Berita Wisata

Jalan berliku menuju tebing “T-Rex” dunia

Setelah sekedar menelusuri keindahan sisi timur Nusa Penida, keesokan harinya giliran saya menjelajah sisi barat.

CATATAN NOFIYATUL SHALIMAH

DIBANDINGKAN sisi timur, sebenarnya sisi barat Nusa Penida lebih dikenal. Pasalnya, banyak tempat ikonik yang menjadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara. Mulailah dengan tebing melengkung seperti dinosaurus, karang berlubang, atau kolam alami eksotis yang menantang. Jangan lupa, ada pasir pantai yang berkilauan.

Untuk menjelajah sisi barat dalam sehari, destinasi pertama di sisi barat adalah Pantai Kelingking atau Pantai Pinkie. Destinasi pertama ini memiliki keindahan global. Sering masuk destinasi terpopuler dan masuk sepuluh besar pantai terindah.

Karena gengsi ini, tidak heran jika banyak wisatawan yang ingin menjelajahi Pantai Kelingking. Jika ingin lebih leluasa mengambil foto dalam kondisi yang semakin tenang, sebaiknya usahakan untuk sampai ke tempat ini secepatnya. Jika kesiangan, Anda harus bersabar karena harus bergiliran jika ingin berfoto. Selain itu, berangkat lebih awal juga disarankan jika ingin turun ke pantai. Karena matahari tidak terlalu terik. Karena jalur dari atas bukit cukup sulit.

Dari pelabuhan Banjar Nyuh dimana kapal cepat berlabuh, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan kendaraan baik mobil maupun motor yang bisa disewa disana. Atau jika Anda tidak ingin menyetir sendiri, ada jasa ojek yang akan menemani Anda seharian. Karena jalan di sisi barat kecil, menanjak dan berkelok-kelok, diperlukan keterampilan mengemudi yang baik jika Anda ingin membawa kendaraan sendiri. Meluangkan waktu dan berhati-hati juga merupakan kunci, seperti yang saya lakukan.

Jalannya cukup lancar, setelah 40 menit Anda akan sampai di dekat tempat parkir Pantai Kelingking, pilih arah yang tepat untuk menemui bukit karang berbentuk T-Rex. Sudah ada tangga yang akan membantu Anda ke pantai di bawah bukit. Namun jika Anda tidak cukup kuat, berfoto atau bersantai di warung-warung sekitar juga asyik. Nah, selain dari posisi strike, dari tempat parkir kamu bisa jalan kaki sekitar 10 menit menuju Tebing Paluang. Di sini terdapat pura dan spot foto yang tak kalah indahnya.

Setelah Pantai Kelingking, perjalanan dilanjutkan ke Broken Beach dan Bidadari Billabong, kurang lebih 30 menit. Kedua destinasi ini adalah satu tempat. Jadi Anda bisa parkir di salah satunya dan kemudian melanjutkan berjalan dengan trek yang tersedia. Bagi yang memiliki keberanian dan kemampuan berenang, Anda bisa mencoba berenang di destinasi ini. Tapi, Anda harus berhati-hati, karena ombaknya besar.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Crystal Beach. Pantai di sini, pasirnya berkilauan. Anda bisa berenang di waktu senggang, snorkeling atau sekedar bersantai di pantai. Banyak warung yang bisa memuaskan hasrat Anda untuk mengenyangkan perut atau melepas dahaga. Jika waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore, Anda harus segera menuju pelabuhan untuk menyebrang ke Sanur dan menyelesaikan perjalanan ke kepulauan Pulau Dewata. (Ny/keluar)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button