menginap saja di beberapa penginapan yang dekat dengan lokasi pantai.

Alamat Pantai Nglambor

Pantai ini terletak di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jarak tempuh dari pusat Kota Jogja cukup jauh, sekitar 71,8 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 2 jam berkendara.

Titik lokasi Pantai Nglambor dapat dicapai melalui jalur yang sama jika salah satu berangkat Pantai Siung. Kita bisa memulai perjalanan melalui Jalan Wonosari menuju Piyungan.

Dari Piyungan, lanjutkan perjalanan menuju Kompleks Pemerintahan Daerah Wonosari. Nah dari sini kita bisa menuju ke desa Purvodadi yang terletak di kecamatan Tepus.

Letak pantai dari tempat parkir cukup jauh yaitu sekitar 500 meter. Jika Anda datang dengan kendaraan roda 4, Anda dapat berjalan kaki menuju lokasi dari tempat parkir mobil atau naik ojek dengan biaya sekitar 5.000 sekali jalan.

Kondisi jalan dari tempat parkir menuju tempat wisata pantai agak terjal. Oleh karena itu bagi pengguna sepeda motor diharapkan untuk berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Air Terjun Sri Gethuk jogja

Jam buka Pantai Nglambor

Pantai Nglambor buka 24 jam sehari.

Hari jam operasi
Setiap hari 24 jam

Namun jika ingin suasana pantai yang tidak terlalu ramai, waktu terbaik untuk datang adalah antara pukul 8 pagi hingga 10 pagi di hari kerja.

Baca juga: Di Pantai Gunung Kidul

Biaya masuk ke Pantai Nglambor

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati keindahan Pantai Nglambor. Tiket dijual seharga Rp 6.000 per orang baik pada hari kerja maupun hari libur nasional.

jenis tiket Harga
tiket masuk Rp 6000
PARKIR MOTOR Rp 2000
area parkir Rp5.000

Biaya parkir Rp 2.000 untuk pengendara sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil ditambahkan ke tiket masuk ini.

Namun jika dijumlahkan, nominal tersebut masih sangat murah dan akan terbayar lunas dengan pesona keindahan Pantai Nglambor.

Fasilitas umum

rute-pantai-nglambormelalui instagram.com/setyo_arii

Beberapa fasilitas umum juga tersedia di pantai ini untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Fasilitas yang tersedia antara lain tempat parkir, mushola, warung makan, toilet dan tempat duduk.

Akomodasi Pantai Nglambor

Bagi warga luar kota yang ingin bermalam, tersedia beberapa penginapan yang disewakan di lokasi yang tidak terlalu jauh dari pantai.

Rekomendasi penginapan yang sangat dekat dengan Pantai Nglambor termasuk Orchid Inn Hotel (18.2 km), Omah Sundak (8.9 km), The Royal Joglo (9.8 km) dan Sea View Sundak Indraprastha (8.9 km).

Selain dekat dengan penginapan yang disebutkan di atas, juga bisa disewa dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kisaran harga sewa antara 200.000 hingga 350.000 per malam.

Wisata dekat Pantai Nglambor

Jika memiliki waktu luang yang cukup, Anda juga bisa menjelajahi beberapa objek wisata yang terletak di dekat Pantai Nglambor.

biaya masuk pantai nglambormelalui instagram.com/dodi_saputra58

Obyek wisata yang sangat dekat dengan pantai ini adalah Pantai Ngandong, Pantai BaronBaron Techno Park, Gua Jomlang, Gua Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, Pantai SadrananPantai Siung, Pantai Timang dan lain-lain.

Kesimpulan

Pantai Nglambor, Gunung Kidul Ini memang tempat wisata baru di Jogja. Namun dengan keindahan dan fasilitas yang memadai, tak lama kemudian pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang paling populer.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button